Lama Menghilang, Akhirnya Jack Ma Terlihat di China

Jack Ma terakhir terlihat di akhir 2020 (Foto: Flickr)

Jack Ma terakhir terlihat di akhir 2020 (Foto: Flickr)

Like

Masih teringat berita menghebohkan di tahun 2020 tentang pendiri Alibaba Group, Jack Ma, yang dikabarkan menghilang. Sejak saat itu Jack Ma tidak pernah terlihat di publik. Namun, baru-baru ini dikabarkan Jack Ma terlihat di China.

Be-emers pasti pernah membaca berita soal Jack Ma yang hilang bagai ditelan bumi setelah mengkritik regulator keuangan China di tahun 2020 kan? 

Nah, setelah pemberitaan tersebut banyak konspirasi dan dugaan soal hilangnya Jack Ma. Habisnya, Jack Ma enggak terlihat lagi hingga 2 tahun setelahnya. 
 

Hilangnya Jack Ma


Jack Ma adalah pengusaha kaya China yang terkenal dengan Alibaba. Jack Ma merupakan salah satu orang paling kaya di China dan pendiri perusahaan e-commerce terbesar di China yaitu Alibaba Group.

Pada akhir 2020 hingga awal 2021 Jack Ma sempat hilang tidak diketahui keberadaanya setelah sebelumnya sempat tampil di depan umum pada KTT Shanghai dan mengkritik pemerintah China karena menghambat inovasi.


Baca Juga: Intip Rahasia Sukses Investasi Ala Jack Ma

Saat itu keberadaan Jack Ma tidak pernah diketahui dan Alibaba pun tak mau berkomentar. Dilansir dari Bloomberg, di awal tahun 2023 pernah  beredar foto-foto Jack Ma yang muncul di sebuah hotel di Australia. Namun, keaslian foto tersebut masih dipertanyakan banyak pihak.

Jack Ma dianggap telah melanggar Partai Komunis China karena terlalu blak-blakan dan terlalu kuat. Pada Oktober 2020, ia mengatakan pada konferensi keuangan bahwa bank tradisional memiliki "mentalitas pegadaian".

Bulan berikutnya, flotasi pasar saham Ant yang direncanakan senilai £26 miliar, yang akan menjadi yang terbesar di dunia, dibatalkan pada menit terakhir oleh otoritas China, yang menyebut "masalah besar" dalam mengatur perusahaan.

Sejak itu, penampakannya telah dilaporkan di berbagai negara termasuk Spanyol, Belanda, Thailand dan Australia.
 

Jack Ma Terlihat Kembali


Diberitakan oleh BBC, pendiri Alibaba Jack Ma, yang jarang terlihat di depan umum dalam tiga tahun terakhir, muncul kembali di sebuah sekolah di Hangzhou, kata sebuah laporan.

Dia baru saja kembali ke China setelah lebih dari setahun di luar negeri, menurut South China Morning Post.

Baca Juga: Beberapa Taipan China Menghilang Misterius, Kok Bisa?

Surat kabar milik Alibaba mengatakan dia singgah sebentar di Hong Kong, di mana dia bertemu teman-teman dan juga mengunjungi Art Basel, sebuah pameran seni internasional.

Ia menambahkan bahwa Ma telah bepergian ke berbagai negara untuk belajar tentang teknologi pertanian, tetapi tidak menyebutkan mengapa dia menghilang dari pandangan publik dalam beberapa tahun terakhir.

November lalu, surat kabar Financial Times melaporkan bahwa Ma telah tinggal di Tokyo, Jepang selama enam bulan.

Ketika Tuan Ma pertama kali berhenti tampil di depan umum, ada desas-desus bahwa dia telah ditempatkan di bawah tahanan rumah atau telah ditahan.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung