5 Klub Sepak Bola Terkaya di Liga 1 Indonesia Musim 2021/2022

Ilustrasi 5 Klub Sepak Bola Terkaya di Liga 1 Indonesia Musim 2021/2022. Image Canva

Ilustrasi 5 Klub Sepak Bola Terkaya di Liga 1 Indonesia Musim 2021/2022. Image Canva

Like

Be-emers Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 telah berakhir, tahun ini pertandingan kasta tertinggi di Indonesia ini berlangsung ketat dengan gengsi dan pertandingan sengit. Gengsi yang terjadi bukan hanya terjadi di atas lapangan hijau namun sejumlah klub juga bersaing untuk saling mendatangkan sejumlah pemain top dengan gaji yang cukup mahal.

Be-emers tahu nggak? Dengan menyandang tim terkaya ternyata itu juga berpengaruh di market value yang dimiliki tim tersebut lho.  Sementara faktor lainnya adalah harga seluruh pemain yang ada di club tersebut, contohnya kesebelasan Bali United, kandidat  dari top 5 club terkaya di liga 1 indonesia ini mampu keluar sebagai pemuncak klasemen liga 1.

Di artikel kali ini Be-emin akan coba merangkumkan top 5 klub terkaya di Indonesia.

1. Bali United

Di posisi puncak Bali United menjadi klub Liga 1 Indonesia terkaya. Tim besutan Stefano 'Teco' Cugurra itu market value-nya mencapai 5,36 juta euro atau sekitar Rp 87,1 miliar.


Sejumlah pemain bintang bertaburan di klub asal Pulau Dewata ini sebut saja Stefano Lilypali, Brwa Nouri, Ilyas Spasojevic, serta salah satu pemain sayap timnas Indonesia Irfan Jaya.

2. Persib Bandung

Tim dari Kota Kembang Bandung atau memiliki sebutan Maung Bandung ini menduduki peringkat ke 2, tim besutan Robert Rene Alberts memiliki nilai pasar 5,2 juta euro atau setara dengan Rp 84,5 miliar.

Di kllub ini sejumlah bintang juga dihadirkan untuk berlaga dalam setiap pertandingan seperti Marc Klok, Nick Kuipers, Febri Hariyadi, sampai wonderkid asal Bandung Beckham Putra.

 

Ilustrasi 5 Klub Sepak Bola Terkaya di Liga 1 Indonesia Musim 2021/2022. Image Canva

Ilustrasi 5 Klub Sepak Bola Terkaya di Liga 1 Indonesia Musim 2021/2022. Image Canva




3. Persebaya Surabaya

Tim berjulukan Bajol Ijo dari Jawa Timur ini ada diurutan ketiga, Perserbaya Surabaya diketahui memiliki market value mencapai 4,6 juta euro atau sekitar Rp74,8 miliar.

Di musim 2021/2022 tim besutan Aji Santoso menjadi tim yang sangat enak ditonton dengan pola permainan yang tidak monoton. Hal itu tak lepas dari pemain yang bermain apik seperti Taisei Marukawa pemain asing dari Jepang yang paling subur untuk mencetak gol bagi kesebelasan Persebaya. Pemain bintang lainnya seperti Rachmat Irianto, Supriyadi, Ricky Kambuaya, Samsul Arif, Dan tak lupa bocah ajaib asal Surabaya yang merupakan adik kandung dari pemain Persebaya Oktafianus Fernando yaitu Marsellino Ferdinan.

4. Persija Jakarta

Peringkat ke empat diduduki oleh tim Ibukota Persija Jakarta.  Tim kebanggan The Jakmania ini memiliki market value mencapai 4,59 juta euro atau Rp 74,6 miliar.

Persija kini memang memiliki pemain yang top dan bisa disebut tim yang bertabur pemain Timnas Indonesia, sementara untuk pemain asing yang dimiliki Persija juga tergolong seperti Marko Simic dan Rohit Chand.

Persija Jakarta juga merupakan salah satu tim langganan timnas untuk mendatangkan pemain saat bertanding di ajang kejuaraan tingkat Asia atau kejuaraan negara lainnya. Sebut saja pemain Persija yang bergabung di timnas seperti Andrytani Ardhiyasa, Rico Simanjutak, dan Osvaldo Haay.

5. Borneo FC

Di posisi kelima diduduki Borneo FC, tim yang berjuluk Pesut Eta ini memiliki market value mecapai 4,5 juta euro atau sekitar Rp73,2 miliar.

Klub yang berkandan di kota Samarinda INI memiliki pemain-pemain mahal seperti Javlon Guseynov, Kei Hirose, dan Jonathan Bustos pemain asing yang memiliki nilai transfer termahal di Borneo FC.

Itu dia 5 top teratas klub terkaya di liga 1 Indonesia musim ini.  Tahun depan 2 tim dari liga dua juga sudah dipastikan bergabung dalam laga kasta tertinggi ini. Tim milik anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep yakni Persis Solo yang menjadi juara di liga 2 musim ini dan Tim milik Sultan Andara Raffi Ahmad Rans Cilegon FC yang menjadi runner up liga dua akan ikut berkopetisi di liga ini.

Hadirnya dua tim tersebut apakah akan menggeser kedudukan top 5 tim terkaya di Indonesia? kita tunggu saja ya Be-emers.

Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.