Kuliner Legend yang Bikin Nagih dari Kota Kenangan

Gudeg (Sumber gambar: kumparan.com)

Gudeg (Sumber gambar: kumparan.com)

Like

Siapa yang tak kenal dengan salah satu keistimewaan kota kenangan yang satu ini? Yap, kota Yogyakarta. kota ini dikenal akan segudang pariwisata, budaya, dan kulinernya, yang menjadi pusat perhatian masyarakat dari berbagai penjuru daerah di Indonesia, hingga sampai ke mancanegara.

Maka tak heran, banyak wisatawan lokal maupun non lokal yang berbondong-bondong berkelana mencari indahnya kota Yogyakarta yang tersembunyi ini. Salah satunya adalah, ketertarikan mereka untuk mencicipi kuliner legend yang memiliki citarasa unik nan lezat tak tertandingi.

Gudeg adalah salah satu makanan tradisional dari provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah, Indonesia. Makanan ini telah berdiri sejak zaman penjajahan Inggris, yang pada saat itu terjadi penyerbuan ke kota Batavia tahun 1726 sampai dengan tahun 1728, yang dipimpin langsung oleh sultan Agung.

Akan tetapi, sebenarnya bukti sejarah gudeg juga belum ditemukan pasti kebenarannya, dikarenakan banyaknya perbedaan para ahli sejarawan Indonesia. Yang terpenting adalah, rasa saling menjaga dan melestarikan kuliner Indonesia yang menjadi warisan untuk bangsa kita.

Lalu, rahasia apa yang membuat citarasa makanan ini terlihat banyak diminati masyarakat didalam negeri maupun diluar negeri? 


Selain dari proses pembuatan gudeg yang membutuhkan waktu lama, ternyata makanan ini juga terbuat dari nangka muda mentah, atau dalam bahasa Jawa kita kenal dengan istilah “gori”. 

Kemudian, nangka-nangka yang masih muda dan mentah ini direbus bersamaan dengan gula merah, sehingga menghasilkan citarasa gudeg yang manis. Tidak hanya itu, perpaduan bumbu dapur juga tak luput dari proses pembuatan gudeg ini.  

Seiring berkembangnya jaman, makanan ini semakin hari semakin laris terjual dimana-dimana. banyak para penjual yang selalu memodikasi gudeg dengan berbagai jenis varian.

Dari mulai hadirnya gudeg kering, gudeg basah, gudeg khas Yogyakarta atau gudeg merah yang rasanya manis, serta gudeg Jawa Timur atau gudeg putih yang rasanya cenderung lebih pedas dan lebih panas daripada gudeg Yogyakarta yang rasanya manis.

Maka dari itu, disarankan jika kalian mampir ke kota Yogyakarta, nikmatilah sepiring gudeg dengan rasa lezat nan manisnya di lidah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Gudeg Mbah Medi Kotagede Sasar Pasar Millenial Pemburu Kulineran