5 Kota Termahal di Dunia, Siap Tinggal Di Sini?

Kota Termahal di Dunia. (Ilustrasi: Canva)

Kota Termahal di Dunia. (Ilustrasi: Canva)

Like

Dari banyaknya kota dalam satu negara, kota-kota ini menjadi yang termahal di dunia. Siapkah tinggal di kota termahal di dunia?

Setiap tahunnya survey dilakukan untuk mengetahui mana saja kota yang menjadi kota termahal di dunia.

Dari survey rata-rata biaya hidup di kota-kota besar dunia naik 8,1 persen tahun 2022. Dampak Covid-19 pada supply chains dan perang Rusia-Ukraina menjadi faktor penyebab kenaikan ini.

Dari survey tersebut terbentuk daftar kota-kota termahal di dunia.

Baca Juga: Berapa Pendapatan Kota Terkaya di Indonesia?
 

Kota Termahal di Dunia



Diberitakan oleh BBC,  Economist Intelligence Unit (EIU) telah melakukan survey dan hasilnya 5 kota termahal di dunia. Berikut daftarnya!
 

1. New York


New Yok menjadi kota paling mahal di dunia. Tidak mengherankan karena lokasinya yang berada di Amerika Serikat dan menjadi pusat bisnis. 

New York juga menjadi kota paling padat di Amerika Serikat dengan populasi sekitar 19,1 juta jiwa. Ekonomi New York adalah ekonomi terbesar kedua di dunia setelah Tokyo.
 

2. Singapura


Ternyata kota yang menduduki peringkat kedua sebagai kota termahal adalah tetangga Indonesia, yaitu Singapura. Salah satu penyebab kota ini mahal adalah karena wilayahnya yang sempit.

Wilayah yang sempit membuat harga tanah di Singapura sangat mahal, sehingga orang-orang memilih untuk tinggal di apartemen. Harga sewa apartemen juga tidak murah karena harus ditambah biaya utilitas dan lainnya.
 

3. Tel Aviv


Meski negaranya terus berkonflik, Tel Aviv yang merupakan salah satu kota di Israel tetap masuk jajaran kota termahal di dunia selama dua tahun. Tel Aviv terkenal di kalangan turis dengan kafe yang membudaya dan panoramanya.

Kota ini menjadi yang ekonomi per kapitanya terbesar di Timur Tengah dan terbesar keempat di dunia. Biaya transportasi di Tel Aviv juga tinggi dikarenakan biaya bahan bakar yang tinggi.
 

4. Hongkong


Hongkong menjadi negara Asia lain yang masuk jajaran kota termahal di dunia. Kota ini menjadi bagian dari Tiongkok atau China. Sama seperti Singapura, wilayah Hongkong kecil sehingga biaya tempat tinggal cukup mahal.

Keterbatasan lahan menjadikan infrastrukturnya padat dengan arsitektur modern, menjadikan Hong Kong sebagai kota paling vertikal di dunia.

Hong Kong memiliki jaringan transportasi umum yang sangat baik, dan 90 persen penduduk menggunakan transportasi massal, baik kereta maupun bus.

Baca Juga: Berapa Biaya Pasang Iklan di New York Times Square?
 

5. Los Angeles


Dari Amerika Serikat, Los Angeles juga masuk 5 besar kota termahal di dunia. Jika New York identik dengan bisnis dan ekonomi, Los Angeles identik dengan industri hiburan. 

Los Angeles menjadi kota paling padat kedua di Amerika Serikat setelah New York. Tahun 2018 GDP Los Angeles menjadi yang terbesar ketiga di dunia. 

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.