Colors Illustration Web Bisnis Muda - Canva
Likes
Warna sangat penting dalam branding dan pemasaran karena di situ lah kesan pertama pelanggan didasarkan. Juga, warna adalah rahasia untuk menghasilkan identitas yang baik untuk sebuah perusahaan.
Warna lebih dari sekedar alat bantu visual, karena warna menyampaikan emosi, perasaan, dan pengalaman. Ada makna di balik berbagai warna, dan bagi perusahaan, akan sangat membantu jika mereka memilih skema warna yang tepat dan nantinya akan mempengaruhi bisnis mereka.
Kenapa warna itu penting?
Psikologi warna muncul bertahun-tahun yang lalu ketika orang Mesir mempelajari efek warna pada suasana hati dan menggunakannya untuk pengembangan holistik. Sebelumnya, merah melambangkan peningkatan sirkulasi, kuning untuk memurnikan tubuh, biru untuk menenangkan rasa sakit, ungu untuk masalah kulit, oranye digunakan untuk meningkatkan energi, dan hitam berarti kehidupan dan kelahiran kembali.
Dalam psikologi modern, Carl Jung, seorang psikiater Swiss, percaya bahwa warna dan manusia memiliki hubungan khusus. Menurut Jung, manusia memiliki respons tubuh universal terhadap stimulus warna. Dia juga menyatakan bahwa warna adalah bahasa ibu dari alam bawah sadar.
Studi tersebut lalu membuka jalan bagi munculnya warna yang dikaitkan dengan pemasaran, branding, dan desain arsitektur.
Secara keseluruhan, psikologi warna menunjukkan bahwa warna dapat mempengaruhi perilaku manusia, mempengaruhi persepsi manusia, dan meningkatkan efektivitas. Sebuah studi yang disebut "Impact of Color in Marketing" atau dampak dari warna terhadap pemasaran, menunjukkan bahwa 90 persen penilaian produk pelanggan didasarkan pada warna saja.
Studi lain berjudul “Exciting Red and Competent Blue” juga mengungkapkan bahwa niat beli pelanggan sangat dipengaruhi oleh warna brand karena warna berbicara untuk identitas dan kepribadian brand.
Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa otak manusia lebih menyukai brand yang dapat dikenali, yang membuat warna brand menjadi lebih penting.
Studi-studi ini membuktikan bahwa benar-benar ada hubungan yang signifikan antara warna brand dan reaksi pelanggan, oleh karena itu, pemilik bisnis, pengiklan, desainer, dan para pemimpin harus menyadari hal ini, karena memilih warna yang tepat dapat mengarah pada kesuksesan bisnis yang lebih besar.
Lalu, apa aja sih makna dari setiap warna?
Biru
Merah
Hijau
Kuning
Ungu
Pink
Oranye
Coklat
Hitam
Putih
Setiap warna memiliki makna yang setara di baliknya dan menyampaikan perasaan tertentu yang membuat semuanya menjadi lebih vital. Itulah mengapa ada baiknya jika pemilik bisnis mengetahui latar belakang brand miliknya sebelum memilih skema warna.
Bagaimana caranya menentukan warna yang tepat?
Kelayakan Warna
Sasaran Pasar
Konsistensi
Warna tidak boleh menjadi hal yang diremehkan dan disepelekan, karena penelitian telah membuktikan bahwa elemen ini memiliki hubungan dengan perilaku manusia lho, Be-emers. Dan dalam jangka panjang, warna ini akan mewakili perusahaan di tahun-tahun mendatang.
Jadi gimana Be-emers? Sudah terjawab kan, kenapa color branding itu penting dalam membangun bisnis?
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.