Mau Pensiun Tenang? Setidaknya Siapkan US$3 Juta, Kata Investor

Rencana pensiun (Ilustrasi: Canva)

Rencana pensiun (Ilustrasi: Canva)

Like

Pensiun dengan tenang dan nyaman menjadi idaman bagi setiap orang. Jika ingin pensiun dengan tenang dan nyaman ada banyak hal yang harus disiapkan, salah satunya adalah finansial. Kata investor, orang-orang harus menyiapkan sejumlah ini untuk pensiun.

Di Indonesia, idealnya usia pensiun 60 hingga 65 tahun. Bahkan untuk pekerjaan tertentu seperti aparatur sipil negara usia pensiun bisa dimulai dari usia 55 tahun. Ketika memasuki umur tersebut artinya seseorang keluar dari usia produktifnya.

Keluar dari usia produktif artinya kesempatan untuk bekerja secara formal semakin menipis, sehingga pemasukan berkurang drastis. Maka dari itu, sebelum pensiun harus ada persiapan finansial secara matang. 

Tidak hanya di Indonesia, di negara-negara lain juga melihat pensiun dengan konsep yang sama. Begitu juga Amerika Serikat yang dinilai lebih fleksibel soal pensiun. Di negara itu orang lanjut usia masih memiliki kesempatan bekerja. 

Kekhawatiran akan masa pensiun yang masih belum jelas membuat banyak orang sudah mulai mempersiapkan sedari dini dengan pengaturan keuangan yang sedemikian rupa.


Baca Juga: BGTC 2022: “Happy” Sampai Tua dengan Menabung Sesuai Porsi

Berangkat dari kekhawatiran ini, media asal Amerika Serikat Bloomberg melakukan survei untuk melihat bagaimana pandangan orang-orang soal pensiun dengan tenang dan nyaman dan berapa kira-kira biaya yang harus dipersiapkan.

Survei tersebut ada dalam kanal rutin MLIV Pulse survey. Bisa dibilang survei ini bersifat global karena Bloomberg mengambil data dari 553 investor di seluruh dunia.
 

Survei Bloomberg Soal Pensiun


Mengutip dari Bloomberg langsung, survei berangkat dari salah satu pertanyaan keuangan yang paling sulit: berapa banyak yang cukup untuk pensiun dengan nyaman?

Sebagian besar responden optimis mereka akan bergerak lebih dekat ke tujuan pensiun mereka dengan mengakhiri tahun 2023 dengan lebih banyak tabungan pensiun daripada pada akhir tahun 2022. 

Jawaban responden atas pertanyaan besar yang mendasari survei tersebut adalah antara US$3 juta dan US$5 juta. Menurut 553 investor di seluruh dunia yang membagikan pandangannya, sekitar sepertiga investor mematoknya pada US$3 juta, dan kira-kira sepertiga lainnya pada US$5 juta.

Responden tidak begitu yakin apakah mereka pada akhirnya memiliki cukup tabungan untuk mempertahankan gaya hidup mereka di masa pensiun. Kurang dari setengah investor menempatkan peluang itu pada 100 persen.

Baca Juga: Dana Pensiun, Bekal di Masa Tua Nanti

Jadi, intinya kalau kamu mau pensiun dengan tenang kau harus menyiapkan uang setidaknya US$3 juta atau sekitar Rp45 miliar, Be-emers!

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.