Tidak Mengandung Pecel, Kenapa Bisa Diberi Nama Pecel Lele?

Nama Pecel Lele. (Ilustrasi: Canva)

Nama Pecel Lele. (Ilustrasi: Canva)

Like

Biasanya pecel disajikan dengan sayur mayur yang disiram dengan bumbu kacang atau bumbu pecel. Namun, pecel lele tidak ada sayur dan bumbu kacang. Kenapa diberi nama pecel lele?

Hidangan yang bernama pecel identik dengan siraman bumbu kacang yang kental, gurih, dan sedikit manis. Biasanya disandingkan bersama dengan rebusan sayur mayur.

Namun, hidangan yang bernama pecel lele berbeda dengan pecel pada umumnya. Tidak ada siraman bumbu kacang yang kental, gurih, dan sedikit manis. Juga tidak ada rebusan sayur mayur.

Justru hidangan pecel lele ini identik dengan minyak karena digoreng. Lalu kenapa bisa dinamakan pecel lele? 
 

Pecel Lele


Pecel Lele merupakan makanan khas Jawa dan terdiri dari ikan lele, sambal tomat, lalapan, dan biasanya dilengkapi dengan tempe atau tahu. 


Lalapan yang menyertai pecel lele biasanya daun kemangi, kacang panjang, mentimun, kubis, dan kecipir. 

Pecel lele biasanya dapat ditemui saat jam makan malam atau mulai pukul 5 sore. Dari Jawa, pecel lele mulai merambah kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Bahkan ini menjadi salah satu makanan paling populer di Jakarta karena dianggap murah dan enak. Pecel lele sendiri sudah lama menjadi makanan favorit di Jakarta, sudah sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Baca Juga: Kuliner Legend yang Bikin Nagih dari Kota Kenangan 
 

Asal Usul Nama Pecel Lele


Pada mulanya hidangan ini tidak dinamai pecel lele, namun pecek atau pecak lele. Pecek sendiri merupakan teknik atau cara menghidangkan makanan khas Jawa Timur.

Cara menghidangkan makanan ala pecek adalah dengan menyajikan lauk dengan sedikit dipenyet atau ditekan dan diberi sambal di bagian atas. 

Sedangkan pada saat pecel lele mulai banyak dijajakan di Jakarta, ada juga makanan khas Betawi yang bernama pecak. 

Pecak Betawi berbeda dengan pecek Jawa Timur, di Betawi pecak adalah sajian dari ikan air tawar yang digoreng atau dibakar dan disiram kuah santan dengan bumbu campuran cabai dan kemiri. Pecak juga dihidangkan bersama kemangi sebagai pelengkap.

Kesamaan nama inilah yang membuat hidangan pecek lele khas Jawa Timur beralih nama menjadi pecel lele. Tujuannya untuk menghindari salah persepsi dan agar kedua hidangan itu tetap memiliki pangsa pasarnya masing-masing.
 

Keunikan Pecel Lele


Pecel lele juga dapat dikatakan sebagai hidangan yang unik. Selain karena namanya yang tidak sesuai dengan hidangannya, ada satu elemen khusus yang selalu ada di setiap warung pecel lele.

Elemen tersebut adalah spanduk khas bergambar makanan atau hewan yang disajikan di warung pecel lele tersebut. Biasanya ada lele, ayam, bebek, dan beberapa macam ikan.

Spanduk ini menjadi keunikan dan ciri khas karena gambarnya yang sama atau mirip di setiap warung pecel lele yang ada.  

Baca Juga: Ide Bisnis Baru! Resep Ayam Suwir Pedas Manis yang Gurih Bikin Nagih!

Nah, sekarang sudah enggak penasaran lagi kan kenapa tidak ada pecel di dalam pecel lele.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.