Business Plan: Pengertian dan Alasan Mengapa Rencana Bisnis Itu Penting

Business Plan adalah hal penting yang perlu diperhatikan pebisnis. Ketahui apa itu Business Plan dan mengapa penting! (Sumber: Vasiota.com)

Business Plan adalah hal penting yang perlu diperhatikan pebisnis. Ketahui apa itu Business Plan dan mengapa penting! (Sumber: Vasiota.com)

Like

Apa itu business plan? Untuk orang-orang yang baru memulai dan membentuk perusahaan mereka sendiri, baik bisnis lepas kecil di rumah atau usaha baru dengan kantor dan kumpulan karyawan awal, ada banyak hal penting yang harus dilakukan dalam business plan.

Business plan adalah road map, garis besar, dokumen yang menjelaskan apa bisnis Anda. Selain itu, business plan juga berisi tentang apa tujuan perusahaan, dan bagaimana tepatnya hal itu akan ditetapkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: Lakukan 5 Rencana Bisnis Pribadi Ini untuk Bertahan dari Krisis
 

Manfaat Business Plan

Jadi, selain menjadi dokumen yang mengidentifikasi bisnis Anda, apa lagi yang bisa kamu lakukan dalam rencana bisnis?
 

1. Targetkan Masalah Anda

Pentingnya business plan bagi seorang wirausahawan dimulai dengan membantu Anda mengidentifikasi kemungkinan masalah dan tantangan Anda. Merupakan satu hal untuk mencapai tujuan yang menguntungkan di tahun pertama operasi, tetapi bagaimana Anda akan mencapainya?

Rencana bisnis memaksa Anda untuk bersikap realistis dan melihat angka-angka Anda. Dokumen ini sering membantu orang untuk melihat di mana tantangan dan hambatan mereka yang sebenarnya, membuat pendekatan yang lebih pragmatis ketika fakta-fakta sulit masuk ke dalam rencana.
 

2. Dapatkan Saran yang Lebih Baik

Pentingnya rencana bisnis bagi kewirausahaan juga dapat dilihat dari cara ia mengkristalkan bantuan seperti apa yang Anda butuhkan. Sekedar memberi tahu teman atau calon mentor bisnis bahwa Anda ingin memulai dengan sepuluh karyawan, misalnya, bukanlah pernyataan yang sangat rinci.


Menampilkan rencana bisnis yang menguraikan tugas, gaji, dan harapan yang tepat yang Anda miliki untuk karyawan memberikan lebih banyak informasi bagi orang untuk memberikan saran.

 

Manfaat Business Plan Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Manfaat Business Plan Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

 

3. Atur Sumber Daya Anda

Business plan juga penting sebagai panduan utama tentang bagaimana Anda akan menyusun dan mengalokasikan sumber daya Anda. Di sini lah Anda akan melihat betapa layak untuk membuka kantor, mempekerjakan karyawan, dan melihat biaya operasional.

Rencana bisnis dapat dengan cepat menunjukkan kepada Anda apakah Anda akan mendapat untung atau rugi, dan itu menunjukkan berapa banyak kerugian itu setiap bulannya.
 

4. Pendekatan Investor

Bagi sebagian orang, ini mungkin penting. Investor ingin tahu bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan. Rencana bisnis seringkali dapat menjadi satu-satunya dokumen terpenting yang dapat Anda berikan kepada investor Anda.

Sebab, business plan akan memberikan struktur dan keyakinan yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan tentang pendanaan dan mendukung perusahaan Anda.
 

5. Buat Milestones

Rencana bisnis juga merupakan rencana tindakan. Dengan menetapkan pencapaian, Anda sekarang memiliki target untuk dicapai dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Sasaran ini juga berarti bahwa Anda dapat "mengoreksi arah" dengan kelincahan yang lebih besar jika Anda memiliki target dan menyadari bahwa Anda mungkin perlu membuat beberapa perubahan untuk mencapainya.

Pentingnya rencana bisnis dapat menjadi penting bagi pengusaha. Bisnis mungkin memiliki beberapa seni untuk itu, tetapi kesuksesan sejati datang dari memiliki visi dan diatur dalam cara Anda berjuang menuju visi itu. Rencana bisnis akan sangat membantu Anda dan dalam banyak hal!
 

Template Business Plan Sederhana

Untuk menentukan apakah Anda memiliki ide bisnis yang solid, Anda perlu melakukan penelitian menyeluruh dan membuat rencana bisnis untuk melihat apakah ide Anda layak.

Berikut adalah template rencana bisnis sederhana yang dipecah menjadi beberapa bagian, yang mencakup elemen kunci untuk apa yang masuk ke setiap langkah proses untuk membantu Anda memulai.

