Ini Daftar Forbes 50 Over 50: Asia 2023, Ada Menkeu Sri Mulyani!

Forbes 50 Over 50 Asia 2023. (Foto: Sillo Maritime, Bisnis.com, Flickr)

Forbes 50 Over 50 Asia 2023. (Foto: Sillo Maritime, Bisnis.com, Flickr)

Like

Di pertengahan Januari 2023, majalah finansial global Forbes mengeluarkan daftar 50 orang di atas usia 50 tahun yang menginspirasi. Menariknya, di antara daftar tersebut ada Menkeu Indonesia Sri Mulyani.

Forbes merilis laporan ini pada 11 Januari 2023 lalu yang ditujukan untuk memperkenalkan 50 wanita hebat dengan capaian tertinggi dalam industrinya masing-masing. 

Sosok yang masuk dalam daftar ini bekerja di bidang teknologi, farmasi, seni, politik, dan lainnya. Dalam laporan Forbes juga disebutkan bahwa daftar tersebut juga untuk membuktikan bahwa kesuksesan datang pada usia dan gender apapun. 

Dalam laporan ini, tak ada urutan pasti pada deretan individu. Salah satu wanita yang masuk dalam daftar ini adalah Sri Mulyani. Hal ini tentu menambah kekaguman masyarakat pada sosoknya.

Sri Mulyani tidak sendiri, ada dua perempuan Indonesia lainnya yang juga masuk dalam daftar. Herjati, Presiden Direktur Sillo Maritime Perdana dan Noni Purnomo, President Commissioner, Blue Bird adalah dua orang lainnya.


Baca Juga: Daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes

Sri Mulyani masuk dalam daftar Forbes tersebut karena pencapaiannya di masa jabatan pertama pada periode 2005-2010. Kala itu, devisa Indonesia mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar US$50 miliar, mengurangi utang publik hingga 30 persen dari PDB.

Dari tahun 2010-2016, Sri Mulyani menjadi direktur pelaksana dan COO di Bank Dunia. Pada tahun 2018, Indrawati dianugerahi 'Menteri Terbaik di Dunia' pada World Government Summit di Dubai.
 

Daftar Forbes 50 Over 50: Asia 2023


Berikut adalah daftar orang Indonesia yang masuk dalam Forbes 50 Over 50: Asia 2023.
 

1. Herjati


Saat ini usianya 56 tahun dan menjabat sebagai Presiden Direktur Sillo Maritime Perdana. Dalam lima tahun sejak dia mengambil alih perusahaan pelayaran yang berbasis di Jakarta, Herjati telah menggandakan penjualan Sillo Maritime lebih dari dua kali lipat, dengan penjualan mencapai US$101 juta pada akhir tahun 2021. 

Herjati bergabung dengan Sillo Maritime sebagai direktur keuangan pada tahun 2002, membantu mengarahkan perusahaan tersebut mencatatkan saham senilai 70 miliar rupiah di bursa efek Indonesia pada tahun 2016. 

Dia memimpin sebagai presiden direktur setahun kemudian. Dia adalah satu-satunya wanita di antara lima orang dewan Sillo Maritime.
 

2. Sri Mulyani


Namanya sudah tersohor di Indonesia sebagai Menteri Keuangan di usianya yang saat ini menginjak 60 tahun. Ia dikenal secara internasional karena mempromosikan keragaman gender dan anti korupsi. 

Baca Juga: 10 Perusahaan Terbaik Dunia Versi Forbes, Mau Kerja Di Sini?

Selama masa jabatan pertamanya (2005-2010), dia membantu mengurangi utang publik hingga 30 persen dari PDB dan mengawasi reformasi untuk menjaga pertumbuhan Indonesia tetap pada jalurnya setelah krisis keuangan tahun 2008. 
 

3. Noni Purnomo


Wanita berusia 53 tahun ini menjabat sebagai Presiden Komisaris Blue Bird. Noni Purnomo adalah pemimpin generasi ketiga dari perusahaan taksi Indonesia Blue Bird Group, yang didirikan oleh neneknya pada tahun 1965. 

Ia menjadi presiden komisaris pada tahun 2021. Saat pandemi melanda, dia dengan cekatan mengarahkan perusahaan melalui krisis, meluncurkan BirdKirim—sebuah perusahaan jasa pengiriman—serta platform pembayaran digital pada tahun 2020. 

Noni Purnomo menerima Penghargaan Prinsip Pemberdayaan Perempuan Asia-Pasifik (WEP) PBB pada tahun 2020 dan IDC Futures Enterprise Award sebagai CEO dari Tahun di 2021.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.