5 Hal Menarik Soal Provinsi Baru ke-38 Indonesia!

Peta Indonesia. (Ilustrasi: Canva)

Peta Indonesia. (Ilustrasi: Canva)


Pemerintah baru saja mengumumkan bahwa Indonesia memiliki provinsi baru ke-38. Ada beberapa hal menarik yang harus diketahui soal provinsi baru ini. 

Papua dikenal sebagai pulau yang sangat luas dan sumber daya alamnya melimpah. Luasnya pulau Papua membuat pemerintah harus melakukan pemekaran dengan memilih provinsi baru.

Kemudian pada bulan November pemerintah mengesahkan Provinsi Papua Barat Daya sebagai provinsi baru ke-38 di Indonesia.

Provinsi baru ini mencakup Kota Sorong sebagai ibu kota, lalu ada Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Tambrauw, dan Kabupaten Mamberamo.
 

Fakta Menarik Provinsi Papua Barat Daya


Dilansir dari Bisnis.com, ada 5 hal menarik dan patut dibanggakan dari provinsi baru ke-38 Indonesia.
 

1. Sumber Daya Melimpah



Di provinsi baru ini ada kota-kota yang terkenal menyimpan kekayaan alam. Sorong menjadi Ibu Kota Provinsi Papua Barat Daya yang baru diresmikan ini. Sorong terkenal akan kekayaan migasnya. 

Potensi utamanya adalah sebagai home base bagi perusahaan-perusahaan minyak yang beroperasi di Kabupaten Sorong. 

Saat ini tercatat ada 350 sumur minyak yang diolah di wilayah Kabupaten Sorong, sementara pelabuhan ekspor minyak serta sejumlah tangki penampung berada di Kota Sorong.

Baca Juga: Freeport Indonesia Siap Menyokong Pelestarian Seni Ukir Kamoro
 

2. Habitat Ribuan Terumbu Karang


Letak Papua Barat Daya ada di ujung barat laut kawasan Semenanjung Doberai atau Semenanjung Kepala Burung (Bird's Head Peninsula). Ini adalah rumah dari 76 persen spesies terumbu karang dunia.

Semenanjung ini juga menurut WWF menjadi episentrum atau pusat keanekaragaman terumbu karang.

Kekayaan ini menyimpan 2.228 spesies ikan terumbu karang dari total 6.000 spesies ikan terumbu karang dunia. 
 

3. Ragam Biota Laut


Ujung barat provinsi ini kaya akan sumber daya laut dan Kawasan Konservasi Perairan Kepulauan Raja Ampat. Kawasan ini kaya akan keanekaragaman biota laut mulai dari ikan, terumbu karang, pari manta, penyu raksasa, hingga hiu.

Pemerintahan Kabupaten Raja Ampat mengatakan pesona bawah laut kawasannya penuh dengan aneka jenis terumbu karang yang jauh lebih banyak dan tidak terdapat di daerah lain seperti Lautan India Barat, pesisir Srilangka, India, Pakistan, Karibia, maupun daerah lain di dunia.
 

4. Ratusan Suku dan Tradisi Unik


Ada banyak suku yang terdapat di Provinsi Papua Barat Daya, contohnya suku Moi yang terkenal akan budaya tato, suku Tehit, dan suku Meybrat yang mempunyai keunikan adatnya masing-masing.
 

5. Rumah Ratusan Spesies Burung


Tidak hanya perairannya yang kaya akan biota, Provinsi Papua Barat Daya juga memiliki ekosistem hutan hujan tropis dan pegunungan. Ada satu kawasan yang dikenal sebagai destinasi birdwatching atau pengamatan burung.

Kawasan tersebut adalah Fef yang terletak di lembah yang dikelilingi perbukitan pegunungan Tambrauw. Fef sendiri dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih asli yang merupakan habitat alami dari ratusan spesies burung.

Baca Juga: 16 September, Jadi Hari Bersejarah Bagi Kemerdekaan Papua Nugini

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.