Lakukan 5 Rencana Bisnis Pribadi Ini untuk Bertahan dari Krisis

Strategy - Canva

Strategy - Canva

Like

Ada momen dalam hidup, yang mana kita enggak boleh terbawa sama “arus air” atau “badai” sekalipun, Be-emers! Begitu pula ketika kamu memutuskan untuk mulai menjalani bisnis pribadi nih.

Soalnya, beragam faktor atau sentimen bisa saja terjadi di bisnis kamu. Namun, kamu harus bisa bertahan dalam menghadapi tantangan, termasuk krisis.

Soalnya, krisis juga bisa membuat kamu jadi pribadi yang lebih kreatif dan berkembang lho. Untuk itu, penting banget juga untuk punya rencana bisnis pribadi nih.

Dikutip dari laman Bisnis, ini tips yang bisa kamu lakukan untuk melakukan rencana bisnis di tengah krisis.

Baca Juga: Lakukan 5 Strategi Digital Ini Biar Bisnis Kamu Stabil
 

Ambil Perspektif

Krisis biasanya jadi momen, yang mana dapat membantu orang untuk membuat perubahan yang ditunda demi kenyamanan. Jadi, peluang yang ditawarkan pandemi kepada kita ini penting untuk berani menetapkan tujuan baru.


Nah, pada titik inilah, kamu harus mulai menetapkan tujuan kamu dan mulai menetapkan tenggat waktu yang realistis.
 

Ringkasan Eksekutif

Cobalah untuk meletakkan di atas kertas di mana kamu saat ini "berdiri". Setelah itu, coba pikir, apa yang benar-benar ingin kamu lakukan?

Jelaskan tujuan karir kamu, masa depan yang kamu inginkan untuk karir kamu, dan apa yang benar-benar kamu sukai.
 

Tentukan Visi dan Misi

Ketika memutuskan untuk menjalani bisnis pribadi, penting untuk kamu memiliki visi dan misi yang jelas. Bagaimana cara melakukannya?

Duduklah di depan buku catatan dan tulis dua rencana bisnis, speerti:
  • Tulis bagaimana dan di mana kamu ingin berada dalam 5-10 tahun ke depan.
  • Coba pikirkan hal tadi dalam versi terbaik kamu ya! Misalnya, ketika kamu memiliki semua sumber daya yang kamu butuhkan.
 

Identifikasi SWOT

Analisis SWOT merupakan ujian untuk mengetahui kekuatan, peluang, kelemahan dan ancaman.

Pikirkan tentang bagaimana kamu sebagai "produk", siapa kamu, apa karakteristik kamu, apa yang perlu ditingkatkan dan apa yang harus dipersiapkan.
 

Identifikasi Sumber Daya utama

Apa tim yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuan kamu? Mereka bisa menjadi teman, keluarga, kontak, mentor, singkatnya, siapa saja yang membantu kamu tumbuh.

Apa yang kamu butuhkan untuk mulai bekerja menuju tujuan kamu? Artinya, kenali pengeluaran terpenting yang harus kamu buat untuk mencapai tujuan kamu dan aset mana yang harus kamu mulai bergerak selama 90 hari ke depan.

Baca Juga: Begini Strategi untuk Perluas Pasar Bisnismu