Kumpulan Gedung Termahal di Dunia! Pakai Uang Siapa Bikinnya?

Kabah dan Marina Bay Sands (Foto: Canva)

Kabah dan Marina Bay Sands (Foto: Canva)

Like

Teknologi semakin maju, begitu juga dengan teknologi pembangunan. Saking canggih dan megahnya ada gedung-gedung yang dibangun dengan biaya fantastis.

Menjadi kebanggaan arsitek dan tentu pemiliknya untuk memiliki dan membangun gedung yang megah, ikonik, dan menarik perhatian orang. 

Jadi enggak heran kalau banyak orang yang rela mengeluarkan uang miliaran atau bahkan triliunan agar sebuah bangunan berdiri kokoh dan megah.

Apalagi semakin banyak orang kaya di dunia ini. Biasanya orang-orang kaya akan merasa puas jika berhasil mendapat pengakuan dari orang lain, salah satunya dengan menunjukan aset mereka dan gedung mahal termasuk di dalamnya. 

Namun, enggak hanya orang kaya yang membangun gedung yang mahal. Beberapa pemerintahan yang memiliki banyak dana dan kepentingan juga diketahui membangun gedung dengan biaya yang mahal.


Tapi kalau di Negeri Wakanda sih lain ya, Be-emers, biaya mahal dan fantastis tapi tampilan masih belum bisa dibilang megah xixixi.

Di dunia ada beberapa bangunan yang diketahui menjadi termahal karena dibangun dengan biaya yang fantastis.
 

Gedung Termahal di Dunia


Telah dirangkum Bisnis.com, berikut adalah gedung-gedung yang termasuk gedung termahal di dunia.

Baca Juga: Lagi Rame, Ini 5 Moge Termahal di Dunia! Punya Siapa Ya?
 

1. Masjidil Haram, Arab Saudi


Umat muslim tentu sudah tidak asing dengan bangunan ini. Masjidil Haram yang terletak di Makkah juga menjadi salah satu bangunan yang paling banyak dikunjungi di dunia. 

Mengalami beberapa perluasan selama berabad-abad, beberapa laporan media mengklaim bahwa total biaya proyek perluasan tersebut merugikan pemerintah Arab Saudi sekitar US$100 miliar atau setara dengan Rp1.516 triliun.  

The National mengatakan dalam sebuah laporan bahwa perkiraan biaya konstruksinya mencapai US$26,6 miliar atau setara dengan Rp403,4 triliun. 

Dan pemerintah membayar lagi US$35,5 miliar atau setara dengan Rp538,3 triliun kepada pemilik tanah sebagai kompensasi untuk proyek tersebut. 

Artinya, total pengeluaran untuk proyek menjadi sekitar US$62 miliar atau setara dengan Rp940,2 triliun. 
 

2. Abraj al-Bait, Arab Saudi


Masih di Arab Saudi, ini dikenal juga dengan Makkah Royal Clock Tower yang merupakan kompleks pencakar langit luas yang menghadap ke Masjidil Haram. 

Ada tujuh hotel perumahan pencakar langit, pusat perbelanjaan dan apartemen perumahan, di antara fasilitas lainnya. Berdiri setinggi 601 meter, jam ini memiliki tampilan jam terbesar di dunia di keempat sisinya.

Pada tahun 2004, pembangunan kompleks ini dimulai dan baru selesai pada tahun 2012. Total biaya yang dibutuhkan dalam proyek ini untuk membangun pencakar langit yang megah dan luas adalah sebesar US$15 miliar atau setara Rp227,4 triliun.
 

3. Marina Bay Sands, Singapura


Ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit orang Indonesia yang ingin bepergian ke luar negeri dengan harga yang masih terjangkau. Marina Bay Sands kini juga menjadi landmark Singapura. 

Dalam membangun Marina Bay Sands dibutuhkan dana sebesar US$5,7 miliar atau setara dengan Rp84,6 triliun. Pada tahun 2022 lalu diumumkan bahwa ada rencana perluasan Marina Bay Sands.

Rencana perluasan senilai US$3,3 miliar atau sekitar Rp50,04 triliun diumumkan untuk menambah 1.000 suite mewah ke resor terpadu dan menciptakan arena hiburan dengan kapasitas 15.000 tempat duduk.  

Baca Juga: 5 Kota Termahal di Dunia, Siap Tinggal Di Sini?

Sementara itu, US$1 miliar lainnya US$1 miliar lainnya atau setara dengan Rp15,1 triliun akan dihabiskan untuk renovasi properti hotel. Proyek perluasan ini diharapkan akan selesai pada tahun 2026.
 

4. Cosmopolitan, AS


Di Negeri Paman Sam ada Cosmopolitan yang merupakan hotel dengan 3.000 kamar di sepanjang Las Vegas Strip, Nevada. Ini menjadi salah satu hotel paling mewah.

Pembangunannya membutuhkan biaya sebesar US$4 miliar atau setara Rp60,6 triliun. Tempat ini dilengkapi dengan kasino, beberapa restoran, klub malam Marquee, dan kolam renang di lantai empat yang menghadap ke Las Vegas Boulevard.

Cosmopolitan mengalami beberapa kali perpindahan kepemilikan. Pada akhirnya diakuisisi oleh Cherng Family Trust pada 2021 dengan kesepakatan senilai US$4 miliar atau setara dengan Rp69,7 triliun.
 

5. SoFi, AS


Ada di California, SoFi menjadi stadion paling mahal yang dibangun. Stadion SoFI memiliki luas 288.000 meter persegi dan dibangun di bekas situs Hollywood Park Racetrack yang ikonik di Inglewood. 

Menurut LA Times, Pembangunan stadion dibiayai oleh pemilik Rams Stan Kroenke, yang menghabiskan hampir US$5 miliar atau setara dengan Rp75,8 triliun.

Gokil! Kirain rumahnya Raffi Ahmad udah yang paling mahal. Ternyata di atas langit masih ada langit ya, Be-emers!

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.