Ini 5 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan Tahun 2023!

Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan 2023. (Ilustrasi: Canva)

Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan 2023. (Ilustrasi: Canva)

Like

Pergantian tahun di depan mata, selain menyiapkan resolusi tahun baru kayaknya kita juga perlu melakukan review termasuk pekerjaan kita. Kalau pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan tahun 2023 apa ya?

Tahun 2023 tinggal beberapa hari lagi, apa yang sudah kamu persiapkan untuk menyambutnya Be-Emers? Daripada perayaan sesaat, kamu bisa melakukan refleksi dan review apa saja yang sudah dilakukan tahun ini.

Dari situ kamu bisa menentukan apakah yang kamu lakukan sudah on track atau justru mau banting setir, nih? Kalau ragu, artinya kamu perlu banyak insight.

Apalagi soal pekerjaan ditambah keadaan ekonomi global yang terus diproyeksikan gelap di tahun depan. Keadaan ekonomi global juga sangat berpengaruh pada industri dan pekerjaan.

Meski banyak melakukan layoff, Biro Statistik Tenaga Kerja AS mencatat tingkat pengangguran keseluruhan mendekati akhir tahun 2022 adalah 3,7 persen. Untuk orang berusia 55 tahun ke atas, angkanya bahkan lebih rendah, hanya 2,5 persen.


Artinya pasar tenaga kerja masih terus terbuka dan high demand. Apalagi untuk profesi-profesi tertentu.

Baca Juga: Ini Profesi Anti-Resesi Tahun 2022!
 

Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di 2023


Dilansir dari website AARP, berikut adalah 5 teratas pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan di tahun 2023.
 

1. Perawat Berpengalaman/Praktisi


Perawat berpengalaman/praktisi mengalami peningkatan pekerjaan sebesar 45,7 persen dengan gaji rata-rata US$56,75. Perawat dapat melakukan banyak tugas yang dilakukan dokter, seperti membuat rencana perawatan untuk pasien, mengelola riwayat medis, dan supervisi perawat lainnya. 

Perbedaan besar adalah bahwa praktisi perawat tidak dapat meresepkan obat di sebagian besar negara bagian. Namun, karena praktisi perawat sangat fleksibel, permintaan akan mereka terus berkembang pesat. 
 

2. Data Scientist


Peningkatan pekerjaan data scientist sebesar 35,8 persen dengan gaji rata-rata per jam US$52,24. Data Scientist dibutuhkan hampir di semua sektor industri sehingga permintaan terhadapnya tinggi.

Data Scientist menganalisis angka dan informasi lainnya untuk mencari cara terbaik agar bisnis mereka menjadi lebih sukses. Jobdescnya termasuk mengidentifikasi jenis bisnis dan data pelanggan apa yang layak dikumpulkan, kemudian memverifikasi bahwa informasi tersebut akurat.
 

3. Information Security Analyst


Pekerjaan ini meningkat sebesar 34,7 persen dengan gaji rata-rata perjam US$54,46 dan tugasnya sudah pasti untuk mengamankan karena hacker selalu mencari cara untuk mendapatkan informasi kunci dari bisnis yang berjalan.

Information Security Analyst menjadi pengawas yang bekerja untuk mencegah terjadinya pelanggaran keamanan ini. Orang yang bekerja dalam bidang ini harus memiliki pengetahuan dan background IT.
 

4. Wasit dan Official Olahraga


Ternyata pekerjaan ini mengalami peningkatan sebesar 31,7 persen dengan gaji rata-rata per jam US$24,86. Setiap pertandingan olahraga pasti membutuhkan wasit dan orang-orang yang menyelenggarakannya.

Apalagi olahraga menjadi kegiatan favorit hampir di seluruh dunia. Wasit dan official menjadi kunci dari jalannya setiap pertandingan olahraga.

Baca Juga: Elon Musk Bukan Lagi Orang Terkaya Di Dunia, Kenapa?
 

5. Web Developer


Web Developer selama beberapa tahun memang tinggi permintaan. Pekerjaan ini meningkat sebesar 30,3 persen dengan gaji rata-rata per jam US$38,09. 

Web Developer memastikan suatu situs berfungsi dengan baik sambil memperbaruinya untuk menyertakan fungsi baru yang membuatnya lebih mudah digunakan.

Ada pekerjaanmu enggak nih, Be-Emers? Atau kamu mau switch ke salah satu pekerjaan ini?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.