Mengenal Istilah Penting dalam Dunia Kopi, Pemula Wajib Masuk!

Kopi (Foto: Canva)

Kopi (Foto: Canva)

Like

Kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman tentang beberapa istilah dalam dunia perkopian. Sebagai disclaimer saja, saya tidak merasa benar atas apa yang ingin saya jelaskan berikut.

Terkadang penjelasan dengan bahasa yang simpel akan lebih mudah dicerna. Jika terdapat beberapa kekurangan, mohon kritik dan sarannya untuk introspeksi dalam tulisan saya dimasa yang akan datang.

Teruntuk barista-barista dimanapun kalian berada, mohon pembenaran serta sharing pendapatnya dalam kolom komentar ya. Terima kasih:)

Sebuah opini yang dimulai dengan bahasa formal demi meminimalisir suatu kesalahan bukankah lebih baik? Yuk, kita mulai Be-Emers! Jangan tegang dong, kuy lebih rileks.

Pembahasan kita kali ini akan menjadi dasar dari tema-tema tulisan saya kedepannya. Diharapkan dengan memahami istilah-istilah berikut, Be-Emers akan lebih mudah untuk mencerna dan memahami dunia perkopian di luar kepala. 


Halo kembali para pembaca! Semoga selalu disehatkan dengan kondisi yang tanpa kurang suatu apapun. Pembahasan kali ini jika kita telisik secara ilmiah, mungkin bisa dikatakan sebagai "batasan istilah" dalam dunia perkopian.

Baca Juga: Pesan Cappuccino Double Shots, Apa Maksudnya Ya? Cek Di Sini!

Tidak menutup kemungkinan bahasa yang akan saya gunakan dalam tema perkopian ini juga lazim digunakan dalam tema yang lain. Jadi, sekali lagi penulis menggarisbawahi istilah-istilah ini semua akan mengacu kepada perkopian.
 

Istilah Dunia Kopi yang Perlu Kamu Tahu


Daripada kamu bingunng dengan istilah-istilah ketika membeli kopi atau saat berada di coffee shop, mendingan simak penjelasan di bawah ini!
 

1. Grinder


Secara bahasa bermakna penggiling. Ya, betul! Ini adalah alat yang digunakan untuk menggiling biji kopi dengan ukuran yang bisa disesuaikan. 
 

2. Grind Size


Adalah ukuran seberapa kecil atau seberapa besar output gilingan biji kopi. Jika grind size dibesarkan (mengarah ke coarse), maka hasil gilingan akan semakin besar.

Sebaliknya, jika grind size dikecilkan (mengarah ke fine), maka hasil gilingan akan semakin halus. Besar-kecil atau halus-kasarnya biji kopi setelah digiling akan sangat mempengaruhi cita rasa daripada espresso yang akan dihasilkan.


3. Shot


Aadalah proses mengekstraksi kopi dengan berbagai cara (dalam hal ini menggunakan mesin espresso) sehingga keluarlah dalam bentuk cairan kopi yang biasa disebut dengan ristreto espresso, doppio, lungo, dan lain sebagainya.
 

4. Dose (Gramasi)


Adalah berat biji kopi yang sudah digiling. Biasanya diletakkan didalam portafilter, yang kemudian akan di shot dengan mesin espresso (bisa dengan cara atau alat yang lainnya).
 

5. Time


Adalah lamanya waktu yang digunakan dalam sekali shot.

Baca Juga: 
Baru Tahu! Ini Manfaat Kopi untuk Kesehatan Rambut!
 

6. Yield


Adalah volume atau berat hasil ekstraksi dari kopi yang telah di shot. Satuannya bisa dalam mililiter atau gram.
 

7. Ratio


Perbandingan antara dose dan yield. Biasanya ditulis dengan satuan gram atau ml.
 

8. Portafilter


Adalah tempat meletakkan kopi hasil gilingan dan yang nantinya alat ini akan dimasukkan kedalam mesin espresso.
 

9. Milk Jug


Adalah sebuah wadah yang digunakan untuk tempat meletakkan susu (fresh milk) yang nantinya akan dipanaskan atau disteam menggunakan steamer yang terdapat di mesin espresso.
 

10. Spout


Adalah bagian dari portafilter yang berfungsi sebagai jalur keluar hasil ekstraksi kopi saat di shot. Spout juga berarti bibir milk jug.
 

11. Seloki Espresso


Adalah sebuah wadah berupa gelas kecil untuk menampung hasil ekstraksi kopi dari mesin espresso.
 

12. Split


Adalah proses terbaginya ekstraksi espresso melalui spout portafilter dan terjatuh di seloki yang berbeda.
 

13. Mesin Espresso


Adalah alat yang digunakan untuk mengekstraksi kopi, biasanya dilengkapi dengan steamer susu.

Kira-kira demikian Be-Emers, saya yakin masih banyak istilah-istilah yang berkaitan dengan perkopian. Menurut hemat penulis, istilah diatas adalah sedikit dari banyak istilah yang akan membantu para pembaca memahami secara sederhana dalam memahami beberapa tema yang akan saya tulis kedepanya. 

Silakan diskusi dan jejak pendapat melalui kolom komentar dibawah ya, bukankah Sharing is Caring?:)

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.