7 Minuman Khas Malang yang Wajib Dicoba!

Destinasi Keren Kota Malang (Sumber gambar : tiket.com)

Destinasi Keren Kota Malang (Sumber gambar : tiket.com)

Like

Kota Malang didirakan pada 1 April 1914 pada masa Pemerintahan Belanda, berlokasi di Provinsi Jawa Timur dan merupakan kota terbesar kedua di provinsi tersebut serta menjadi kota terbesar ke-12 di Indonesia.

Ada beberapa julukan yang disematkan pada kota Malang seperti, Malang Kota Bunga, Malang Kota Pendidikan, Malang Kota Apel dan Malang Kota Wisata.

Dikenal sebagai kota wisata, Malang juga memiliki segudang pilihan kuliner yang menggugah selera. Akan tetapi kali ini kita bahas kuliner minuman khas Kota Malang yuk, siapa tahu bisa menjadi inspirasimu saat mengunjungi kota ini yah, Be-emers.
 

Minuman Khas Malang


Enggak cuma makanannya yang menggugah selera, minuman khas Malang juga nikmat lho!
 

1. Sari Buah Apel


Dikenal sebagai Kota Apel, tentu saja minuman yang berbahan dasar apel ini menjadi salah satu minuman khas dari Kota Malang. Kesegaran buah apel kini bisa dinikmati dalam wadah cup plastik.


Selain itu, manfaat Sari Buah Apel juga cukup banyak, seperti mencegah kanker, menstabilkan gula darah dan sebagainya.
 

2. Angsle dan Ronde


Cuaca Malang yang cenderung dingin memang cocok untuk menikmati yang hangat, seperti angsle dan ronde. Penjual angsle biasanya sekaligus menyajikan wedang ronde, meskipun keduanya berbeda.

Baca Juga: Punya Ciri Khas Sendiri, Ini Perbedaan Bakso Cuanki dan Bakso Malang!

Angsle berkuah santan sedangkan ronde berkuah jahe, perbedaan keduanya memang cukup signifikan. Akan tetapi, kedua minuman ini menjadi ciri khas minuman hangat Kota Malang. 
 

3. STMJ


Minuman hangat yang identik dengan Kota Malang selain angsle dan ronde adalah STMJ. Apabila Be-emers melakukan kunjungan ke Malang, bisa mencoba STMJ di daerah Bareng Kulon, STMJ Pak Sentot , STMJ SOB dan lain sebagainya.

Minuman berbahan susu, telor, madu dan jahe ini memberikan efek hangat pada tubuh, sangat cocok dikonsumsi di Kota Malang. 
 

4. Fosco 


Beralih ke minuman dingin lagi, campuran coca cola dan susu yang disebut Fosco ini menjadi salah satu minuman khas dari kota Malang. Rasanya segar dan ditaruh dalam wadah botol soda. Be-emers bisa dapatkan di Lumpia Hok Lay yah, bagaimana menarik bukan untuk dicoba? 
 

5. Es Tawon


Nah, melihat nama minuman ini jangan bergidik dulu ya, karena tidak ada tawon di dalam minumannya sama sekali. Diberi nama es tawon karena terdapat tawon atau lebah yang mengerubungi gula sebagai bahan es campurnya.

Es Tawon ini sudah ada sejak tahun 1955 dan memiliki banyak peminat sampai saat ini. Kalau Be-emers mencari minuman segar, es tawon menjadi salah satu pilihannya yah. 
 

6. Es Santan Ketan Hitam


Bahan es ini sudah tergambar dari namanya yaitu santan dan ketan hitam meskipun ada tambahan lain seperti dawet, gula cair dan juga roti siram sirup sebagai opsional. Menariknya es bekunya bukan dari es batu biasa.

Baca Juga: Peluang Usaha Jus Buah, Minim Gula Anti Somasi

Melainkan santan yang dibekukan sehingga menjadi es dan saat disajikan akan menghasilkan sajian minuman yang segar dan manis, bikin ketagihan lho. Lokasi yang terkenal dekat dengan SMKN 4 Malang. 
 

7. Es Alpukat Moka 


Sajian minuman segar ini berbahan Alpukat, Kental Manis, Moka dan es serut yang melimpah, rasanya yang segar dan enak membuat minuman ini menjadi salah satu minuman favorit. Be-emers bisa menemukannya saat ke Malang tepatnya di kawasan SMAK St. Albertus Dempo, Malang. 

Nah, buat Be-mers yang berencana berkunjung ke Kota Malang, bisa dicoba dong salah satu minuman khas Malang yang disebutkan diatas, siapa tahu benar-benar cocok di lidahmu, kan?!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.