Pakai Wifi Rumah untuk Bikin Bisnis Lokal Bernuansa K-Pop Ini!

Ilustrasi K-pop - Sumber: pixabay

Ilustrasi K-pop - Sumber: pixabay

Like

Punya wifi di rumah menjadi energi baru dalam berkegiatan. Bisa berselancar untuk bekerja, sekolah, berbisnis, maupun mengetahui perkembangan berita terkini.

Seperti kala pandemi merebak di tahun 2020 lalu, segala kegiatan dilakukan dari rumah. Pemasangan internet di rumah menjadi kunci menyelamatkan hal tersebut, sehingga dapat terhubung meski berada di lokasi yang berbeda.

Internet Sarana Penghubung Bisnis yang Dikembangkan


Kehadiran internet memang tidak bisa dipungkiri manfaatnya. Kita bisa membangun bisnis yang dikuasai. Dapat pula dengan berkaca dari industri di tanah air, hal apa yang sedang digemari masyarakat untuk mengangkat usaha yang akan dibangun.

Tentunya, untuk mengetahui apa yang menjadi tren pasar dapat dilakukan melalui survei kepada banyak orang, mengunjungi market, dan searching di mesin pencari. Ini semua akan lebih mudah jika menggunakan wifi rumah.

Tujuannya agar pengelolaan usaha tersebut tak hanya bisa balik modal tetapi juga memberikan keuntungan. Apalagi industri yang berkembang saat ini juga makin beragam, baik karena pengaruh dari budaya lokal maupun luar negeri, yang beberapa diantaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan.

Baca Juga: Fenomena Interaksi Parasosial di Kalangan Fans KPop


Khusus influence dari Negeri Ginseng ini atau kerap disebut Korean wave (hallyu) tak disangka kian merebak di Indonesia seperti drama (drakor), film, komik, bahasa, masakan, dan musik (K-Pop atau Korean Pop).

Ini dapat dilihat dari beragam kuliner yang berada di mal, restoran, maupun warung tenda (pojangmacha) di sekitaran ibu Kota Jakarta yang menyuguhkan masakan Korea. Begitupun produk kecantikan dari brand lokal maupun e-commerce yang bekerjasama dengan aktris/aktor ternama dan grup musik K-Pop.
 

Pengaruh K-Pop dan Pemanfaatan Wifi Rumah


K-Pop yang digandrungi segala usia menjadikan kemunculannya mudah disukai. Pada akhirnya industri K-Pop di Indonesia semakin maju dan berpeluang dalam mengangkat bisnis lokal kita. Kreativitas ini bisa mendukung ide usaha dengan contoh cara penerapannya:
  • Bangun bisnis kerajinan tangan atau merchandise menggunakan pernak-pernik K-Pop, misalnya menjual gantungan kunci dengan menambahkan aksen hand-craft lokal nusantara, photocard atau photobook dengan bingkai corak batik, dan kreasi lainnya.
  • Membuat website atau situs blog berisi biografi para artis K-Pop, karya yang sedang atau akan diluncurkan, lirik lagu dan terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia sehingga saat ada yang berkunjung ke situs tersebut bisa sekaligus mempelajari bahasa Korea.
  • Kembangkan usaha kuliner halal dengan menu-menu makanan yang menjadi favorit para K-Pop, beberapa diantaranya:
    Naengmyeon yang terbuat dari mi gandum dengan kuah kaldu sapi (kesukaan Jin BTS).
    Galbi yaitu iga sapi bakar dengan bumbu kecap asin, minyak wijen, bawang putih, dan sari buah pir (Disukai Suga BTS).
    Hotteok seperti pancake dengan rasa yang manis dan isiannya madu, kacang, dan gula merah.
    Kimchi, fermentasi sayuran dengan bumbu pedas. Disukai oleh Chen EXO, dan J-Hope BTS.
    Serta kuliner khas Nusantara yang menjadi favorit salah satu K-Pop ternama yaitu Bangtan Sonyeondan (BTS) seperti rendang, kerupuk udang, nasi goreng, dan sate ayam.
Ketiga contoh usaha di atas dapat dikembangkan dengan memanfaatkan wifi rumah terjangkau dan stabil. Pasalnya ketika bisnis dijalankan, proses dibalik layar haruslah tertata dengan rapi.

Baca Juga: Belajar Memulai Bisnis dari Drama Korea Itaewon Class!

Dari hal pemasaran online melalui konten di media sosial, transaksi digital payment, pengiriman pesanan menggunakan jasa ekspedisi, serta pembukuan (laporan transaksi keuangan) yang kesemuanya menggunakan jaringan internet.

Dengan mengandalkan internet yang memadai ini, kemudahan melakukan bisnis dari rumah bisa terwujud. 
 

ilustrasi bisnis kpop

ilustrasi bisnis kpop

 

Konklusi


Pemanfaatan wifi rumah guna membangun bisnis rumahan dengan nuansa K-Pop bisa diambil hikmah positif. Ini sekaligus menjadi refleksi untuk kita, bahwa melalui tren pasar yang sedang berkembang bisa membuka peluang usaha baru tanpa meninggalkan kebudayaan lokal kita.

Pasalnya kita dapat mengolah kreasi yang baru dengan padu padan keunikan khas nusantara. Bagaimana, apa kamu siap mencoba usaha ini dari sekarang?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.