Dana Pensiun, Bekal di Masa Tua Nanti

Bahagia di masa tua dengan miliki dana pensiun (Sumber gambar:freepik)

Bahagia di masa tua dengan miliki dana pensiun (Sumber gambar:freepik)


Seseorang tak selamanya muda. Selalu akan terus tumbuh hingga masanya akan menjadi tua. Pastinya, seseorang akan memiliki persiapan dalam menghadapi bekal untuk di masa tua nanti.

Seseorang akan mengalami masa pensiun ketika tua nanti. Oleh karenanya, perlu mempersiapkan diri secara finansial melalui dana pensiun agar tidak membebani sanak keluarga dan anak cucu di masa nanti.

Baca Juga: Menyiapkan Dana Darurat dan Pensiun Sejak Muda, Gimana Caranya? Yuk, Simak Tips dari Dinda NM
 

Mengenal Dana Pensiun

Apakah itu dana pensiun? Dana pensiun merupakan dana atau tabugan yang telah disimpan seseorang selama masa produktifnya yang akan dipergunakan di hari tua atau setelah pensiun.

Dana pensiun perlu dibuat agar seseorang mampu secara mandiri dalam segi finansial di masa tua nanti. Pada dasarnya mengumpulkan dana pensiun dapat dilakukan secara mandiri atau melalui perusahaan atau lembaga yang terlibat di dalamnya.

Dalam proses pengumpulannya, dana pensiun dilakukan jauh sebelum masa hari tua tiba. Saat seseorang masih produktif atau bekerja, secara otomatis perusahaan atau lembaga akan memotong gajinya untuk pembayaran iuran dana pensiun.


Iuran wajib tersebut nantinya jika terkumpul akan dikembalikan lagi kepada pegawai yang pensiun sebagai wujud dana pensiun di masa tua. Adapun, adanya dana pensiun dari perusahaan tergantung dari kebijakan lembaga masing-masing.

Hal ini dilakukan karena masa tua adalah masa yang paling krusial dalam kebutuhan keuangan. Bahkan, masa tua atau lansia akan mudah terserang penyakit kritis dengan biaya berobat semakin mahal.

Lansia akan menjadi rentan, sehingga hal itu membuat lansia menjadi orang yang "terlantar" apalagi dengan kondisi keluarga yang tidak mau menerimanya kembali. Kebutuhan hidup pada lansia bisa mengalami peningkatan apabila pada saat usia angka harapan hidup yang batasnya sampai 35 tahun masih tidak mampu lagi mencukupi kebutuhannya.
 

Cara Menyiapkan Dana Pensiun

Langkah yang harus ditempuh dalam mempersiapkan dana pensiun dengan berbagai cara, yaitu:
  1. Ketika masih muda dan produktif, seharusnya melakukan perhitungan dan mencari tahu kebutuhan apa saja yang akan diperlukan untuk di masa tua atau pensiun nanti.
  2. Buat tabungan yang harus disisihkan untuk masa tua nanti dengan cara mandiri atau ikut bergabung ke sebuah lembaga penjamin masa tua nanti.
  3. Tentukan waktu atau kapan ingin pensiun dilakukan. Apakah pensiun dini atau pensiun nanti? Catatlah di umur kapan, kita mampu untuk tidak lagi bekerja.
  4. Lakukan perencanaan pensiun sejak dini dan jangan ditunda-tunda lagi.
  5. Pilihlah lembaga terpercaya yang mampu mengelolah dana pensiun anda dengan baik.

Oleh karenanya, penting memiliki dana pensiun untuk bekal di masa tua nanti. Siapa lagi yang akan membuat itu, jika tidak kita sendiri?

Masa tua pun akan dinikmati dengan bahagia oleh adanya dana pensiun yang kita miliki.

Baca Juga: Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini, Ini yang Perlu Diperhatikan