Cuan Bagi TikTokers dari Fenomena TikTok Shop! Apa Tuh?

TikTok Shop (Ilustrasi: Freepik)

TikTok Shop (Ilustrasi: Freepik)

Like

Di era saat ini marketplace menjadi sebuah pengubung antara pembeli dan penjual. Banyak masyarakat yang sudah memakai marketplace untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan di kehidupan sehari-hari. 

Banyak sekali marketplace yang kita kenal diantaranya Shopee, TikTok, Lazada, Zalora dan lain-lain.

Berbelanja melalui marketplace seperti diatas menjadi semakin marak, salah satunya TikTok yang merupakan platform media sosial yang populer di Indonesia.

Saat ini TikTok bukan hanya menjadi platform berbagi video pendek namun juga bisa menjadi platform untuk mencari penghasilan bagi user dengan fitur TikTok Shop.

Beberapa waktu terakhir kita dihebohkan dengan fenomena TikTok Shop. Harga jual yang sangat bersaing dan relatif terjangkau menjadi daya tarik lebih.


Kerennya lagi, Be-emers bisa memanfaatkan voucher diskon yang ada pada TikTok Shop, lho!

Selain dari hal diatas, TikTok Shop pun memiliki pembawaan entertainment yang disuguhkan dari setiap brand atau kreator pada saat mempromosikan produknya.

Baca Juga: 5 Tipe Konten Tiktok yang Bisa Kamu Coba Tahun 2023!

TikTok Shop ini menjadi salah satu upaya menarik minat pembeli serta memudahkan para pengguna TikTok untuk dapat berjualan maupun membeli kebutuhan sehari–hari.

TikTok saat ini dikenal sebagai aplikasi dengan banyak pengguna dari seluruh dunia, aplikasi ini juga memiliki peluang penjualan yang tinggi. Oleh karena itu, memanfaatkan fitur yang ada dalam TikTok untuk membuka toko online di TikTok Shop, tentu memiliki potensi penjualan yang relatif tinggi.

Cara Baru untuk Menawarkan Produk


Di TikTok Shop penjual atau kreatir dapat menawarkan berbagai produk dan merek yang dapat dipilih oleh pembeli. Mulai dari kosmetik, skincare, fashion, peralatan dapur, peralatan mandi, hingga peralatan olahraga.

Bukan hanya itu saja Be-emers, pembeli juga bisa mendapatkan promo serta hadiah menarik yang ditawarkan oleh masing-masing brand kreator yang ada di TikTok Shop.

Para penjual atau kreator di TikTok biasanya akan menawarkan produk yang mereka jual melalui konten video dan live streaming.

Konten-konten tersebut bisa berisikan informasi mengenai review produk atau lokasi terbaru, cara penggunaan produk, rekomendasi produk yang sesuai dengan kebutuhan pembeli, manfaat produk dan lain-lain untuk meningkatkan brand awareness.
 

Meningkatkan Brand Awareness


Untuk meningkatkan brand awareness TikTok juga menyediakan fitur TikTok Ads Manager agar dapat menjangkau target audiens dan mendapatkan hasil penjualan yang cukup cepat.

Sebagai contoh, Dope And Adapt yang merupakan salah satu brand fashion melihat semakin meningkatnya permintaan fashion dan daily wear, sehingga mereka mulai memperluas bisnisnya melalui akun TikTok Shop resminya @dopeandadapt.
 

Konten Produk Hingga Konten Edukasi


Melalui berbagai konten menarik, Dope And Adapt dapat memasarkan produknya sebagai kemeja yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari ataupun kegiatan formal.

Namun, tidak hanya tentang penjualan produk, Dope And Adapt juga memberikan edukasi seputar fashion dan lifestyle seperti rekomendasi outfit untuk kerja ataupun rekomendasi tempat untuk hangout serta baju yang sesuai untuk digunakan di acara tertentu.
 

Program Afiliator


TikTok pun menghadirkan program afiliator, dengan program tersebut penjual atau brand menawarkan tiga cara berbelanja kepada pembeli yakni melalui beranda seller, live streaming, dan dari tautan yang disediakan oleh Afiliator.

Melalui program affiliate, brand juga berbagi keuntungan sebesar 10 persen per produknya kepada konten kreator yang ingin bekerjasama.

Ingin coba juga jualan di TikTok Shop, Be-Emers?

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.