Inilah Peluang Bisnis yang Paling Untung di Masa New Normal

sumber: freepik.com

sumber: freepik.com

Like

Sudah beberapa bulan berlalu semenjak Indonesia dilanda pandemi virus covid-19. Setelah dirasakan cukup melakukan PSBB, kini masyarakat Indonesia mulai memasuki tahap new normal.

Menghadapi fase new normal, tentu kita juga harus menyesuaikan dengan keadaan yang akan datang, salah satunya dalam mencari peluang bisnis di masa new normal.

Di masa new normal, mungkin banyak di antara kalian yang sedang berbisnis kecil-kecilan mulai pesimis dengan penjualan produk. Melihat di masa pandemi ini toko offline memang masih belum bisa berjalan dengan baik.

Jika melihat lebih luas, para pebisnis tetap bisa mendapatkan keuntungan lebih lho, salah satunya dengan menjualkan produknya secara online lewat e-commerce. 

Dikutip dari Bisnis.com, peluang bisnis yang akan paling meraup keuntungan besar di masa new normal ini adalah sektor UMKM dan startup.


Presiden Komisaris SEA Group, Induk Perusahaan dari Shopee, Pandu P. Sjahrir mengatakan bahwa sekarang ini sangat besar peluangnya bagi startup dan UMKM karena adanya perubahan besar daya beli orang dari offline ke online. 

UMKM harus mulai serius memanfaatkan kesempatan ini dengan mulai mempelajari dan beradaptasi dengan sistem penjualan online.

Bagi kamu yang memiliki usaha sekali habis seperti makanan, bisnis menjual makanan lewat online sekarang ini peluangnya sangat besar. 

Misalnya, mungkin kamu bisa membuat masakan melalui cloud kitchen atau dapur kolektif tanpa harus memiliki restoran pribadi. 

Untuk penjualan produk, bisa bekerja sama dengan jasa antar makanan atau lewat e-commerce untuk mengiklankan produk makananmu.

“Paling simpel adalah beberapa kondisi seperti UMKM yang sekarang harus mulai menjual barangnya melalui e-commerce, pelajar harus mulai terbiasa belajar secara online, kemudian restoran yang sekarang mungkin harus mulai fokus ke urusan food delivery, sehingga harus menggunakan dapur utama atau central kitchen. Semua ini adalah peluang yang harus bisa ditangkap oleh pebisnis,” ujar Pandu.


Melalui perubahan pola hidup di masa new normal ini, pemanfaatan teknologi memang menjadi suatu keharusan untuk dapat mempertahankan bisnis kamu. Melalui pengembangan secara online, usahamu dengan sendirinya pasti akan berkembang lebih baik ke depannya.