Menjelajah Lautan Bisnis: Perbedaan Red Ocean dan Blue Ocean!

Red Ocean dan Blue Ocean. (Ilustrasi: Canva)

Red Ocean dan Blue Ocean. (Ilustrasi: Canva)

Like

Halo Be-emers! Hari ini, kita akan membahas tentang dua istilah yang cukup populer di dunia bisnis, yaitu red ocean dan blue ocean. Baik red ocean maupun blue ocean adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk menghadapi persaingan dalam pasar.

Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan mendasar yang cukup signifikan. Yuk, kita bahas satu per satu!
 

Apa Itu Red Ocean?


Red ocean adalah kondisi pasar yang sangat kompetitif. Di pasar ini, banyak perusahaan yang bersaing di dalamnya dengan strategi yang sama.

Misalnya, jika ingin memulai bisnis makanan cepat saji, Kita akan berhadapan dengan banyak pesaing seperti McDonald's, KFC, dan Burger King yang sudah memonopoli pasar tersebut.

Baca Juga: Tips Menguasai Pasar dengan Strategi Captive Market!


Kondisi seperti ini disebut sebagai red ocean, di mana lautan dipenuhi oleh ikan (perusahaan) yang sama.
 

Kalau Blue Ocean Apa Ya?


Namun, apa jadinya jika kita bisa menciptakan pasar baru, yang belum pernah dijamah oleh siapa pun sebelumnya? Itulah yang disebut sebagai blue ocean. Blue ocean adalah kondisi pasar yang belum terjamah dan belum ada persaingan yang signifikan.

Misalnya, kita memulai bisnis dengan menawarkan produk yang unik dan belum pernah ada di pasar sebelumnya. Kita dapat menemukan pelanggan yang belum pernah dilayani oleh pesaing lain dan dapat menjadi pelopor dalam industri tersebut.
 

Keuntungan Red Ocean dan Blue Ocean


Keuntungan utama dari memasuki blue ocean adalah kita dapat menentukan aturan permainan dan membuat pasar baru dengan strategi yang tepat. Sebaliknya, dalam red ocean, kita harus bersaing dengan pesaing yang sudah mapan di pasar.

Jika kita ingin memasuki red ocean, kita harus memiliki keunggulan yang signifikan atau inovasi dalam produk atau layanan bisnis kita.

Baca Juga: 4 Lembaga Penting yang Awasi Investasi Pasar Modal Indonesia!

Sekarang, kamu mungkin bertanya-tanya, mana yang lebih baik antara red ocean dan blue ocean? Jawabannya tergantung pada situasi dan strategi bisnis yang ingin diambil.

Jika kita ingin menghadapi persaingan yang signifikan di pasar yang sudah mapan, maka red ocean adalah pilihan yang tepat.

Namun, jika kita ingin memulai bisnis baru dengan ide yang unik, maka blue ocean adalah pilihan yang lebih baik. Bagaimanapun, sebelum kita memulai bisnis, pastikan untuk melakukan riset pasar dan mempertimbangkan strategi bisnis kita dengan matang.

Ingat, terlepas dari apakah kita memilih red ocean atau blue ocean, strategi yang tepat dapat membuat bisnis kita berhasil dan sukses.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.