Stellar Power Accelerator 2023 powered by L’Oréal Paris: Menciptakan Tujuan dan Mendorong Perubahan bersama Pengusaha Perempuan Indonesia

Foto : Stellar Power Accelerator 2023 powered by L’Oréal Paris

Foto : Stellar Power Accelerator 2023 powered by L’Oréal Paris

Like

Jakarta, 29 Januari 2023 –  Pengusaha perempuan terbukti lebih inovatif dan bisa diandalkan walaupun dalam kondisi yang tidak mendukung sekalipun. Temuan Women’s Entrepreneurship Report (2022) menyatakan bahwa 1 dari 3 pebisnis berpotensi tinggi adalah perempuan. Data lain pun menunjukan kalau pengusaha perempuan memiliki Return on Investment (ROI) yang lebih tinggi. Ini menggambarkan bahwa pengusaha perempuan memperoleh uang lebih banyak dan bisa mengembangkan bisnis mereka dengan lebih cepat. Namun, sarana penunjang pengembangan diri dan akses pendanaan pengusaha perempuan saat ini masih belum memadai.

Oleh sebab itu, Stellar Women berkolaborasi bersama L’Oréal Paris menghadirkan kembali program Stellar Power Accelerator untuk membuka pintu kesempatan pengusaha perempuan untuk mengembangkan diri dan bisnis. Program Stellar Power Accelerator pertama kali dicetuskan oleh Stellar Women pada 2021; kemudian, dilaksanakan kembali untuk gelombang kedua pada 2022. Dengan menggandeng L’Oréal Paris sebagai kolaborator, Stellar Women akan melangsungkan Stellar Power Accelerator–The Fast Track to Build Business with Purpose pada 29 Januari hingga 25 Maret 2023.
 

Foto : Stellar Power Accelerator 2023 powered by L’Oréal Paris

Foto : Stellar Power Accelerator 2023 powered by L’Oréal Paris


Sebagai pembuka Stellar Power Accelerator 2023 powered by L’Oréal Paris, telah dilaksanakan Kick Off pada hari Minggu, 29 Januari 2023. Selain memperkenalkan Stellar Power Accelerator 2023 powered by L’Oréal Paris, Kick Off ini juga mengundang beberapa figur perempuan ternama seperti Najwa Shihab (Founder Narasi), Franka Makarim (CEO Tulola Jewelry), Samira Shihab (CEO Tinkerlust & Co-Founder Stellar Women) dan Melanie Masriel (Chief of Corporate Affairs, Engagement & Sustainability L'Oréal Indonesia) untuk berdiskusi dalam talk show dengan tema “The Power of Powerful Business”. Dimoderatori oleh Aliya Amitra (Co-Founder Stellar Women) dan dihadiri oleh 100 pengusaha perempuan lainnya, talk show ini membahas pentingnya mengamplifikasi purpose dalam proses pengembangan bisnis perempuan.

Hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan oleh L'Oréal Paris. Melanie Masriel selaku Chief of Corporate Affairs, Engagement & Sustainability L'Oréal Indonesia menyampaikan,

“Sebagai brand kecantikan nomor 1 di dunia, L'Oréal Paris memiliki misi dalam pemberdayaan perempuan. Kami mendorong perempuan untuk lebih berani mengekspresikan diri dalam menyuarakan pendapat dan kesetaraan gender di strata sosial masyarakat melalui nilai-nilai inovasi produk kecantikan. Oleh karena itu, sebagai komitmen L'Oréal Paris dalam memberdayakan perempuan di Indonesia, kami bekerja sama dengan Stellar Women untuk membuat program Stellar Power Accelerator 2023. Harapan kami adalah dapat meningkatkan kemampuan personal dan profesional pengusaha perempuan dan menciptakan pengusaha-pengusaha perempuan lainnya yang bisa kita semua banggakan”.


Najwa Shihab selaku founder Narasi turut hadir menjadi salah satu narasumber untuk Kick Off Stellar Power Accelerator 2023 powered by L’Oréal Paris. Dia menuturkan bahwa,

“Program Stellar Power Accelerator adalah usaha para perempuan untuk mendukung perempuan-perempuan lainnya agar bisa sukses dalam berbisnis. Program pembelajaran khususnya yang membahas mengenai bisnis perempuan masih terbilang sedikit, padahal memiliki dampak yang luar biasa bagi pebisnis perempuan. Tidak hanya sebagai ruang belajar, program ini juga memberikan support system yang dibutuhkan oleh pebisnis perempuan untuk saling menyemangati dan mendukung satu sama lain. Saya berharap program seperti ini bisa direplikasi ke depannya agar semakin terbuka kesempatan belajar untuk perempuan khususnya dalam berbisnis.”

