Luas Negara Ini Cuma 0,49 KM, Inilah Negara Terkecil di Dunia!

Like

Negara Terkecil di Dunia


Kira-kira negara mana saja yang ukurannya kecil tapi patut diperhitungkan?
 

1. Vatikan


Pasti Be-emers pernah dengar ya. Luasnya hanya 49 hektar atau 0,49 kilometer. Vatikan termasuk enklave atau negara yang terkurung seluruhnya di negara lain. Ia berada di dalam daerah Roma, Italia. Populasinya hanya 453 jiwa pada 2019.
 

2. Monako


Monako terletak di French Riviera, Eropa Barat. Bahasa resminya adalah bahasa Perancis dan memiliki sekitar 28.682 jiwa penduduk. Luas dari negara Monako sebesar 2,2 kilometer.
 

3. Nauru


Negara ini berada di pulau berbentuk oval seperti telur di selatan Samudra Pasifik, kurang lebih 55,95 km arah selatan Khatulistiwa. Nauru tidak memiliki pelabuhan, tapi bisa diakses oleh perahu-perahu kecil. Luas Nauru 21 kilometer. 

Baca Juga: Negara Paling Aman untuk Dikunjungi Tahun 2023, Yuk Travelling!

 

4. Tuvalu


Dahulu dikenal sebagai Kepulauan Ellice. Letaknya di antara Hawaii dan Australia dengan 11.204 penduduk pada 2021. Masyarakat Tuvalu bergantung pada perikanan dan impor. Perekonomian mayoritas didapat dari pariwisata dan perikanannya. Luas Tuvalu 26 kilometer.
 

5. San Marino 


Penduduk San Marino ada 33.562 jiwa dengan luas wilayah 61 kilometer. San Marino adalah salah satu dari tiga negara di dunia yang dikelilingi sepenuhnya oleh negara lain. Bahasa nasional dari San Marino adalah bahasa Italia.