Manggung di Java Jazz Festival 2022, Endah N Rhesa Cerita Perjuangannya selama Pandemi

Endah N Rhesa Cerita Perjuangannya selama Pandemi Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Rachma Amalia

Endah N Rhesa Cerita Perjuangannya selama Pandemi Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Rachma Amalia


Duo Endah N Rhesa kembali manggung di Jakarta International BNI Java Jazz Festival (JJF) tahun 2022. Berkesempatan untuk berbincang bersama kami, Endah N Rhesa pun berbagi cerita bagaimana perjuangan mereka sebagai musisi di kala pandemi Covid-19 nih, Be-emers.

Di tahun 2022, festival musik internasional Java Jazz Festival berhasil menarik perhatian setelah sempat ditiadakan selama masa pandemi Covid-19. Tentunya, banyak musisi -baik internasional maupun lokal- yang ditunggu-tunggu banget aksi panggungnya oleh para pecinta musik.

Salah satunya, yakni Endah N Rhesa. Duo yang membawakan lagu When You Love Someone itu tampil di hari pertama perhelatan JJF 2022, Jumat (27/5), Be-emers.

Berbeda dari JJF di tahun-tahun sebelumnya, kini Endah N Rhesa tampil dengan format Extended. Nah, Endah N Rhesa Extended dengan formasi EAR ini tampil bersama musisi lainnya seperti Kamga, Agustin Oendari, Jeane Phialsa, dan Nanin Wardhani.

 

Endah N Rhesa Cerita Perjuangannya selama Pandemi Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Rachma Amalia

Endah N Rhesa Cerita Perjuangannya selama Pandemi Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Rachma Amalia


Hayoo..kamu jadi salah satu yang nonton Endah N Rhesa di JJF 2022 enggak nih?


Baca Juga: Begini Caranya Agar Tetap Meraih Cuan Lewat Bermusik di Masa New Normal
 

Cerita Struggle Endah N Rhesa Hadapi Pandemi Covid-19

Nah, beberapa jam sebelum manggung di JJF 2022, Be-emin dan tim Bisnis Indonesia Group berkesempatan untuk ngobrol asyik sama Endah N Rhesa lho!

Selain menceritakan persiapan manggung di JJF 2022, Endah N Rhesa juga berbagi bagaimana struggle atau perjuangannya sebagai musisi selama menghadapi pandemi Covid-19.

Menurut Endah, selama masa pandemi, ia merasa ada semacam culture shock. “(Kita) harus menghadapi kultur yang baru. Baik dalam bermusik maupun dalam berinteraksi sosial,” ujar Endah.

Wanita bernama lengkap Endah Widiastuti itu menjelaskan bahwa cara berinteraksi yang terbatas, banyaknya aturan baru, dan kultur-kultur baru selama pandemi cukup membuatnya kaget hingga harus perlahan menyesuaikan diri.
 

1. Tetap Produktif di Musik, Hingga Bangun Studio

 

Endah N Rhesa Cerita Perjuangannya selama Pandemi Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Rangga Raditya

Endah N Rhesa Cerita Perjuangannya selama Pandemi Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Rangga Raditya


Meski begitu, ia dan sang suami, Rhesa Adityarama, tetap mencoba untuk berpikir positif selama masa pandemi.

“Kami tipikal yang selalu membawa semuanya ke dalam hal yang positif,” - Endah N Rhesa, Musisi


Endah N Rhesa pun tetap mengambil hikmah dari adanya pandemi 2022, yang mana membuat sejumlah aktivitasnya sebagai musisi menjadi terbatas. Pasangan yang menikah sejak 2009 ini pun tetap berusaha produktif di industri musik selama masa pandemi Covid-19.

Mulai dari membuat lagu, memproduseri lagu, hingga membangun studio lho! “Kami justru malah membangun studio, mas Rhesa juga memproduseri band-band baru juga, dan aku juga belajar hal baru,” ujar Endah.

Endah N Rhesa juga diketahui mengembangkan Earhouse nih, Be-emers. Adapun, Earhouse merupakan sebuah kafe yang dibangun Endah N Rhesa di kawasan pamulang, yang mana juga menjadi wadah para musisi untuk perform dan berbincang di acara seperti Earhouse Fresh From The Oven Talkshow Festival.
 

2. Struggle dalam Finansial

Selain dalam hal bermusik, Endah N Rhesa juga mengungkapkan adanya struggle dalam hal finansial selama masa pandemi Covid-19.

Meski begitu, keduanya justru merasa beruntung karena bisa menghadapinya dengan bantuan dana darurat lho, Be-emers!

“Thanks to dana darurat,” ungkap Rhesa. Sebagai suami, Rhesa mengungkapkan bahwa ia dan istrinya cukup rajin dalam hal menabung.

Sehingga, untuk masalah finansial, keduanya mengaku hal itu masih bisa terkontrol. Walaupun, Rhesa juga cukup khawatir dengan kondisi keuangan para kru dan musisi lainnya di kala pandemi.

Di satu sisi, adanya pandemi juga menjadi tantangan tersendiri bagi Endah N Rhesa untuk bisa berkarya dan menghasilkan uang selain dari aksi panggung.

“Segala benturan dan halangan dihadapi bareng-bareng. Itu lah yang akhirnya membuat kami berdua (merasa) apapun yang terjadi, ‘hajar’ aja lah,” -Endah N Rhesa



Nonton juga yuk video wawancara eksklusif Bisnis Muda dengan Endah N Rhesa di Java Jazz Festival 2022:
 



Tulis cerita dan pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung






Editor & Writer: Rachma Amalia