Tetap Waras, Ini Kiat Menjaga Kesehatan Mental Melalui Hobi!

Melakukan hobi untuk meningkatkan kesehatan mental (sumber gambar: freepik)

Melakukan hobi untuk meningkatkan kesehatan mental (sumber gambar: freepik)

Like

Hai Be-emers, apa kabar? Kita pasti memiliki hobi yang membuat kita senang dan terhibur. Tapi, tahukah kamu bahwa hobi juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental yang cukup besar?

Saat ini permasalahan mental menjadi salah satu hal yang serius yang cukup mengganggu keseharian banyak orang dan merupakan permasalahan serius.

Semakin banyak orang yang aware akan kesehatan mental . Meningkatnya kesadaran akan kesehatan mental ini membuat orang-orang mulai mencari cara untuk tetap waras.

Salah satunya adalah melalui hobi. Setiap orang pasti memiliki hobi dan kegiatan yang digemari ini bisa menjadi pelampiasan di kala pikiran sedang tidak baik-baik saja.
 

Manfaatkan Hobi untuk Jaga Kesehatan Mental


Berikut adalah beberapa hobi yang bisa kita lakukan untuk merawat kesehatan mental kita.


Baca Juga: Hobiku Mendatangkan Cuan
 

1. Seni


Seni adalah hobi yang sangat menyenangkan dan termasuk kreatif. Melukis, menggambar, atau membuat kerajinan tangan dapat membantu kita merasa lebih tenang dan terfokus pada saat yang sama.

Seni juga dapat membantu kita mengatasi stres dan kecemasan, karena kita bisa mengekspresikan perasaan kita melalui karya seni kita.
 

2. Menulis


Menulis adalah hobi yang hebat untuk membantu kita mengurangi stres dan kecemasan. Ketika kita menulis, kita dapat mengekspresikan perasaan dan emosi kita dengan jelas dan teratur.

Selain itu, menulis juga dapat membantu meningkatkan keterampilan kognitif dan kreativitas kita.
 

3. Membaca


Membaca adalah hobi yang baik untuk meningkatkan kesehatan mental kita. Ketika kita membaca, kita masuk ke dalam dunia yang berbeda dan melupakan semua masalah kita sementara waktu.

Membaca juga dapat membantu meningkatkan keterampilan kognitif dan memperluas kosakata kita.
 

4. Musik


Mendengarkan musik atau belajar memainkan alat musik juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental kita.

Musik dapat membantu meredakan stres dan kecemasan, serta membuat kita merasa lebih bahagia dan santai.

Baca Juga: Lebih dari Hobi, Intip Peluang Cuan dari Papercraft Yuk!
 

5. Memasak


Memasak adalah hobi yang menyenangkan dan juga bisa membantu meningkatkan kesehatan mental kita. Ketika kita memasak, kita dapat fokus pada satu aktivitas dan melupakan masalah sejenak.

Selain itu, memasak juga dapat membuat kita merasa bahagia ketika kita berhasil membuat hidangan yang lezat.
 
Nah, itulah beberapa hobi yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental kita. Tentu saja, masih banyak hobi lainnya yang dapat membantu kita merasa lebih bahagia dan sehat.

Namun, yang terpenting adalah kita menemukan hobi yang cocok untuk diri kita sendiri dan mengambil waktu untuk melakukannya secara teratur. Dengan demikian, kita bisa merawat kesehatan mental kita dengan cara yang menyenangkan.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.