Strategi Marketing Unik ala Brand Fashion Asli Indonesia

Strateri Marketing Unik ala Brand Fashion Asli Indonesia

Strateri Marketing Unik ala Brand Fashion Asli Indonesia

Like

Be-emers ingat beberapa waktu yang lalu ramai menjadi perbincangan brand-brand fashion asli Indonesia terpampang di billboard Time Squere New York? Atau ramai-ramai brand juga ikut dalam New York Fashion Week? Kalian penasaran kan, kok bisa sih?

Indonesia menjadi salah satu negara dengan perkembangan fashion yang cukup pesat ya, selain dari merek luar negeri. Merek-merek asli Indonesia pun sekarang kualitasnya sudah jauh sangat bagus. Jiwa kreatif dari brand-brand ini pun tidak hanya terlihat dari produknya saja lho Be-emers, tapi strategi marketing atau campaign mereka yang terbilang unik dan mampu mencuri perhatian kita.

Be-emin sudah mencatat nih, 5 brand asal Indonesia yang memiliki kualitas produk yang oke, juga strategi marketingnya pun unik dan menarik.

1. Tukar Sampah Dapat Point Belanja - Eiger

 

Eiger

Eiger


Eiger adalah salah satu pelopor peralatan outdoor di Indonesia. Eiger didirikan sekitar 1992-1993 di Bandung. Brand penyedia produk perlengkapan kegiatan luar ruang ini baru saja mengumumkan kerja sama dengan Plasticpay untuk membantu mengumpulkan sampah plastik. Mereka menempatkan reverse vending machine (mesing pengumpul plastik) di sejumlah gerai Eiger di Indonesia.

Sampah plastik yang disetorkan nantinya bisa ditukarkan menjadi poin EAC. Konsumen pun selanjutnya bisa menukarkannya menjadi voucher belanja produk-produk Eiger. Tapi Be-emers, saat ini, mesin pengumpul itu hanya bisa menerima sampah botol plastik setelah konsumen mendaftarkan akun member EAC. Mesin tersebut sementara hanya bisa ditemui di empat gerai Eiger, yaitu gerai Radio Dalam, Kelapa Gading , Depok, dan Bogor.

2. New York Fashion Week -  Erigo

 

Erigo

Erigo


Sukses merajai pasar lokal Indonesia, Erigo memberanikan diri untuk menembus pasar internasional dengan tampil di pagelaran New York Fashion Week. Pada pagelaran fashion kelas dunia ini, Erigo meluncurkan lini Erigo X, yang secara eksklusif diproduksi untuk ditampilkan secara perdana di New York Fashion Week the Show Spring/Summer 2022.


Erigo sendiri mulai besar setelah pertama kali muncul pada tahun 2010 silam yang awalnya bernama Selected and Co. Seiring dengan berjalannya waktu, Muhammad Sadad yang merupakan founder dari brand ini melakukan inovasi produk. Ia pun mengubah nama brand menjadi Erigo pada tahun 2013 dan memperluas segmentasi pasar dengan menjual produk pakaian unisex berkonsep street style dan travelling.

3. Campaign Body Positivity – Cotton Ink

 

Cotton Ink

Cotton Ink


Dengan The Everbody Campaign, brand lokal ini memberikan makna cantik adalah hak setiap perempuan tanpa harus melihat latar belakang ataupun ukuran pakaian yang digunakan.

Oleh sebab itu, Cotton Ink menawarkan berbagai size, tentunya dengan berbagai jenis busana yang bisa Be-emers pilih mulai dari cardigan, t-shirt hingga celana.

4. Bonge Citayam Fashion Week – 3Second

 

3second

3second


Harus diakui jika Bonge Citayam Fashion Week menjadi fenomena tersendiri di industri fashion nasional beberapa waktu kebelakang. Menjadi salah satu ikon yang mengangkat 'fashion jalanan', Bonge pada akhirnya mendapat panggung istimewa dalam salah satu event fashion bergengsi di Tanah Air.

Bonge sukses mencuri perhatian setelah jalan di atas catwalk dengan memperagakan busana hasil kolaborasi Danjyo Hiyoji dan brand fashion 3Second dalam acara bertajuk Jakarta Fashion & Food Festival 2022.

Keterlibatan Bonge dalam event tersebut tak lain merupakan bentuk apresiasi terhadapnya yang sudah sukses menjadi salah satu ikon Citayam Fashion Week hingga dikenal luas ke masyarakat di berbagai penjuru negeri.

5. Kolaborasi – This Is April

 

This Is April

This Is April


Memasuki akhir tahun 2022, This Is April meluncurkan kolaborasi terbarunya bersama seorang aktris perempuan inspiratif dan multitalenta, Jessica Mila dalam campaign bertajuk CHERISH.

Melalui kolaborasi ini, This Is April dan Jessica Mila berharap campaign ini akan menjadi reminder bagi semua wanita untuk menghargai setiap momen dalam hidup dan semua orang yang menjadi support system kita hingga berada di titik ini. 

Nah itu Be-emers, 5 strategi marketing dan campaign unik dari brand fashion terkenal asal Indonesia. Oiya, 5 brand atau merek tadi masuk dalam nominasi Favorite Local Fashion Brand Bisnis Muda Award 2023 lho!

Bisnis Muda Award 2023 merupakan rangkaian acara tahunan dalam rangka ulang tahun Bisnis Muda untuk mengapresiasi merek lokal yang telah berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

Penghargaan yang akan diberikan ini juga bertujuan menginspirasi anak muda untuk bangga pada merek lokal yang mampu bersaing di pasar internasional dan percaya diri untuk membangun usaha.

Be-emers juga bisa lho ikut untuk vote merek-merek tadi dengan cara klik link
bisnismuda.id/voting-bmday-award/ . Voting masih akan dibuka sampai tanggal 30 April 2023 nanti ya Be-emers. Yuk vote biar brand favorit kamu menang ya!