Hati-Hati, Ini 5 Kesalahan Saat Mempersiapkan Tes TOEFL

5 Kesalahan Saat Mempersiapkan Tes TOEFL. (Ilustrasi: Canva)

5 Kesalahan Saat Mempersiapkan Tes TOEFL. (Ilustrasi: Canva)

Like

Halo guys, di artikel kali ini kita akan membahas 5 kesalahan yang kebanyakan orang lakukan ketika sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi tes TOEFL dan mudah-mudahan kamu tidak melakukan hal yang sama ya.

Persiapkan dirimu dengan matang dan hindari melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dilakukan agar kamu dapat menmperoleh skor maksimal.

Langsung saja dibawah ini adalah 5 kesalahan saat persiapan sebelum tes TOEFL. Simak sampai habis ya!
 

5 Kesalahan Saat Mempersiapkan Tes TOEFL


Ada beberapa kesalahan yang sering tidak disadari orang-orang yang sedang mempersiapkan tes TOEFL.

Baca Juga: Mengintip Peluang Bisnis Les Bahasa Inggris Bagi Lulusan Sarjana
 

1. Tidak Tahu Level Kemampuan Bahasa Inggris



Kita mulai dari yang pertama, kesalahan yang dilakukan kebanyakan orang adalah mereka tidak mengetahui skill atau kompetensi berbahasa Inggris mereka sendiri.

Kalau kita tidak mengetahui level kompetensi berbahasa Inggris, kita tidak mungkin tahu berapa lama yang harus kita persiapkan untuk mengetahui level kita.

Atau kita bisa mengambil tes TOEFL ITP Online prediction yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga bahasa atau lembaga-lembaga lainnya yang bekerja sama dengan IIEF atau ETS. Dengan cara ini kamu bisa mempelajari soal-soal TOEFL lebih efektif. 
 

2. Belajar Secara Singkat


Ngomong-ngomong soal belajar TOEFL, kesalahan kedua yang kebanyakan orang lakukan adalah mereka mempelajari TOEFL secara singkat.

Belajar TOEFL itu tidak bisa dilakukan secara instant atau sistem kebut semalam (SKS). TOEFL itu mengukur kompetensi berbahasa Inggris kita secara komprehensif. Oleh karena itu kamu memerlukan waktu dalam mempelajarinya.

Jadi pastikan kamu mempersiapkannya dengan waktu yang cukup seperti beberapa bulan sebelum kamu mengambil tes TOEFL. 
 

3. Tidak Konsisten Dalam Belajar


Nah, mumpung kita lagi bahas soal belajar TOEFL. Kesalahan yang kebanyakan orang lakukan adalah tidak konsisten dalam belajar dan berlatih menjawab soal-soal TOEFL.

Dalam belajar kamu harus konsisten bila ingin mendapatkan hasil atau Skor TOEFL yang besar dan memuaskan.

Luangkan waktu 1 sampai 2 jam setiap harinya selama kurang lebih 3 sampai 4 bulan itu jauh lebih baik daripada mengeluarkan 5 sampai 6 jam setiap harinya selama satu minggu sebelum menghadapi tes TOEFL, jadi pastikan kamu konsisten dalam belajar ya. 

Baca Juga: CV Bahasa Inggris, Apa Aja Poin-Poinnya?
 

4. Persiapan yang Kurang Baik


Kesalahan yang keempat yang sering kebanyakan orang lakukan adalah tidak mempersiapkan hal-hal lainnya beberapa saat sebelum mengambil tes TOEFL. Faktor eksternal diluar dari proses kita mempelajari dan berlatih menjawab soal-soal.

Hal ini antara lain seperti tidak sarapan, mood yang kurang bagus saat mau tes, datang terlambat ketika tes dan kondisimu tidak fresh. Itu semua bisa mempengaruhi hasil akhir atau skor tes. 
 

5. Tidak Tahu Jenis-Jenis TOEFL


Oke lanjut lagi ya kesalahan yang ke-5 dan yang terakhir adalah kamu tidak mengetahui jenis-jenis TOEFL yang ada.

jadi jenis TOEFL itu cukup beragam ya, dimulai dari TOEFL ITP atau Institutional Testing Program yang bisa kamu ambil secara offline atau dengan media kertas yang disebut juga Paper Based Test dan yang juga bisa dilaksanakan secara online.

Lalu ada juga TOEFL IBT atau Internet Based Test dimana kamu mengerjakan tes TOEFL tersebut menggunakan komputer dan menggunakan jaringan internet. 

Setiap jenis tes memiliki format yang berbeda. Oleh karena itu cara mengerjakan soal-soal nya pun berbeda dan kegunaannya pun pasti berbeda.

Maka dari itu, sangat penting untuk kamu menentukan terlebih dahulu jenis tes apa yang ingin kamu ambil yang sesuai dengan kebutuhan.

Kamu pun bisa secara efektif mempelajari materi-materi tes TOEFL atau latihan-latihan soalnya yang sesuai dengan jenis TOEFL yang akan kamu ambil.

Nah sekarang sudah tahu kan apa saja kesalahan yang sering orang lakukan dalam mempersiapkan tes TOEFL?

Harapannya setelah kamu membaca artikel ini, kamu dapat lebih baik lagi dalam mempersiapkan diri serta menghindari dari melakukan kesalahan diatas.

Kami doakan semoga kalian semua bisa memperoleh skor TOEFL sesuai harapan.
 
Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.