Peluang Usaha Jus Buah, Minim Gula Anti Somasi

Peluang Usaha Jus Buah. (Ilustrasi: Canva)

Peluang Usaha Jus Buah. (Ilustrasi: Canva)

Like

Dari banyaknya usaha minuman yang ada, usaha jus buah patut menjadi pertimbangan. Apalagi dengan meningkatnya literasi masyarakat terhadap asupan gula harian. Seperti apa peluang usaha jus buah?

Masyarakat Indonesia semakin melek kesehatan. Ditandai dengan semakin memperhatikan kandungan gizi yang tertera di produk makanan dan minuman.

Apalagi produk-produk tersebut dikonsumsi sehari-hari. Perkembangan media sosial yang pesat juga membuat banyak orang menyebarkan literasi akan asupan nutrisi dalam produk.

Banyak juga yang tersadar akan tingginya gula yang terkandung pada produk yang dikonsumsi, terutama minuman. Bahkan sempat ramai di media sosial protes pelanggan yang berujung somasi kepadanya.

Nah, dengan semakin tingginya literasi masyarakat terhadap asupan gula harian kita perlu lebih selektif dalam membuka usaha minuman.


Kita bisa beralih ke pilihan minuman yang lebih sehat, contohnya jus buah.
 

Peluang Usaha Jus Buah


Jus buah dinilai lebih sehat dibanding minuman kekinian yang saat ini banyak beredar di pasaran. Ada beberapa pilihan jus buah yang bisa dijadikan peluang usaha.

Baca Juga: Tertarik Buka Usaha Air Minum Dalam Kemasan? Ini yang Harus Kamu Tahu!


1. Jus Buah Biasa


Seperti usaha jus buah pada umumnya. Bahan baku utama yang dibutuhkan hanya buah segar, air, es batu, dan gula pasir sebagai pelengkap.

Banyak sekali ditemui jus buah di pasaran, yang menjadi pembeda adalah kesegaran dan variasi dari buah yang digunakan.

Selain itu pemanis yang digunakan juga berpengaruh terhadap rasa dari jus buah. Kebanyakan orang tidak suka rasa manis yang artifisial, sehingga penggunaan pemanis berlebih sebaiknya dihindari.
 

2. Cold-Pressed Juice


Cold-pressed juice berbeda dari jus buah pada umumnya di pasaran. Perbedaannya ada pada teknik pembuatan jus ini.

Cold-pressed juice menggunakan teknik menekan atau memeras buah dengan tekanan tinggi atau hidraulik untuk mendapatkan sari atau ekstrak dan nutrisi dari buah.

Dengan teknik ini cold-pressed juice dianggap lebih sehat karena tidak ada panas tinggi yang terjadi dalam proses pembuatannya sehingga nutrisi dari buah bisa dikonsumsi secara maksimal.  
 

Franchise Jus Buah


Selain membuka usaha jus buah sendiri, kamu juga bisa ikut menjajal usaha jus buah melalui franchise jus buah yang sudah ada.

Baca Juga: Bisnis Franchise Worth It Enggak Sih???

 

1. SMES Juice


Usaha jus yang satu ini biasanya sering ditemui di pusat jajanan baik di pinggir jalan ataupun foodcourt. Waralaba ini termasuk murah di kantong.

Dengan kurang lebih modal Rp 10 juta sudah bisa ikut waralaba SMES Juice. SMES Juice berdiri sejak tahun 2004 dan hingga kini sudah ada lebih dari 15 gerai. 
 

2. Boost Juice Bars


Merek usaha jus ini berasal dari Australia namun telah membuka peluang usaha waralaba di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Untuk mendaftar waralaba jus yang satu ini, kamu perlu melakukan pendaftaran ke email mereka di [email protected].

Waralaba ini terkenal dengan jus campuran yang segar dan menyehatkan. Biasanya dapat ditemui di mall di Jabodetabek.
 

3. Ete Juice Bar


Berdiri pada tahun 2020, usaha ini mulai menawarkan waralaba dengan produk Juice, Smoothies dan Cold-pressed Juice.

Ada empat paket investasi yang ditawarkan, dilansir dari website untuk waralabanya, paket Love Ballads, Acid Jazz, Black Metal, dan Alternative Rock.

Perbedaan paket ada di harga, luas toko dan pilihan produk yang ditawarkan.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.