4 Lembaga Penting yang Awasi Investasi Pasar Modal Indonesia!

Lembaga Penjaga Pasar Modal Indonesia (Sumber Gambar: Pinterest)

Lembaga Penjaga Pasar Modal Indonesia (Sumber Gambar: Pinterest)

Like

Investasi di pasar modal semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Di balik kegiatan investasi ini, terdapat empat lembaga penting yang menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan investasi di pasar modal, yaitu OJK, BEI, KSEI, dan KPEI. Yuk, kenalan dengan mereka!

Be-emers yang investasi di pasar modal mungkin sudah familiar dengan lembaga-lembaga ini. Tapi apakah sudah paham betul keempat lembaga yang menjaga keamanan dan kelancara kegiatan investasi pasar modal di Indonesia?
 

Lembaga Penting Mengatur Investasi Indonesia


Lembaga apa saja yang berperan penting dalam mengawasi kegiatan investasi pasar modal di Indonesia?
 

1. OJK atau Otoritas Jasa Keuangan


Merupakan lembaga pemerintah yang bertugas mengawasi dan mengatur lembaga keuangan di Indonesia. Mereka menjamin keamanan serta kredibilitas lembaga keuangan sehingga masyarakat dapat bertransaksi dengan nyaman.

Apapun transaksi keuangan yang kita lakukan, pasti ada peran OJK di dalamnya. Jadi jangan khawatir, kantongmu akan tetap aman dengan adanya OJK.
 

2. BEI atau Bursa Efek Indonesia



Merupakan tempat investasi yang populer di Indonesia. Mereka menjadi pasar tempat transaksi jual beli saham dan efek lainnya. Saat kita membeli saham di BEI, artinya kita telah menjadi pemilik sebagian kecil dari perusahaan yang sahamnya kita beli.

Baca Juga: Saham Lengser dari Bursa Efek, Apa yang Menyebabkan Delisting?

Nah, kalau kebetulan perusahaan tersebut terus berkembang dan menghasilkan laba, kita akan mendapatkan bagian keuntungan dari perusahaan tersebut.
 

3. KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia


Adalah lembaga yang berperan sebagai penjaga keamanan dokumen efek, seperti saham dan obligasi. Mereka bertugas mencatat dan memproses transaksi keamanan dokumen efek agar transaksi tersebut berjalan lancar dan aman. Dengan KSEI, kita tidak perlu khawatir kehilangan dokumen efek yang kita miliki.
 

4. KPEI atau Kliring Penjaminan Efek Indonesia


Bertugas memproses transaksi jual beli saham di pasar modal Indonesia. Mereka menjamin bahwa transaksi jual beli saham di pasar modal berjalan sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku. Dalam transaksi jual beli saham, KPEI sangat diperlukan agar setiap transaksi dapat berjalan dengan lancar.

Jadi, dengan keempat lembaga ini, kita tidak perlu khawatir dalam berinvestasi di pasar modal. Mulai dari mengawasi lembaga keuangan, menyediakan pasar saham, menjaga dokumen efek dan proses transaksi jual beli saham, semuanya diatur dengan baik oleh OJK, BEI, KSEI, dan KPEI.

Dengan begitu, kita dapat memulai investasi dengan tenang dan nyaman. Jadi, tunggu apalagi? Ayo, mulai berinvestasi dan rasakan manfaatnya!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.