Billie Eilish dan Lewis Capaldi Idap Sindrom Tourette, Apa Itu?

Lewis Capaldi saat sindrom tourettenya kambuh di atas panggung. (Foto: Rolling Stones)

Lewis Capaldi saat sindrom tourettenya kambuh di atas panggung. (Foto: Rolling Stones)

Like

Beberapa publik figur mengaku mengidap sindrom tourette yang membuat mereka sulit mengontrol tubuh. Apa sebenarnya sindrom tourette dan bagaimana gejala orang yang mengalaminya?

Saat tengah konser di Jerman (21/2) sindrom tourette yang diidap Lewis Capaldi kambuh. Beberapa cuplikan video yang beredar menunjukan bagaimana musisi Skotlandia tersebut coba mengontrol kedutan pada tubuhnya.

Fans yang hadir membantu Lewis Capaldi menyelesaikan lagu dengan ikut bernyanyi saat sindrom tourette Lewis Capaldi kambuh. Serempak, mereka menyanyikan Someone You Loved. 

Ternyata Lewis Capaldi bukan satu-satunya orang terkenal yang mengidap sindrom tourette. Ada beberapa tokoh dunia yang diketahui juga mengidap sindrom ini.
 

Tokoh Terkenal yang Mengidap Sindrom Tourette

 

1. Billie Eilish


Musisi muda yang terkenal lewat lagu Ocean Eyes ini mengaku sudah mengidap sindrom tourette sejak kecil dan terus berusaha menahannya agar bisa diterima publik.


Baca Juga: Apa Itu Stiff Person Syndrome yang Diderita Celine Dion?

Bahkan pada acara David Letterman’s My Next Guest Show di Netflix sindrom tourettenya pernah kambuh. Ia menunjukan tics berupa gerakan-gerakan random cenderung aneh secara spontan.
 

2. David Beckham


Pemain bola berkebangsaan Inggris yang sudah pensiun sejak 2013 ini diketahui mengidap sindrom tourette dan OCD. OCD yang Beckham derita sendiri diakuinya akibat dari sindrom tourette yang dialami.

Beckham bahkan sudah beberapa kali mengakui bahwa ia lelah dengan OCD yang dideritanya karena merasa harus merapikan dan membersihkan sekitarnya sebelum bisa beristirahat dengan tenang.
 

3. Seth Rogen


Seth Rogen adalah produser, penulis, dan aktor berkebangsaan Kanada. Pemain film The Neighbors ini mengaku mengidap sindrom tourette

Dilansir dari Independent.co.uk, Seth Rogen sudah mengidap penyakit ini sejak dia kecil. Ibu dari Seth Rogen, Sandy Rogen mengatakan, “Aku tahu ketika dia berumur 4 dia tidak bisa duduk di sekolah.”
 

Apa Itu Sindrom Tourette?


Sindrom tourette adalah gangguan neurologis yang artinya menyerang otak dan syaraf. Mengutip dari dr. Rizal Fadli dalam tulisannya di Halodoc, sindrom ini biasanya berkembang pada anak usia dini dan bisa saja membaik saat usia dewasa.

Sindrom tourette menyebabkan seseorang membuat gerakan atau suara secara tiba-tiba yang disebut dengan tics. Orang yang mengidap sindrom tourette tidak dapat mengontrol atau mencegah tics tersebut.

Baca Juga: Sering Sakit Kepala? Coba Lakukan 5 Hal Sederhana Ini!

Tics motorik ditandai dengan gerakan tubuh, seperti mengangkat bahu. Tics vokal ditandai dengan suara, seperti membersihkan tenggorokan. Tics motorik cenderung berkembang sebelum tics vokal. 

Dr. Rizal Fadli juga mengatakan bahwa penyebab dari sindrom ini belum diketahui, tetapi dugaan kuat mengarah pada kombinasi faktor genetik dan lingkungan. 

Diduga pula ketidakseimbangan neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin berperan dalam terjadinya sindrom Tourette.

Mungkin Be-emers langsung teringat dengan latah saat mendengar sindrom tourette. Tapi latah dan sindrom tourette itu berbeda lho Be-emers!

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.