Isi Weekend dengan Wisata Jalan Kaki Sambil Belajar Sejarah, Seru!

Ilustrasi Wisata Jalan Kaki (Sumber gambar: Canva)

Ilustrasi Wisata Jalan Kaki (Sumber gambar: Canva)

Like

Pernah dengar peribahasa "lubuk akal tepian ilmu" yang berarti seseorang yang dikenal memiliki banyak ilmu pengetahuan? Nah, arti dari peribahasa tersebut cocok dengan topik yang akan dibahas kali ini! 

Belajar tidak mengenal tempat, waktu, dan usia. Belajar bisa dari mana saja, kapan saja, dan buat siapa saja. Saat ini mulai bermunculan wisata jalan kaki atau dikenal dengan 'Walking Tour' yang menawarkan paket rute di kota yang memiliki sejarah seperti Bogor, Depok dan lainnya. 
 

Ilustrasi Bogor Tempo Doeloe

Ilustrasi Bogor Tempo Doeloe


Salah satu rute walking tour yang bisa dipilih yakni rute Buitenzorg en Omstreken dengan durasi kurang lebih 2 sampai 3 jam. Para peserta tur akan diajak mengunjungi tiga gereja bersejarah, hotel-hotel legendaris, dan menilik sejarah perkeretaapian di Kota Bogor. 

Uniknya dari walking tour ini adalah peserta seakan-akan dibawa ke masa lampau dengan mendengar penjelasan dari tour guide dan juga beberapa foto dokumentasi kota Bogor tempo dulu. 
 

Tips Mengikuti Walking Tour


Nah, buat yang penasaran dan ingin ikutan berwisata jalan kaki, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan ketika mengikuti wisata walking tour. 
 

1. Update Informasi Melalui Akun Media Sosial 



Biasanya penyedia jasa walking tour akan membuka kuota peserta melalui akun media sosial mereka. Maka dari itu, catat waktu pendaftarannya, ya! 

Baca Juga: 5 Negara Wisatawan yang Paling Banyak Dikunjungi
 

2. Siapkan Kondisi Tubuh yang Fit 


Dikarenakan selama tur peserta akan diajak berjalan kaki menyusuri rute yang sudah disediakan maka pastikan kondisi tubuh harus fit. Jangan lupa juga untuk mengenakan pakaian yang nyaman.  
 

3. Sediakan Uang Kecil atau Receh 


Biasanya dalam satu rute, peserta akan diajak mengunjungi ke salah satu spot kuliner legendaris atau pasar tradisional untuk mencicipi makanan khas dari kota tersebut. Nah, uang kecil bisa dipakai untuk memudahkan transaksi penjualan. 
 

4. Pakai Alas Kaki yang Nyaman


Alas kaki yang nyaman bisa menghindari kaki terluka atau lecet ketika berjalan. Lebih disarankan menggunakan sepatu olahraga agar wisata walking tour bisa berjalan dengan nyaman. 
 

5. Bawa Payung atau Jas Hujan  


Payung atau jas hujan pasti dibutuhkan ketika berada di Kota Bogor. Bukan karena Kota Bogor memiliki sebutan kota hujan tetapi payung juga bisa melindungi tubuh ketika matahari sedang bersinar terik. 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika akan mengikuti wisata walking tour. Jangan lupa untuk tetap mengikuti tata tertib selama berwisata agar aman, nyaman, dan berkesan. 

Sampai jumpa di artikel berikutnya, ya! Salam dari Bogor! 

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.