3 Alasan Kenapa Lokal Brand Memakai Artis Korea

Park Seo Jun dan Lisa Blackpink yang Jadi Ambasador Produk di Indonesia Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Park Seo Jun dan Lisa Blackpink yang Jadi Ambasador Produk di Indonesia Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Like

Be-emers, masih ingat tidak? Brand Shopee pernah menggaet Blackpink sebagai Brand Ambrassadornya dengan campaign menggunakan lagu hits mereka Ddu Ddu Ddu. 

Kemudian, semakin banyak brand di Indonesia yang memakai artis asal Korea Selatan seperti BTS dengan Tokopedia, Treasure dengan Ruang Guru, Park Seo Jun dengan Blibli, hingga NCT Dream dengan Mie Lemonilo.

Salah satu campaign yang sukses membuat kehebohan adalah saat Blibli menggandeng artis Korea Selatan yaitu Park Seo Jun sebagai Brand Ambrassador. Campaign tersebut berjudul Barang Original dan sudah memiliki view sebanyak 7.5 juta penonton.

Ide campaign pun cukup terbilang unik karena bercerita tentang Park Seo Jun meminta maaf ke rakyat Indonesia dan kemudian, diikuti pula oleh Blibli yang melakukan klarifikasi. 
Campaign Blibli dengan Park Seo Jun  (Sumber video: youtube.com/c/BliblidotcomOfficial)
 
Dalam iklannya, Park Seo Jun dan Blibli menyatakan maaf karena tidak menyediakan barang palsu, \mengiriman terlalu cepat, selalu kasih gratis ongkir, dan masih banyak lagi.
 
Campaign Blibli (Sumber video: youtube.com/c/BliblidotcomOfficial)



Baca Juga: Intip Sisi Positif dari "Demam Korea" di Indonesia

Nah, adanya fenomena demam Korea yang sangat tinggi ini memiliki keuntungan tersendiri bagi yang menyukainya.

Mulai dari bisa menghilangkan stress, menambah jejaring pertemanan dengan negara asing, hingga bisa membuka peluang usaha berbisnis berbau Korea seperti menggaet artis Korea sebagai Brand Ambrassador.
 

Nah, Berikut Alasan Kenapa Lokal Brand Memakai Artis Korea di Indonesia

1. Fans Loyal dan Royal

Alasan pertama kenapa lokal brand menggunakan artis Korea adalah mereka memiliki fans yang loyal dan royal. Terbukti dari peningkatan pembelian produk dan fans juga membantu dalam mempromosikan produk yang lebih meluas.

Seperti kejadian tahun 2021 di mana adanya antrean panjang dari ojek online di MCD karena pesanan dari fandom artis kpop BTS yaitu Army.
 

2. Meningkatkan Awareness 

Alasan kedua adalah bisa meningkatkan awareness sehingga awalnya orang tidak tahu brand tersebut menjadi tahu. Seperti program WIB (Waktu Indonesia Belanja) dari Tokopedia yang  menghadirkan artis kpop Korea untuk tampil memeriahkan acara.

Bukan hanya fans Indonesia saja yang tidak tahu dengan WIB Tokopedia namun sudah menjangkau fans dari negara lain.
 

3. Bisa Menjangkau Pasar Global 

Yang terakhir adalah bisa menjangkau atau memperluas pasar global. Dengan kekuatan fans yang dimiliki artis kpop Korea, tentu saja membantu menjangkau ke pasar global. Setidaknya orang asing tahu brand tersebut.

Seperti viralnya aplikasi Ajaib di negara Thailand setelah diumumkannya Lisa Blackpink sebagai Brand Ambrassador aplikasi tersebut

Nah, bagaimana menurutmu Be-emers? Fenomena brand Indonesia menggunakan wajah Korea. Tulis komentar kamu ya.





Editor: Rachma Amalia