 

Template Business Plan Sederhana ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Template Business Plan Sederhana ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

 

1. Ringkasan Eksekutif

Tulis ringkasan eksekutif. Melansir Bizbox.id, tujuan ringkasan eksekutif adalah untuk memberi pembaca pandangan tingkat tinggi tentang perusahaan dan pasar sebelum mempelajari detailnya.

Itu muncul pertama tetapi ditulis terakhir dan memberikan gambaran tentang perusahaan Anda yang menjelaskan siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan mengapa. Ringkasan eksekutif memberikan gambaran singkat, ringkas, dan optimis tentang bisnis Anda untuk menarik perhatian pembaca dan menciptakan kebutuhan untuk mempelajari lebih lanjut.
 

2. Tinjauan Bisnis/Industri

Jelaskan perusahaan dan model bisnis Anda dengan meringkas apa yang dilakukan perusahaan Anda, pernyataan misi Anda, detail lokasi, struktur bisnis dan detail pemilik bisnis, kebutuhan pasar yang coba dipenuhi oleh bisnis Anda, dan bagaimana produk/layanan Anda memenuhi kebutuhan tersebut.

Tentukan tujuan (misi) bisnis Anda dan pernyataan berdasarkan persepsi Anda tentang potensi pertumbuhan (visi) perusahaan. Sertakan tujuan dan sasaran bisnis yang spesifik. Berikan informasi latar belakang tentang perusahaan, termasuk sejarah singkat bisnis dan daftar prinsip-prinsip dasar perusahaan.
 

3. Analisis Pasar dan Persaingan

Analisis kondisi pasar Anda. Pasar pada akhirnya akan menentukan seberapa sukses bisnis Anda nantinya. Anda perlu menunjukkan bahwa Anda telah menganalisis pasar target Anda secara menyeluruh dan memiliki permintaan yang cukup tinggi untuk produk/layanan Anda untuk membuat bisnis Anda layak.

Analisis persaingan harus mencakup penilaian komprehensif tentang persaingan Anda dan bagaimana bisnis Anda akan bersaing di sektor ini. Jelaskan industri di mana bisnis Anda akan beroperasi, identifikasi dan berikan profil umum dari target pasar Anda, dan jelaskan pangsa pasar yang saat ini Anda miliki atau antisipasi.

Sertakan baik analisis penelitian yang dilakukan oleh orang lain, bersama dengan penelitian utama yang telah Anda kumpulkan sendiri, baik melalui survei pelanggan, wawancara, atau metode lain.
 

4. Rencana Penjualan dan Pemasaran

Merancang strategi pemasaran dan penjualan. Di sinilah Anda dapat merencanakan strategi pemasaran dan penjualan yang komprehensif untuk mencakup bagaimana Anda berencana menjual produk Anda.

Sebelum mengerjakan rencana pemasaran dan penjualan Anda, analisis pasar Anda harus benar-benar disempurnakan dan pilih persona klien target Anda, yaitu pelanggan ideal Anda. Bicara tentang lanskap kompetitif. Jelaskan bagaimana Anda ingin menarik pelanggan untuk membeli produk atau layanan Anda, termasuk iklan dan promosi, penjualan dan distribusi, strategi penetapan harga, dan dukungan pasca-penjualan.
 

5. Rencana Kepemilikan dan Pengelolaan

Garis besar semua operasi dan peran manajemen. Bagian ini menjelaskan kepemilikan, struktur hukum, dan persyaratan manajemen dan staf bisnis Anda. Gunakan bagian ini untuk menguraikan struktur organisasi dan manajemen unik perusahaan Anda. Jelaskan bagaimana perusahaan Anda diatur, termasuk struktur hukumnya (kepemilikan tunggal, kemitraan, korporasi); mengidentifikasi lisensi atau izin khusus untuk operasi bisnis Anda; berikan bio singkat manajer kunci dalam perusahaan Anda; menyertakan bagan organisasi.
 

6. Rencana Operasi

Rencana operasi menguraikan persyaratan fisik bisnis Anda, seperti kantor, gudang, ruang ritel, peralatan, inventaris dan persediaan, dan tenaga kerja. Untuk satu orang, firma konsultan berbasis rumah, rencana operasi mungkin singkat dan lugas.

Namun, untuk bisnis seperti restoran atau produsen yang memerlukan fasilitas khusus, rantai pasokan, banyak karyawan, dan peralatan khusus, rencana operasi mungkin perlu sangat rinci.
 

7. Rencana Keuangan

Bagian ini merupakan bagian terpenting dari rencana bisnis, terutama jika Anda membutuhkan pembiayaan utang atau ingin menarik investor. Rencana keuangan harus menunjukkan potensi pertumbuhan dan profitabilitas bisnis Anda.

Untuk melakukan ini, Anda perlu memberikan proyeksi laporan laba rugi, laporan arus kas, dan neraca. Untuk bisnis baru, ini adalah perkiraan.

