Pantone Color of The Year 2023 Resmi Rilis, Warnanya Elegan!

Pantone Color of The Year 2023. (Foto: Pantone)

Pantone Color of The Year 2023. (Foto: Pantone)

Like

Setiap tahunnya Pantone memilih satu warna yang paling mempresentasikan tahun yang akan datang. Untuk tahun 2023, Pantone telah memilih warna spesial yang identik dengan kekuatan dan keberanian.

Pantone merupakan perusahaan yang berfokus pada pewarnaan dan kantor pusatnya terletak di New Jersey, Amerika Serikat. 

Pantone kini telah berkembang menjadi perusahaan yang menciptakan tren dalam pewarnaan. Sudah sejak lama pantone menjadi acuan para desainer untuk  menentukan warna karena mereka memiliki Pantone Matching System (PMS).

Sistem pewarnaan tersebut akan membantu mencari warna mulai dari memilih sampai reproduksi warna secara konsisten dan akurat. Ini membuat Pantone menjadi perusahaan yang dipercaya dalam hal pewarnaan.

Baca Juga: Kuning dan Abu-Abu Jadi Tren Warna 2021 Pilihan Pantone


Sebagai perusahaan yang menciptakan tren warna, Pantone juga setiap tahunnya memilih warna yang akan menjadi tren dan merepresentasikan tahun yang akan datang. 

Tahun 2020 warna yang dipilih Pantone adalah PANTONE 19-4052 Classic Blue. Tahun 2021 Pantone memilih PANTONE 17-5104 Ultimate Gray + PANTONE 13-0647 Illuminating. Untuk tahun 2022 Pantone memilih warna dengan nama kode PANTONE 17-3938 Very Peri.

Setiap warna yang dipilih Pantone di setiap tahunnya memiliki kisah dan artinya sendiri. Di tahun 2023 yang akan datang Pantone telah memilih satu warna dan telah mengumumkannya.

Baca Juga: Apa Sih, Pentingnya Color Branding?
 

Viva Magenta, Pantone Color of The Year 2023


Seperti yang dikutip dari TIME, Pantone Color of The Year 2023 merupakan warna yang tidak biasa untuk waktu yang tidak biasa. 

Tahun-tahun ini menjadi momen yang penuh dengan tantangan yang tidak terhitung jumlahnya, sehingga Pantone memilih warna untuk tahun 2023 merah berani yang menunjukan kekuatan dan vitalitas yang dibutuhkan untuk membangun masa depan yang lebih positif.

Warna yang dipilih Pantone untuk tahun 2023 adalah PANTONE 18-1750 Viva Magenta. Ini adalah warna merah tua yang memiliki nuansa elegan. Dikatakan bahwa warna ini seimbang antara tone hangat dan dingin.

Deskripsi dari Pantone, warna ini berasal dari alam dengan adanya sedikit rona atau hue yang dapat ditemukan baik di bentuk bola fisikal atau virtual.

Di tahun ke-23 pemilihan warna tahunan, Pantone mempertimbangkan gencarnya tantangan yang dihadapi orang-orang dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya pandemi dan bagaimana itu membentuk perspektif, nilai, dan sikap dalam menemukan warna untuk tahun 2023. 

“Kami memilih warna ini karena kami merasa ini adalah warna yang tidak biasa untuk waktu yang tidak biasa, sesuatu yang dapat memberi kami visi baru,” kata Leatrice Eiseman, Direktur Eksekutif Pantone Institut.

Baca Juga: Kenapa Ungu Bisa Jadi Warna Termahal? Ini Alasannya

Viva Magenta merepresentasikan kekuatan dengan cara yang asertif, bukan agresif. Eiseman juga mengatakan bahwa alam menjadi inspirasi utama memilih Viva Magenta, tepatnya pewarna cochineal yang berasal dari serangga dan telah digunakan sejak awal abad ke-19 untuk membuat warna merah yang kaya pada kain dan kertas.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.