Dompet Digital, Mudahkan Transaksi Dimanapun dan Kapanpun

Scan barcode dengan dompet digital langsung bisa (Sumber: Freepik)

Scan barcode dengan dompet digital langsung bisa (Sumber: Freepik)


Perkembangan teknologi semakin canggih, menjadikan beberapa inovasi bisa membantu aktivitas manusia menjadi lebih baik. Bahkan dengan hanya duduk manis, manusia dapat mengakses segala hal dengan mudah.

Salah satu perkembangan inovasi tersebut adalah dengan munculnya dompet digital, atau dompet elektronik, yang saat ini menjadi tren di masyarakat dalam bertransaksi, khususnya secara non tunai.

Kemudahan dalam transaksi non tunai semakin berkembang pesat karena dianggap mudah dan minim resiko dalam menularkan virus Covid-19 di masa pandemi yang masih berlangsung ini. Masyarakat pun dimudahkan dengan segala macam transaksi karena tidak perlu lagi membawa uang di dompet, saku, atau tas, sehingga rawan pencurian.

Transaksi dompet digital ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun yang kita inginkan, tanpa harus ke luar rumah. Dengan hanya memanfaatkan internet kemudian membuat akun dan melakukan top-up, transaksi cashless ini pun dianggap lebih mudah, praktis, dan effisien.

Baca Juga: Ini Alasan Dompet Digital Banyak Diminati


Beberapa macam fitur atau menu yang telah diberikan kepada penggunanya sangat mudah, sehingga menjadi popular, khususnya di kalangan milenial saat ini. Contoh dompet digital yang paling banyak peminatnya di Indonesia, antara lain: LinkAja, Shopeepay, Dana, OVO, Gopay, Sakuku, dan masih banyak lainnya yang dapat kamu download di Google Playstore dan Apps Store.

Telah memberikan kemudahan bagi penggunanya, menjadikan dompet digital bermanfaat seperti:
  1. Penggunaan yang lebih praktis, mudah, dan efisien karena hanya menggunakan handphone.
  2. Kecepatan dalam bertransaksi. Tidak membutuhkan waktu lama dan tidak perlu pergi ke luar rumah, transaksi dompet digital secara otomatis dapat dengan mudah dilakukan dalam hitungan detik.
  3. Terjaga keamanannya, dtingkat resiko pencurian uang yang tidak dapat dijangkau karena setiap dompet digital memiliki keamanan tersendiri.
  4. Munculnya history atau riwayat transaksi dalam aplikasi dompet digital, sehingga dapat memudahkan pengguna untuk mengingat akses pembayaran yang pernah dilakukannya.
  5. Kemudahan dengan melakukan segala transaksi keperluan apapun. Mulai dari pembayaran tagihan listrik, pembelian pulsa atau paket data, BPJS, PLN, pemesanan tiket, membeli makanan, investasi, transfer ke rekening bank, bersedekah, hingga infaq.

Keberadaan dompet digital telah memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, sehingga kita harus bersikap bijak dalam menggunakan dompet digital tersebut. Maka, penting untuk mengelola keuangan agar tidak berlaku konsumtif dengan kemudahan transaksi dari penggunaan dompet digital.

Baca Juga: Perkuat Fintech & E-Commerce China, Induk TikTok Luncurkan Dompet Digital