Silicon Valley Bank (SVB) Bangkrut! Ini Dampaknya

Silicon Valley Bank - Image: Google

Silicon Valley Bank - Image: Google

Like

Kabar mengejutkan datang dari Silicon Valley Bank, yang mengalami kebangkrutan. Kira-kira apa sih dampak dari kebangkrutan salah satu lembaga keuangan di Amerika Serikat itu?

Silicon Valley Bank (SVB) jadi topik hangat yang dibicarakan oleh media dan publik di Amerika Serikat hingga seluruh dunia. Pasalnya, SVB bangkrut setelah 48 jam bank di wilayah California itu mengalami krisis modal.

Kebangkrutan ini jelas bikin SVB resmi ditutup oleh Regulator AS! Enggak cuma itu, kabar buruk ini ternyata membawa “efek domino” bagi perekonomian, lho!

Kok bisa, sih?

 

Pernyataan Penutupan Silicon Valley Bank - Image: svb.com

Pernyataan Penutupan Silicon Valley Bank - Image: svb.com

 

Dampak Bangkrutnya Silicon Valley Bank

Silicon Valley Bank adalah salah satu bank yang berpengaruh bagi perekonomian AS dan bahkan dunia! Nah, berikut dampak yang ditimbulkan dari kebangkrutan SVB nih, Be-emers.
 

1. Run Bank

Dalam Bahasa Inggris, “run” artinya berlari. Eits, tapi istilah “run bank” bukan berarti bank yang berlari ya, Be-emers!


Dikutip dari Investopedia, run bank artinya adalah kondisi ketika sejumlah besar pelanggan bank atau lembaga keuangan lainnya menarik simpanan mereka secara bersamaan karena kekhawatiran solvabilitas bank.

Nah, itu yang terjadi ketika Silicon Valley Bank mengalami krisis modal. Logikanya, semakin banyak orang menarik dananya, kemungkinan gagal bayar meningkat.

Hal itu lah yang pada akhirnya mendorong lebih banyak orang untuk menarik simpanan mereka. Jadi, istilah run bank mengacu pada penarikan dana secara besar-besaran dan dalam waktu singkat oleh banyak orang di suatu bank.

 

Kantor SVB - Image: Wikimedia

Kantor SVB - Image: Wikimedia


Hal ini juga pernah terjadi di Indonesia tahun 1998, lho! Saat itu, Indonesia mengalami krisis moneter yang mana harga dollar melambung tinggi dan menyebabkan banyak orang menarik dananya di bank.
 

2. Dana Startup Terancam

Silicon Valley Bank merupakan bank yang fokus pada pembiayaan startup sejak era 1980-an. Makanya, bangkrutnya SVB pastinya berdampak pada startup, bahkan UMKM!

Baca Juga: Rentan Bangkrut di Tengah Pandemi, 3 Sektor Startup Ini Malah Cuan

Dilansir Bisnis.com, sejumlah akun nasabah enggak bisa diakses, imbas dari ditutupnya SVB. Bahkan, dana nasabah dikahwatirkan bisa lenyap.

Perlu diingat, awal mula kolapsnya Silicon Valley Bank dari adanya dislokasi yang dipicu sama tingkat suku bunga tinggi. Hal itu ditambah sama keadaan industri teknologi yang mengalami penurunan kinerja dalam skala besar.
 

3. Harga Emas Meningkat

Di satu sisi, kabar bangkrutnya Silicon Valley Bank malah bikin harga emas spot terpantau menguat.

Terpantau pada pukul 10:50 WIB, harga emas spot meningkat hingga 16,95 poin di harga US$1.884,25. Kok bisa?

Menurut Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra, dikutip dari Bisnis.com, setelah kejadian SVB kolaps, ada ekspektasi kalau The Fed enggak akan menaikkan suku bunga secara agresif.

Selain itu, emas atau logam mulia selalu jadi aset pilihan yang cenderung aman (safe haven). Sehingga, para pelaku pasar modal yang masih khawatir gara-gara kolapsnya SVB, cenderung memilih emas.

Baca Juga: Ini yang Sebaiknya Dilakukan Saat Harga Emas Turun, Jual atau Beli?

Ada lagi enggak dampak dari bangkrutnya SVB yang kamu ketahui? Komen di bawah yaa!


Atau kamu bisa share artikel di Bisnis Muda dengan klik "Mulai Menulis"
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.