Tertarik Belajar Saham? Kamu Wajib Baca 4 Rekomendasi Buku Ini!

Buku Saham (Sumber gambar: Instagram.com/book_buff)

Buku Saham (Sumber gambar: Instagram.com/book_buff)


Sebelum praktik, kamu yang masih pemula dapat memulai dengan membaca buku-buku tentang saham. Ada banyak buku yang dapat menjadi acuan untuk kamu.

Namun, dari sekian banyak buku tentang saham, ada 4 buku yang bisa jadi rekomendasi untuk kamu. Di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.
 

1. Yuk Nabung Saham: Selamat Datang, Investor Indonesia!

 

Buku (Sumber gambar: id.carousell.com/Kios Kecil Semarang)

Buku (Sumber gambar: id.carousell.com/Kios Kecil Semarang)



Rekomendasi buku yang pertama adalah Yuk Nabung Saham: Selamat Datang, Investor Indonesia! yang ditulis oleh Nicky Hogan. Nicky Hogan adalah orang yang sudah berkecimpung lama di dunia saham.

Dia memiliki background sebagai seorang Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia pada tanggal 2015 hingga tahun 2018. Kamu tidak perlu khawatir dengan buku Yuk Nabung Saham: Selamat Datang, Investor Indonesia! ini karena bahasa yang digunakan sangatlah ringan dan mudah dimengerti.

Tidak hanya itu, buku ini sangatlah relate dengan kehidupan kita dan mengajarkan kita untuk tidak takut melakukan investasi saham.

 

2. Investory

 

Buku (Sumber gambar: Diskartes.com)

Buku (Sumber gambar: Diskartes.com)



Kedua ada buku yang berjudul Investory. Buku ini ditulis oleh Andika Diskartes, founder dari Diskartes.com. Kamu dapat memasukkan judul buku ini ke dalam list bukumu karena buku ini menjelaskan secara tuntas dan mudah dimenegerti tentang semua hal yang berkaitan dengan dunia investasi.

Buku ini juga menyajikan teori beserta beragam contoh kasus yang sering terjadi di dunia pasar saham. 
 

3. Rich Dad Poor Dad

 

Buku (Sumber gambar: Instagram.com/novelibrary_)

Buku (Sumber gambar: Instagram.com/novelibrary_)



Rekomendasi buku yang ketiga adalah Rich Dad Poor Dad. Buku ini ditulis oleh Robert T. Kiyosaki, seorang motivator, investor, pengusaha, serta penulis asal Amerika.

Buku ini berisi tentang pentingnya untuk peka pada finansial di era sekarang serta dapat berinivestasi sedini mungkin. Hal ini bertujuan agar para pembacanya dapat bebas masalah secara finansial.

Lalu, untuk gaya bahasa yang digunakan dalam buku ini cukup mudah dimengerti oleh para pengguna. Prestasi yang telah diperoleh buku Rich Dad Poor Dad ini juga mengagumkan.

Menurut Fadlansyah (2021), buku Rich Dad Poor Dad telah terjual dengan jumlah lebih dari 32 juta kopi. Tidak hanya itu, buku ini juga masuk kedalam list New York Times Bestseller selama lebih dari 6 tahun.
 

4. Smart Traders Not Gamblers

 

Buku (Sumber gambar: id.carousell.com/Dimas Febrian)

Buku (Sumber gambar: id.carousell.com/Dimas Febrian)



Buku keempat adalah Smart Traders Not Gamblers yang ditulis oleh Ellen May. Ellen May adalah seorang mentor, pakar saham, praktisi saham berpengalaman, serta founder dari Ellen May Institute,

Buku Smart Traders Not Gamblers ini cocok untuk para pemula dan juga orang yang sudah berpengalaman. 


Editor: Rachma Amalia