Cari Ladang Cuan? Ini Peluang dan Tips Bisnis Bioskop Mini

Bisnis Bioskop Mini. (Ilustrasi: Canva)

Bisnis Bioskop Mini. (Ilustrasi: Canva)

Like

Tidak semua kota di Indonesia memiliki bioskop. Masih banyak masyarakat yang tidak bisa menonton film di bioskop. Jadikan ini sebagai peluang bisnis dengan membawa bioskop lebih dekat dengan mereka. 

Di Indonesia bioskop baru tersedia di kota-kota besar saja. Meskipun antusiasme masyarakat terhadap bioskop cukup tinggi, di kota-kota kecil belum tersedia bioskop asli. 

Ini bisa dijadikan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Jika di kotamu belum tersedia bioskop, maka kamu bisa membawa bioskop ke kotamu sendiri.

Caranya adalah dengan bisnis bioskop mini. Apalagi untuk anak-anak mulai dari usia SD hingga SMA sangat tertarik dengan bioskop.

Dalam membuka bisnis bioskop mini kamu bisa membidik target pasar pelajar SD hingga SMA. Tentunya dengan film-film yang sesuai dengan umur mereka ya!
 

Tips Bisnis Bioskop Mini



Sebelum membuka bisnis bioskop mini, simak tips bisnis bioskop mini berikut!
 

1. Siapkan Peralatan


Bisnis bioskop mini ini membutuhkan peralatan yang cukup beragam. Mulai dari televisi, proyektor, speaker, CD player, dan sofa. Jika ingin jalan pintasnya mungkin bisa menggunakan home theater, namun kurang mirip dengan bioskop sungguhan.

Pada awalnya memang perlu mengeluarkan modal besar karena peralatan elektronik yang diperlukan memakan biaya yang lumayan. Namun, tidak perlu memakan banyak waktu untuk balik modal. 
 

2. Beli Film Resmi atau Langganan Platform Resmi


Membuka bioskop berarti harus siap dengan berbagai film yang ada dan cepat rilisnya. Salah satu risiko membuka bisnis ini adalah mendapatkan sumber film yang legal agar kualitas film juga baik.

Jangan membeli film bajakan untuk ditampilkan dalam bioskop mini. Cara mudahnya bisa berlangganan platform film resmi seperti Netflix. Namun, tidak semua film ada di platform tersebut dan saat ini banyak orang yang sudah bisa mengakses platform tersebut sendiri.
 

3. Buat Ruangan Kedap Suara


Agar lebih terasa suasana bioskop, siapkan ruangan yang kedap suara sehingga suara dari luar ruangan tidak masuk dan mengganggu aktivitas menonton. 

Ruangan yang kedap suara juga membuat suasana terasa seperti di bioskop sungguhan dan menjaga suara film tetap terdengar dengan jelas.
 

4. Siapkan Generator


Bisnis bioskop mini sangat tergantung dengan listrik karena menggunakan alat-alat elektronik yang membutuhkan daya atau watt besar. Keadaan tak terduga bisa saja terjadi, misalnya mati lampu.

Jika terjadi mati lampu, jalan keluar yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan generator listrik sebagai sumber daya. Jadi sebisa mungkin menyiapkan generator untuk kemungkinan terburuk. 

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.