Kamu Suka Nonton Drakor? Coba Belajar Caranya Berani Berbisnis Lewat Drama Ini

Sumber: Instagram kbsdrama

Sumber: Instagram kbsdrama

Like

Untuk kamu yang suka mengisi waktu luang dengan menghibur diri lewat nonton drakor alias drama korea, kamu juga bisa mendapatkan manfaat, salah satunya belajar meraih peluang bisnis lewat drama When The Camellia Blooms.

Dikutip dari Cultura.id, drama ini ditayangkan di stasiun TV Korea, KBS dan juga ada di layanan streaming drama, Netflix pada tahun 2019. Drama ini dibintangi oleh pemain utama Gong Hyo Jin dan Kang Haneul yang merupakan actor dan aktris terkemuka di negara asalnya.

Drama ini mengisahkan tentang seorang ibu tunggal bernama Dong Baek (Gong Hyo Jin) yang memiliki anak di luar nikah. Ia menjalani hidupnya dan membesarkan anaknya sekrang diri. 

Kisahnya berawal sejak ia pindah ke Kota Ongsan dan membuka sebuah pub bernama Camellia. Karena bisnisnya tersebut ia harus menghadapi dinamika dalam bermasyarakat yang cukup berat dan juga hadri kisah cinta dengan seorang polisi muda bernama Yong Sik (Haneul).

Bergenre comedy-romance, drama ini ternyata memiliki banyak nilai kehidupan yang bisa dipetik di dalamnya. Salah satunya melalui kisah Dong Baek dalam menjalani bisnis pubnya yang mengalami jatuh bangun selama 5 tahun.


Apa saja ya cara berbisnis yang bisa kita pelajari melalui usaha pub milik Dong Baek ini? Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika menonton drama ini.

 

1. Berani beda.

Inovasi dalam bisnis sangatlah penting. Hal ini lah yang diterapkan oleh Dong Baek. Kota Ongsan terkenal sebagai wisata kuliner kepiting rendam. Dong Baek membuka bisnis yang berbeda dengan lainnya, yaitu membuka pub Camellia yang menjual alkohol dan tumis babi.
 

2. Kenali konsumen.

Pub milik Dong Baek selalu dipenuhi dan dilarisi oleh warga lelaki di Kota Ongsan. Banyak lelaki yang senang menghabiskan waktu di pub milik Dong Baek karena mereka bisa santai meminum alkohol. Tidak seperti restoran lainnya yang hampir setiap pemiliknya merupakan kerabat mereka sehingga mereka jadi merasa diawasi. Dong Baek yang merupakan pendatang dapat dipercaya sebagai penyimpan rahasia terbaik terhadap setiap sikap dan perilaku para lelaki Ongsan yang merupakan pelanggannya.
 

3. Dekat dengan pelanggan dan karyawan.

Walaupun Pub Camellia merupakan salah satu tempat makan dan minum alkohol yang tergolong mahal, Dong Baek selalu memberikan service kepada pelanggan setianya, yaitu berupa makanan tambahan seperti kacang, nasi, lauk, hingga sayuran. Hal ini sebagai wujud apresiasi pemilik terhadap pengunjung setianya agar terus merasa nyaman dan selalu kembali lagi. Selain itu, Dongbaek juga selalu memberikan service kepada karyawan paruh waktunya dengan menggratiskan minuman alkohol untuknya.
 

4. Teguh dalam menjalankan bisnis.

Dong Baek mengelola pubnya tidak seperti pub murahan pada umumnya. Ia memiliki harga diri yang tinggi dan tidak bisa disentuh. Pub Camellia tidak menyediakan gadis-gadis penuang minuman atau penggoda bagi pelanggannya. Stigma negative masyarakat memang tidak bisa dihilangkan begitu saja kepada Dong Baek yang dicap sebagai penjual minuman yang genit. Akan tetapi, Dong Baek selalu teguh pada pendiriannya dan selalu menjadi kuat untuk terus mempertahankan bisnisnya walau sering mengalami jatuh bangun.

Sekarang apakah kamu sudah mulai termotivasi untuk berbisnis melalui cara Dong Baek berbisnis? Mungkin kamu akan lebih banyak menemukan pelajaran lainnya dengan menonton drama When The Camellia Blooms hingga tuntas. Sebelum menonton, coba simak dahulu trailer drama ini, siapa tau kamu makin tertarik.