Bare Minimum Monday Buat yang Takut Hari Senin! Apa Tuh?

Takut hari Senin? Coba Bare Minimum Monday (Ilustrasi: Canva)

Takut hari Senin? Coba Bare Minimum Monday (Ilustrasi: Canva)

Like

Be-emers pernah merasa cemas dan takut menghadapi hari Senin? Di Amerika Serikat, istilah baru Bare Minimum Monday mulai diperbincangkan. 

Istilah ini merujuk pada suatu kondisi di mana banyak pekerja kantoran yang mengalami kelelahan dan keletihan total. 
 

Bare Minimum Monday


Bare Minimum Monday adalah gagasan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tuntutan minimum pada hari Senin. Istilah ini pertama kali diusulkan oleh Marisa Jo Mayes, TikTokers yang juga seorang pengusaha.

Menurut Marisa, tekanan yang dirasakan oleh pekerja bukan berasal dari bos mereka, tapi dari budaya bekerja keras dan lembur yang dielu-elukan. 

Suatu hari, Marisa memutuskan untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan tuntutan minimum pada hari Senin. Hasilnya, dia merasa sangat lega. 


Baca Juga: Mungkinkah Indonesia Menyusul 4 Hari Kerja Seperti AS?

Pada Bare Minimum Monday, dia menjelaskan bagaimana rutinitasnya berjalan, salah satunya enggak rapat dan melakukan aktivitas tanpa tergesa selama dua jam pertama.

Terus sekitar jam 10 pagi, Marisa membiarkan dirinya melakukan apapun yang dia inginkan secara kreatif. 

Bisa jadi membuat konten atau melakukan kegiatan yang diminati, tapi penting untuk memastikan bahwa itu adalah pekerjaan kreatif yang memang dinikmati. 

Di sisi lain, Marisa sadar banget kalau Bare Minimum Moday enggak realistis untuk semua orang karena enggak semua orang bisa kerja secara bebas.
 

Bare Minimum Monday untuk Karyawan Kantoran


Nah, kalau untuk karyawan kantoran bisa melakukan hal minimum ini untuk persiapa hari Senin.
 

1. Menyiapkan Bahan Kerja


Biar lebih siap dan produktif bekerja di hari Senin, kita bisa menyiapkan dulu apa saja yang dibutuhkan untuk bekerja di hari itu. Misalnya bahan kerja kayak dokumen, presentasi, atau data-data yang dibutuhkan.

Baca Juga: Kerja Remote Lebih Praktis, Bisa Hemat 72 Menit per Hari
 

2. Menjaga Kesehatan dan Kebugaran


Enggak cuma persiapan bahan kerja, kesehatan juga perlu dipersiapkan nih. Mempersiapkan kesehatan bukan hal yang instan, jadi harus dipersiapkan dan dijaga selalu dari hari-hari sebelumnya. 

Bisa dengan cara mengatur jadwal tidur, olahraga di pagi hari, makan makanan yang bergizi, dan lainnya yang bertujuan kesehatan.
 

3. Membuat Rencana untuk Pekerjaan Mendatang 


Merencanakan pekerjaan yang akan dilakukan pada minggu depan dapat membantu kita untuk menghindari rasa kewalahan pada hari Senin dan mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Sebenarnya semua pekerjaan pasti memiliki bebannya masing-masing. Tinggal bagaimana kita mengolah beban dari tiap pekerjaan yang kita rasakan.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.