Stellar Women meyakini kalau setiap perempuan yang tengah menggeluti dunia bisnis pasti memiliki tujuan yang harus diamplifikasi serta butuh didorong keberlanjutannya. Program ini bertujuan untuk menginspirasi lebih banyak perempuan untuk meyakini bahwa mereka dapat memiliki bisnis yang bermanfaat. Para pemimpin perusahaan perempuan dari lintas sektor akan berpartisipasi di program ini seperti Stefani Tan (Founder & CEO Jolie Clothing), Teresa Wibowo (CEO and Founder of ruparupa.com), dan Khush Topandasani (Associate Director at Vertex Ventures Southeast).

Samira Shihab, selaku CoFounder dari Stellar Women menyampaikan,

“Selama beberapa tahun membangun Stellar Women, kami selalu takjub ketika menyaksikan bagaimana support system dapat mengembangkan potensi perempuan dalam kewirausahaan. Tidak sedikit  perempuan yang merasa kesepian dalam meniti perjalanan sebagai entrepreneur. Oleh karena itu, penting sekali ada dukungan-dukungan dalam  bentuk edukasi, belajar dari sesama entrepreneur dan komunitas yang suportif untuk mendorong pertumbuhan mereka menjadi pemimpin masa depan. Stellar Power Accelerator bertujuan untuk mengurangi kesenjangan pengetahuan antarpengusaha perempuan dan menghubungkan mereka agar dapat saling dukung melalui rangkaian diskusi yang bermakna dan mentorship. Kami bercita-cita untuk membangun lingkungan di mana perempuan termotivasi untuk mengaktualisasikan diri dan mencapai tujuan mereka.” 

Stellar Power Accelerator 2023 powered by L’Oréal Paris akan diawali dengan pembukaan registrasi pada 16 Januari sampai dengan 10 Februari 2023. Dalam program ini, pengusaha perempuan dapat mengikuti beberapa rangkaian acara yang terdiri dari mengikuti rangkaian acara yang terdiri dari kelas daring, workshop offline, mentorship, dan demo day. Rangkaian kelas akan berjalan selama enam minggu di mana peserta dapat memperluas pengetahuannya mengenai pengembangan bisnis. Para peserta berkesempatan untuk berjejaring dengan orang-orang yang menggeluti dunia usaha dari lintas sektor. Para pembicara di rangkaian kelas adalah pengusaha perempuan. Rangkaian kelas akan dilaksanakan secara daring (online) dan luring (offline); kelas luring diadakan di Jakarta.

Program ini juga menyediakan ruang bagi para pengusaha perempuan untuk berkenalan dan belajar dari satu sama lain melalui peer-mentorship. Mentorship dapat diikuti oleh 100 peserta terpilih. Terakhir, demo day merupakan hari di mana para 10 pengusaha perempuan terpilih dapat berkompetisi untuk perkembangan bisnisnya. Bisnis para peserta akan dikurasi dan kemudian dipilih yang terbaik untuk mendapatkan uang tunai dan manfaat lain senilai Rp 45.000.000.

Melalui Stellar Power Accelerator 2023 powered by L’Oréal Paris, para pengusaha perempuan akan mendapatkan pembelajaran untuk mengembangkan bisnis serta mendorong kepercayaan diri. Sejalan dengan misi L’Oréal Paris dengan pesan “Because You’re Worth It”  yang telah diusung selama  lebih dari 50 tahun. Tidak hanya sekadar pesan, L’Oréal Paris telah menunjukkan aksi nyatanya dengan berkolaborasi dengan Stellar Women untuk memberikan akses kepada pengusaha perempuan melalui program Stellar Power Accelerator.

Stellar Women dan L’Oréal Paris memberikan para peserta kesempatan untuk bertemu dan berjejaring dengan sesama pengusaha. Para peserta yang merupakan pengusaha perempuan juga bisa ikut berkompetisi untuk memenangkan uang tunai untuk mengakselerasi bisnis mereka. Sesuai dengan semangat Stellar Women yang berkomitmen penuh untuk memfasilitasi pengusaha perempuan Indonesia agar lebih maju dan yakin kepada diri mereka atas kerja keras membangun bisnis yang bermanfaat bagi diri mereka dan masyarakat.

Bagi pembaca yang tertarik untuk mendaftarkan diri menjadi peserta, bisa mengecek informasi selengkapnya di https://www.stellarw.com/power-accelerator.