Aturan praktisnya adalah meremehkan pendapatan dan melebih-lebihkan pengeluaran. Buat garis besar model keuangan Anda, termasuk biaya bisnis Anda, proyeksi pendapatan, dan permintaan pendanaan jika Anda mengajukan penawaran kepada investor.

Biaya awal Anda mengacu pada sumber daya yang Anda perlukan untuk menjalankan dan menjalankan bisnis Anda, dan perkiraan berapa biaya masing-masing sumber daya tersebut.
 

8. Lampiran dan Pameran

Ringkaslah hal di atas dengan lampiran. Bagian lampiran dan pameran harus berisi informasi terperinci yang diperlukan untuk mendukung area lain dari rencana tersebut.

Misalnya mulai dari brosur perusahaan, resume karyawan kunci, daftar perlengkapan bisnis, salinan artikel pers dan iklan, gambar lokasi, produk bisnis Anda, setiap informasi yang berlaku tentang industri atau produk Anda, perjanjian bisnis utama seperti sewa, dan kontrak.

Baca Juga: Sulit Menyusun Business Plan dan Menentukan Model Bisnis? Begini Caranya
 

Siapa yang Membutuhkan Business Plan?

1. Bisnis Permulaan

Skenario perencanaan bisnis paling klasik adalah untuk permulaan, di mana rencana tersebut membantu para pendiri memecah ketidakpastian menjadi bagian-bagian yang berarti, seperti proyeksi penjualan, anggaran pengeluaran, pencapaian, dan tugas.

Ketika Anda menyadari bahwa Anda tidak tahu berapa banyak uang yang Anda butuhkan atau kapan Anda membutuhkannya tanpa terlebih dahulu menetapkan proyeksi penjualan, biaya, pengeluaran, dan waktu pembayaran, kebutuhan itu menjadi jelas.

Itu untuk semua startup, apakah mereka perlu meyakinkan investor, bank, atau keluarga dan teman untuk melepaskan uang mereka dan mendanai usaha baru.
 

2. Bisnis yang Ada

Bisnis yang sudah mapan menggunakan rencana bisnis untuk mengelola dan mengarahkan strategi bisnis mereka untuk mengatasi perubahan di pasar mereka dan memanfaatkan peluang baru.

Mereka sering menggunakan rencana untuk memperkuat strategi, menetapkan metrik, melacak hasil, mengelola tanggung jawab dan tujuan, merencanakan dan mengelola sumber daya penting seperti arus kas, dan menetapkan jadwal peninjauan dan revisi reguler. Rencana bisnis dapat menjadi pendorong pertumbuhan yang kuat untuk bisnis yang sudah ada.
 

Menemukan Rencana yang Tepat untuk Anda

Mengingat bahwa business plan memiliki tujuan yang beragam, tidak mengherankan jika mereka datang dalam berbagai bentuk. Tetapi bahkan sebelum Anda mulai menulis rencana bisnis Anda, Anda perlu memikirkan siapa audiensnya dan tujuan rencana Anda.

Meskipun ada komponen standar yang ditemukan di hampir setiap rencana bisnis, seperti prakiraan penjualan dan strategi pemasaran, format rencana bisnis dapat berbeda tergantung pada audiens dan jenis bisnis.

Misalnya, jika Anda sedang membangun rencana perusahaan biotek, rencana Anda akan merinci proses persetujuan pemerintah. Jika Anda menulis rencana restoran, detail tentang lokasi dan renovasi mungkin menjadi faktor penting.

Bahasa yang akan Anda gunakan dalam rencana bisnis perusahaan biotek akan jauh lebih teknis daripada bahasa yang akan Anda gunakan dalam rencana restoran. Rencana juga dapat berbeda secara signifikan dalam panjang, detail, dan presentasi.

Mereka yang tidak pernah meninggalkan kantor dan hanya digunakan untuk perencanaan dan manajemen strategis internal mungkin sering menggunakan bahasa yang lebih santai dan mungkin tidak memiliki banyak polesan visual.

Di ujung lain spektrum, rencana yang ditujukan untuk meja kapitalis ventura teratas akan memiliki polesan tinggi dan fokus pada aspek pertumbuhan bisnis yang tinggi dan tim yang berpengalaman untuk memberikan hasil yang diinginkan.
 

Elemen Rencana Bisnis

Sementara rencana dapat bervariasi menurut jenisnya, elemen kunci tertentu muncul di hampir semua rencana bisnis.

Komponen-komponen ini termasuk jadwal tinjauan, ringkasan strategi, pencapaian, tanggung jawab, metrik (sasaran numerik yang dapat dilacak), dan proyeksi dasar. Proyeksi tersebut meliputi penjualan, biaya, pengeluaran, dan arus kas. Elemen inti ini tumbuh secara organik untuk tujuan aktual yang dibutuhkan bisnis.

