Tips Merawat Penderita Stroke

Foto: Dok. Confidence

Foto: Dok. Confidence


Dalam melakukan pencegahan stroke berulang keluarga harus mengetahui penyebab yang paling sering terjadi yakni hipertensi, stress, dan kadang kolestrol yang tinggi.

Berdasarkan hasil penelitian, lima hal yang perlu diketahui oleh anggota keluarga yang mengalami stroke yakni perawatan mulut dan mata, pemberian makan, pengendalian buang air besar (BAB), mencegah jatuh dan pengendalian buang air kecil (BAK).
  1. Perawatan Mulut dan Mata
    Perawatan mulut yang teratur sangatlah penting, terutama untuk penderita yang sulit atau tidak dapat menelan, serta membersihkan bagian mata gunakan kain lembab yang bersih dengan teratur.
  2. Memberi Makan
    Penderita stroke seringkali kehilangan nafsu makan sehingga mereka dapat diberikan makanan ringan tinggi kalori yang lezat dalam jumlah terbatas setiap 2-3 jam.
  3. Pengendalian Buang Air Besar (BAB)
    Penderita stroke seringkali mengalami sembelit, hal ini tersebut bisa terjadi karena efek samping dari obat-obatan yang diberikan. Sehingga diperlukan makanan yang memadai dan seimbang serta banyak cairan (paling tidak dua liter sehari) dan serat (buah dan sayuran), serta aktivitas fisik yang ditoleransi dengan rutin dan cukup. Apabila perlu sesuai anjuran medis dapat diberikan pelunak tinja seperti laksatif dan pencahar.
  4. Mencegah Resiko Jatuh
    Faktor risiko yang mempermudah penderita jatuh antara lain masalah ayunan langkah dan keseimbangan, obat-obat sedatif, kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari, inkontinensia, gangguan penglihatan, dan berkurangnya kekuatan tungkai bawah.
    Apabila pasien ingin berpindah dari tempat tidur maka penderita harus turun secara perlahan dan bertahap. Kondisi tempat tinggal juga memberikan peran yang sangat penting. Kondisi penerangan ruangan, keberadaan tangga, kondisi lantai terutama di kamar mandi.
  5. Pengendalian Buang Air Kecil (BAK)
    Inkontinensia atau retensi pada umumnya terjadi pada penderita stroke terutama pada penderita yang mengalami penurunan kesadaran atau delirium. Penderita yang dipasang kateter perlu diajarkan kepada keluarga tentang perawatan kateter tersebut untuk menghindari komplikasi yang mungkin terjadi.
Keluarga yang memiliki anggota keluarga yang pasca stroke sebaiknya mampu memberikan perawatan terhadap pasien stroke. Misalkan pengukuran tekanan darah secara teratur perlu dilakukan oleh keluarga kepada anggota keluarga sebagai wujud tindakan pencegahan primer.


Penderita stroke memiliki gangguan yang dapat dialami penderita dari bagian otak yang terkena kerusakan yaitu lobus frontalis, lobus temporalis, lobus parietalis, lobus occipitalis, serebelum dan batang otak. Lobus frontalis ialah kelumpuhan, kelemahan anggota gerak (hemiplegia), dan disartria. Lobus temporalis yakni gangguan pendengaran, dimensia, dan marah.

Lobus parietalis yakni gangguan sensori, aphasia. Lobus occipitalis yakni gangguan pada bola mata,  Serebelum yakni gangguan keseimbangan, inkontinensia. Batang otak yakni kematian, kelumpuhan, dan disfagia.

Dilansir dari Tanya Confidence, jika pasien stroke menunjukan gejala inkontinensia urin atau sering buang air kecil, bisa mengkonsultasikannya dengan dokter atau tenaga ahli medis. Perubahan gaya hidup yang lebih sehat bisa menjadi salah satu cara mengatasi stroke ringan.

Brand Group Manager Confidence, Amelia Christine mengatakan, hadirnya support keluarga juga bisa menjadi cara mengatasi stroke ringan yang menunjukkan gejala sering buang air kecil.

Confidence Popok Dewasa merupakan diapers nomor satu di Indonesia dengan kualitas terbaiknya, menjadi solusi untuk para lansia yang memiliki masalah inkontinensia urine yang memberikan kenyamanan ekstra bagi terutama bagi para lansia.

Disesuaikan dengan kebutuhannya Confidence punya 2 jenis popok dewasa yaitu tipe perekat untuk kondisi Kesayangan dengan tirah baring atau bedridden dan tipe pants atau celana untuk kondisi Kesayangan yang masih aktif.

Confidence tipe perekat memiliki tiga varian cocok digunakan untuk lansia dengan kondisi tirah baring. Confidence Classic Day mempunyai penyerapan maksimal sehingga permukaannya cepat kering dan nyaman di siang hari. Confidence Classic Night memiliki daya tampung maksimal, pelindung samping anti bocor dan mengandung ekstrak aloe vera agar cegah iritasi sehingga nyenyak semalaman. Confidence Premium Night berbahan clothlike yang selembut kain, mengandung ekstra aloe vera serta daya serap hingga 6x membuat lansia nyenyak semalaman

Sedangkan untuk lansia yang masih aktif, berikan Confidence tipe celana yang daya tampungnya hingga 6x daya serap, berbahan Lycra yang mengikuti bentuk tubuh dan pas di badan, serta dilengkapi SAP antibacteria yang mencegah timbulnya bakteri sehingga aman untuk kulit lansia.