Ini Negara yang Paling Banyak Investasinya di Indonesia!

Ini Negara yang Paling Banyak Investasinya di Indonesia! (Instagram Bisnis Muda)

Ini Negara yang Paling Banyak Investasinya di Indonesia! (Instagram Bisnis Muda)

Like

Banyak negara yang menanamkan modal atau berinvestasi di Indonesia. Daftar negara-negara yang paling banyak berinvestasi di Indonesia dijabarkan oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sumber daya, mulai dari sumber daya alam hingga sumber daya manusia. Sumber daya yang dimiliki ini menjadi salah satu penarik investor untuk datang.

Ada banyak sektor yang bisa dijadikan investasi oleh negara-negara lain di Indonesia, misalnya pembangunan pabrik di Indonesia dan menggunakan tenaga kerja Indonesia. 

Selama ini Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki hubungan baik dengan negara-negara lain, khususnya negara Asia, karena memiliki ikatan investasi.

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkap daftar 10 negara dengan realisasi investasi terbesar di Indonesia sepanjang Januari hingga September 2022.
 

Negara Paling Banyak Investasi di Indonesia



Mengutip dari Bisnis.com, dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Selasa (17/1/2023), Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia menyatakan negara-negara yang banyak melakukan investasi di Indonesia.
 

1. Singapura


Menteri Bahlil mengatakan bahwa tren realisasi investasi Singapura terus menanjak. Dibandingkan dengan tahun 2021, nilai investasi dari Singapura hingga September lalu meningkat 12,27 persen secara tahunan atau dari sebelumnya senilai US$9.390,1 juta.
 

2. China


Posisi kedua ditempati oleh China yang mencatatkan nilai investasi sebesar US$5.186,9 juta pada Januari hingga September 2022. Realisasi ini melesat 64 persen year on year (yoy) atau dari US$3.160,4 pada 2021.
 

3. Hongkong


Di peringkat ketiga ada Hong Kong yang mencatatkan realisasi investasi senilai US$ 3.914,8 juta sepanjang Januari hingga September 2022. 

Dibandingkan tahun 2021 yang bernilai US$4.609,30 juta, realisasi ini melemah 15 persen.
 

4. Jepang


Jepang ada di posisi keempat dengan nilai investasi Januari hingga September 2022 mencapai US2.769,60 juta.

Di tahun 2021 nilai investasinya mencapai US$2.263,20 juta. Nilai ini mencatatkan kenaikan sebesar 22 persen.
 

5. Malaysia


Negara yang menempati urutan lima adalah Malaysia dengan nilai Investasi Januari hingga September 2022 mencapai US$2.218,30 juta.

Sedangkan nilai investasi tahun 2021 sebesar US$1.364,30 juta. Nilai ini menunjukan kenaikan sebesar 63 persen secara year on year (yoy).

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!


 

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda