Berburu Penghasilan Tambahan Melalui Affiliate Program

Affiliate Program. (Ilustrasi: Canva)

Affiliate Program. (Ilustrasi: Canva)

Like

Dari beragamnya cara untuk mendapat penghasilan tambahan dengan pesatnya perkembangan teknologi, affiliate program atau program afiliasi menjadi pilihan. Apa saja affiliate program yang dapat diikuti?

Saat ini orang-orang mulai menggunakan cara-cara kreatif dan cenderung lebih mudah untuk mendapat penghasilan tambahan. Munculnya platform-platform belanja online membuka peluang baru bagi masyarakat mendapat penghasilan tambahan.

Selain menjadi seller atau penjual masyarakat bisa mendapat penghasilan dari program-program khusus yang dijalankan oleh platform belanja online tersebut. 

Salah satu program yang ditawarkan oleh mereka adalah program afiliasi atau lebih dikenal dengan affiliate program. Saat ini hampir semua platform belanja online menawarkan program ini. 
 

Apa Itu Affiliate Program?


Affiliate program adalah program yang dikhususkan untuk audiens atau pengguna platform tertentu dan memungkinkan mereka mendapatkan komisi dari program ini. 


Baca Juga: Apa Itu Affiliate Marketing dalam Bisnis?

Pengguna akan mendapatkan komisi apabila berhasil mengajak orang membeli atau menggunakan suatu produk dari custom link yang mereka bagikan.

Affiliate program cukup mudah dilakukan karena tidak membutuhkan keahlian khusus. Syarat dan ketentuannya pun terbilang mudah, yang penting memiliki akun pribadi.
 

Affiliate Program di Indonesia


Di Indonesia sudah banyak platform yang menawarkan program affiliate. Berikut beberapa di antaranya.
 

1. Shopee Affiliate Program


Bisa dibilang Shopee adalah platform yang mempopulerkan affiliate program platform belanja di Indonesia. Dilansir dari website resmi Shopee, Shopee Affiliates adalah program dari Shopee untuk para content creator yang aktif di media sosial. 

Content creator akan mempromosikan berbagai produk di Shopee yang nantinya akan diberikan imbalan atau komisi. 

Komisi yang didapatkan terdiri dari komisi tetap dari 2,5% hingga 10% untuk produk Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller, komisi EXTRA 100?ri penjual, produk dan voucher GRATIS dengan mengikuti campaign Shopee, dan bonus komisi 15?ri Shopee Affiliates Team.
 

2. Tokopedia Affiliate Program


Platform belanja online lainnya yang menawarkan program afiliasi adalah Tokopedia. Platform belanja online ini merupakan produk lokal asli Indonesia.

Program ini kurang lebih sama seperti Shopee Affiliate Program, tidak ada minimal followers yang penting merupakan akun pribadi dan bukan akun toko. 

Keuntungan yang didapat berupa Komisi hingga 10% untuk penjualan & Rp50 per kunjungan terverifikasi dan akses ke akademi kreator Tokopedia.
 

3. Lazada Affiliate Program


Lazada, platform belanja online lainnya juga memiliki program afiliasi. Sistem program afiliasinya dengan model pembagian pendapatan atau komisi hingga 10?ri setiap pesanan yang dihasilkan.

Komisi yang didapat dari affiliate program berbeda-beda tergantung dengan kategori produk yang diiklankan.
 

4. Blibli Affiliate Program


Dilansir dari website resminya, Affiliate Program Blibli.com adalah program afiliasi yang ditujukan untuk Affiliate Partner sehingga mereka mendapatkan komisi dari kegiatan pemasaran Blibli.com (Cost Per Sale) pada platform atau digital inventory yang dimilikinya.

Program ini bisa diikuti oleh pemilik website, blogger, youtuber, influencer, price comparison, dan situs lainnya. Namun, konten yang dibuat oleh pemilik website harus mengikuti syarat dan ketentuan dari Affiliate Program Blibli.com.

Baca Juga: Cari Cuan Tambahan, Ini Cara Daftar Shopee Affiliate Program
 

5. Program Afiliasi Mitra Bukalapak


Mengutip dari website resmi Bukalapak, Program Afiliasi Mitra Bukalapak adalah program yang akan ngasih kamu komisi setiap kali kamu mempromosikan Mitra Bukalapak dan berhasil mengajak orang lain gabung pakai link promosi kamu.

Sistem afiliasi ini adalah mencari pengguna baru yang download dan login Bukalapak menggunakan kode referral afiliasi. Komisi Transaksi didapat saat pengguna baru melakukan transaksi.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.