 

Business Plan - Image: Canva

Business Plan Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

 

Mengembangkan Rencana Bisnis Berdaya Tinggi

Proses pengembangan rencana bisnis yang dijelaskan di sini dapat memberikan panduan yang dibutuhkan pengusaha untuk mengembangkan rencana bisnis yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka; rencana bisnis berdaya tinggi.

Ada enam tahap yang terlibat dalam mengembangkan rencana bisnis berdaya tinggi:

1. Penelitian Awal Esensial

Tahap ini mengharuskan Anda untuk menganalisis lingkungan di mana Anda mengantisipasi beroperasi di setiap tingkat analisis masyarakat, pasar, industri, dan perusahaan.

Dalam tahap perencanaan ini, penelitian awal yang penting adalah langkah pertama yang diperlukan untuk lebih memahami tren yang memengaruhi bisnis mereka dan keputusan mereka untuk meletakkan dasar dan meningkatkan potensi kesuksesan mereka.
 

2. Model Bisnis

Melekat pada rencana bisnis apa pun adalah deskripsi model bisnis pilihan pengusaha yang akan memastikan kesuksesan terbaik.

Berdasarkan penelitian awal penting Anda tentang pengaturan di mana Anda mengantisipasi memulai bisnis Anda (analisis Anda dari tahap satu), Anda harus menentukan bagaimana setiap elemen model bisnis Anda mungkin cocok untuk meningkatkan potensi keberhasilan usaha bisnis Anda.

Elemen-elemen ini termasuk aliran pendapatan mereka, struktur biaya, segmen pelanggan, proposisi nilai, aktivitas utama, dan mitra utama.
 

3. Draft Business Plan Awal

Tahap ini melibatkan pengambilan pengetahuan dan ide yang dikembangkan selama dua tahap pertama dan mengintegrasikannya ke dalam format rencana bisnis.

Pendekatan yang disarankan adalah membuat rancangan lengkap rencana bisnis dengan semua bagian. Hal ini termasuk bagian depan dengan deskripsi bisnis, nilai-nilai, visi, misi, pernyataan proposisi nilai, serangkaian tujuan awal, daftar isi, daftar tujuan. tabel dan gambar diatur menggunakan fitur perangkat lunak yang memungkinkan pembuatan otomatisnya.

Menulis semua operasi, sumber daya manusia, pemasaran, dan rencana keuangan sebagai bagian dari draf pertama memastikan bahwa semua bagian yang diperlukan ini dapat diintegrasikan dengan tepat.

Rencana bisnis harus menceritakan kisah awal bisnis yang direncanakan dalam dua cara: terutama menggunakan kata-kata, bersama dengan bagan dan grafik dalam operasi, sumber daya manusia, dan rencana pemasaran, dan melalui rencana keuangan. Kedua pendekatan harus menceritakan kisah yang sama.
 

4. Membuat Business Plan Realistis

Draf pertama rencana bisnis jarang realistis. Saat Anda menulis rencana, itu akan berubah secara alami saat informasi baru dikumpulkan.

Faktor lain yang biasanya membuat draf pertama tidak realistis adalah sulitnya memastikan bahwa bagian tertulis, di bagian depan rencana dan operasi, sumber daya manusia, dan rencana pemasaran—menceritakan kisah yang sama seperti bagian keuangan. Tahap kerja ini melibatkan membuat penyesuaian yang diperlukan terhadap rencana untuk membuatnya serealistis mungkin.
 

5. Membuat Rencana Menarik Bagi Pemangku Kepentingan dan Diinginkan Pengusaha

Rencana bisnis bisa realistis tanpa menarik calon investor atau pemangku kepentingan eksternal lainnya, seperti pemasok, karyawan, dan mitra bisnis yang dibutuhkan.

Ini mungkin juga realistis dan mungkin menarik bagi pemangku kepentingan tanpa harus diinginkan oleh pengusaha. Selama tahap ini, cobalah untuk membuatnya serealistis mungkin saat menyesuaikan rencana untuk menarik calon investor dan diri Anda sendiri.
 

6. Menyelesaikan Business Plan

Tahap terakhir melibatkan menempatkan semua sentuhan akhir yang penting pada rencana bisnis sehingga akan disajikan dengan baik kepada calon investor dan sejenisnya. Langkah ini melibatkan memastikan bahwa matematika dan hubungan antara bagian tertulis dan keuangan akurat.

Ini juga melibatkan memastikan bahwa semua koreksi yang diperlukan dilakukan pada pemformatan, ejaan, dan tata bahasa. Kumpulan tujuan akhir harus ditulis untuk menarik pembaca yang ditargetkan dan mencerminkan apa yang ditentukan oleh rencana bisnis. Ringkasan eksekutif harus ditulis dan dimasukkan sebagai langkah terakhir.