Cara Jadi Agen Bank, Bisnis Tambahan yang Menjanjikan!

Agen Bank. (Foto: Bisnis.com)

Agen Bank. (Foto: Bisnis.com)

Like

Agen Bank adalah pihak yang bekerja sama dengan bank dalam menyediakan layanan keuangan kepada masyarakat. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuat program Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Laku Pandai) yang bisa jadi peluang usaha menjanjikan.

Laku Pandai dibentuk sebagai sarana penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (Agen Bank). Agen Bank membantu menyederhanakan transaksi keuangan dan menjangkau masyarakat yang belum terjangkau oleh bank.
 
Kehadiran bank saat ini sangat dibutuhkan dengan semakin berkembangnya teknologi. Bank pun terus berinovasi dengan menghadirkan fitur-fitur baru yang bertujuan untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi.
 

Syarat Jadi Agen Bank


Untuk menjadi Agen Bank ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi. Calon agen harus mempunyai sumber penghasilan utama.

Misalnya toko sembako atau yang lainnya. Wajib memiliki rekening bank tersebut, belum bekerja sama dengan bank lain, dan mengisi formulir di kantor cabang bank.
 
Proses pendaftaran biasanya butuh waktu cukup lama, karena biasanya yang memproses adalah bank pusat. Dan jika di setujui pun kita masih harus menunggu pengiriman mesin EDC dari bank pusat.


Tapi ada juga bank yang menerapkan aplikasi untuk agen yang baru dengan target tertentu, jika target dapat dicapai beberapa bulan berturut-turut barulah bank akan memberi mesin EDC.

Baca Juga: Di Tengah Krisis Global, Kok yang Kaya Makin Kaya?
 

Fasilitas Agen Bank


Mesin EDC yang agen peroleh sifatnya hanya meminjam dan kita diberi target, jika target tak tercapai dalam beberapa bulan berturut-turut maka mesin EDC agen akan di ambil kembali oleh bank.
 
Selain mesin EDC agen juga akan memperoleh fasilitas berupa spanduk atau banner sebagai bahan promosi agen.

Layanan yang bisa di lakukan di Agen Bank lumayan banyak, mulai dari layanan pembukaan rekening, setor tunai, tarik tunai, cek saldo, transfer antar rekening dan antar bank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa HP dan listrik, dan penyaluran program bantuan sosial pemerintah.
 
Usaha ini sangat menjanjikan, karena peluangnya sangat terbatas, di tambah lagi jika jarak antara kantor bank dengan agen cukup jauh.

Tarif layanan bisa kita sesuaikan dengan jauhnya jarak ke bank dan biaya setiap transaksinya. Kita juga bisa memberikan promo untuk menarik nasabah datang ke Agen kita.

Misalnya, cek saldo gratis untuk semua ATM Bank nasional, dan tarif yang seminimal mungkin kalau perlu lebih rendah dari pesaing kita.
 
Kenapa kita perlu menerapkan tarif lebih rendah, karena itu strategi untuk membuat orang berlangganan transaksi di agen kita, dan mungkin akan di referensikan ke orang lainnya.

Tarif yang umumnya di terapkan mininal Rp5.000 di luar biaya admin Bank. Misalnya untuk tarik tunai dan transfer antar Bank dengan nominal Rp500.000 ke bawah kita tetapkan tarif Rp5.000 tapi kalau lebih dari Rp500.000 bisa kita terapkan tarif lebih.
 
Jika 1 kali transaksi Rp5.000 dan dalam satu hari ada 10 transaksi, sudah Rp50.000 kita dapatkan satu hari.

Dalam satu bulan kita bisa mendapatkan penghasilan minimal Rp1,5 juta. Itu jika transaksi dengan nominal sedikit, jika lebih banyak tentu lebih banyak juga yang kita dapatkan.

Baca Juga: Apakah Dampak Positif Suku Bunga Bank Naik?
 
Usaha ini membuat kita punya kesempatan membantu masyarakat menengah ke bawah yang membutuhkan transaksi kecil. Karena di zaman seperti sekarang ini bantuan dari pemerintah pun melalui bank.

Masyarakat mulai diajarkan untuk bertransaksi non tunai, karena masyarakat Indonesia pada umumnya senang belanja apalagi jika bertemu diskon.
 
PUJIONO
Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.