3 Alasan Pentingnya Packaging untuk Meningkatkan Penjualan

Kemasan berpengaruh besar terhadap penjualan produk (Sumber gambar: Freepik)

Kemasan berpengaruh besar terhadap penjualan produk (Sumber gambar: Freepik)

Like

Hai Be-emers, kalian pasti sudah tau kan betapa pentingnya peran suatu packaging atau kemasan yang melekat pada suatu produk. Dalam memilih sebuah produk, seseorang cenderung juga akan turut memperhatikan kemasannya, entah itu dari konsep, warna, kualitas, atau bahkan ukurannya. 

Tanpa adanya kemasan atau packaging yang baik, maka kemungkinan besar sebuah produk akan tertinggal dengan produk lain yang sejenis meskipun kualitasnya seimbang atau bahkan lebih tinggi.

Maka dari itu, tidak salah lagi apabila sejatinya packaging ini juga memegang kunci utama dalam penjualan suatu produk. Penyajian kemasan yang baik dan sesuai tentu dapat membuka peluang besar untuk kalian memperoleh peningkatan penjualan dari produk tersebut.

Lalu, sebenarnya apa alasan yang mendasari pentingnya packaging dalam peningkatan penjualan sebuah produk? Apakah hubungannya? Penasaran kan? Yuk, langsung aja simak penjelasan di bawah ini ya Be-emers!



Alasan Pentingnya Packaging Bagi Peningkatan Penjualan Produk


 

Buatlah packaging dengan kualitas dan keindahan yang seimbang

Buatlah packaging dengan kualitas dan keindahan yang seimbang (Sumber gambar: Freepik)



1. Mencerminkan Kelayakan Produk

Packaging adalah kebutuhan bagi sebuah produk, terutama sebagai pelindung produk. Packaging akan mencerminkan kelayakan suatu produk yang akan menjadi pertimbangan konsumen apabila ingin membeli barang tersebut. Kemasan yang kurang baik atau bahkan tanpa adanya kemasan, maka produk akan sangat rentan rusak, penyok, terkena air, dan lain sebagainya.

Hal tersebut tentu akan mengakibatkan kualitas produk pun menjadi menurun sehingga konsumen cenderung enggan untuk membeli produkmu. Oleh karena itu, apabila menginginkan adanya peningkatan penjualan, maka pastikan kualitas kemasan produkmu memadai ya Be-emers.    


2. Meningkatkan Perhatian dan Daya Tarik Konsumen

Selain mencerminkan kelayakan produk, pentingnya packaging bagi peningkatan penjualan produk adalah dengan meningkatkan perhatian dan daya tarik konsumen. Packaging yang unik, estetik, dan terkonsep cenderung lebih dapat mengambil perhatian konsumen. Bahkan, beberapa orang justru ada yang lebih mengutamakan kemasan yang menarik jika sedang memilih produk-produk sejenis.

Penyajian kemasan yang unik ini akan membuat produk kalian memiliki peluang yang lebih besar untuk dikenal oleh kalangan masyarakat luas. Apabila perhatian dan daya tarik konsumen terhadap produkmu meningkat, maka tidaklah sulit untuk kalian bisa mencapai peningkatan penjualan.        


3. Menunjang Kepercayaan Konsumen         

Alasan terakhir adalah menunjang kepercayaan konsumen. Poin ini cenderung lebih berhubungan dengan penjualan yang dilakukan secara online. Ketika berbelanja secara online, konsumen tentu saja akan mempertimbangkan pembelian dari bagaimana penjual mengemas produk tersebut dengan baik.

Kualitas dan lapisan packaging akan menjadi penentu apakah produk yang dibeli dapat sampai dengan baik atau tidak. Tanpa adanya kemasan yang berkualitas tinggi, maka barang dapat berpeluang mengalami kecacatan fisik saat tiba di tangan konsumen. Apabila hal itu terjadi tentu saja konsumen akan kehilangan kepercayaan. Jika demikian, bukan peningkatan penjualanlah yang bisa kalian raih, melainkan justru penurunan.

Nah, kira-kira itulah beberapa alasan mengapa packaging atau kemasan berperan sangat penting bagi peningkatan penjualan produkmu. Sekarang sudah paham kan keterkaitan di antara keduanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian ya Be-emers!