Awbimax Reborn Dilaporkan, Gas Pamer Protection Visa! Apa Itu?

Pemilik akun TikTok @awbimaxreborn yang viral atas konten 'Alasan Kenapa Lampung Gak Maju-maju' (Sumber Gambar: Tiktok)

Pemilik akun TikTok @awbimaxreborn yang viral atas konten 'Alasan Kenapa Lampung Gak Maju-maju' (Sumber Gambar: Tiktok)

Like

Hai Be-emers, pasti tau kan berita yang lagi viral di Twitter tentang akun TikTok @awbimaxreborn yang dilaporkan karena mengkritik Lampung? Dia langsung pamer soal protection visa lho. Apa sih protection visa itu?

Ada berita menarik datang dari seorang pemuda asal Lampung bernama Bima Yudho Saputro yang kini mendapatkan protection visa (visa perlindungan) dari pemerintah Australia.
 

Kenapa Awbimax Viral?


Pemilik akun TikTok @awbimaxreborn tersebut menjadi viral setelah memposting sebuah konten berjudul 'Alasan Kenapa Lampung Gak Maju-maju'.  

Di awal uggahan konten tersebut, pemilik akun yang dipanggil Bima memperkenalkan dirinya sebagai warga Lampung yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Australia, dan memberikan julukan "dajjal" kepada daerah Lampung.

Baca Juga: 10 Trik Bikin Video Tik Tok Jadi Viral


"Kenalin nama gue Bima, gue berasal dari provinsi yang satu ini dajjal dan gue sekarang lagi menjalani proses study gue di Australia," ujar Bima pada awal videonya.

Menurut Bima, Lampung belum mengalami kemajuan yang signifikan dikarenakan beberapa faktor seperti banyaknya proyek pemerintah yang terhambat dan kondisi jalan yang sangat buruk.

Bima merasa sedih bahwa meskipun banyak anak-anak yang cerdas berasal dari Lampung, namun fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan mereka belum dibangun. Bima menyayangkan kurangnya pembangunan infrastruktur di kota Lampung. 

Bima mengungkapkan bahwa sistem pendidikan di Lampung kurang baik dan proses seleksi siswa penuh dengan kecurangan. Selain itu, ia juga mengkritik birokrasi pemerintahan daerah yang tidak efektif dan hukum yang tidak ditegakkan.
 

Awbimax Reborn Dilaporkan


Akan tetapi, akibat dari konten tersebut pengacara Gindha Ansori Wayka melaporkan Bima karena menggunakan kata "dajjal" untuk merepresentasikan kota Lampung dan karena tidak menyertakan data yang valid dalam kontennya.

Walaupun dirinya dilaporkan ke kepolisian, Bima merespon dengan santai dan memilih untuk mengajukan permohonan protection visa kepada pemerintah negara Australia.

Dan kabar terbarunya, dilansir dari Suara.com, permohonan Bima tersebut dikabulkan. Lalu, apa itu protection visa?
 

Awbimax Dapat Protection Visa, Apa Itu?


Protection visa atau visa perlindungan adalah jenis visa yang diberikan oleh pemerintah negara tertentu kepada individu yang memerlukan perlindungan lantaran risiko yang dihadapi di negara asalnya, seperti kekerasan politik atau agama, penganiayaan etnis atau gender, atau bahkan penindasan seksual.

Pemerintah Australia adalah salah satu dari beberapa negara yang menawarkan protection visa sebagai bentuk perlindungan bagi orang-orang yang membutuhkan.

Namun, proses untuk mendapatkan visa ini bukanlah hal yang mudah. Seorang individu harus membuktikan bahwa mereka memang berada dalam bahaya dan tidak dapat mencari perlindungan di negara asal mereka.

Proses pengajuan protection visa biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama karena penerima harus membuktikan bahwa mereka memang membutuhkan perlindungan.

Ada beberapa tahap yang harus dilalui, seperti wawancara dengan petugas imigrasi, pemeriksaan medis, dan verifikasi dokumen.

Baca Juga: Bali Akan Ada Digital Nomad Visa Selama 5 Tahun. Apa Untungnya?

Namun, jika protection visa diberikan, penerima akan mendapatkan akses ke layanan sosial dan kesehatan, serta hak untuk bekerja dan tinggal di negara tersebut selama jangka waktu yang ditentukan.

Protection visa juga dapat diperpanjang jika penerima masih membutuhkan perlindungan setelah masa berlaku visa berakhir.

Visa perlindungan bisa menjadi alternatif bagi mereka yang merasa terancam dan takut akan keamanan dirinya di negara asalnya.

Namun, tentu saja visa perlindungan bukanlah solusi utama untuk mengatasi masalah di negara asal. Idealnya, pemerintah harus memastikan bahwa setiap warga negara mendapatkan perlindungan dan hak-haknya terpenuhi dengan baik.

Jadi gimana tuh yang sudah melaporkan Bima? Kalau niruin kata Bima sih 'kena lo'

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.