Ini Daftar Forbes 30 Under Arrest! Hah Memangnya Ada?

Forbes 30 under arrest (Instagram Bisnis Muda)

Forbes 30 under arrest (Instagram Bisnis Muda)

Like

Forbes terkenal karena sering membuat daftar mulai dari daftar orang terkaya hingga daftar orang paling berpengaruh. Salah satu daftar yang terkenal prestisius ada Forbes 30 Under 30. Tapi beberapa orang yang masuk dalam daftar itu terjerat hukum hingga diejek 30 Under Arrest.

Siapa sih yang enggak pengen masuk ke dalam deretan prestise seperti Forbes 30 Under 30? Buat yang belum tahu, Forbes 30 Under 30 adalah tokoh pebisnis di bawah usia 30 tahun yang mempunyai pengaruh besar di masyarakat menurut Majalah Forbes. 

Ketika seseorang masuk dalam daftar ini dia dianggap sebagai seseorang yang menginspirasi dan memiliki pengaruh baik untuk kehidupan masyarakat secara luas padahal usianya masih sangat muda. 

Itulah mengapa banyak orang berlomba-lomba membuat suatu terobosan atau inovasi bahkan mendirikan suatu perusahaan agar bisa dilihat oleh Forbes dan masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30. 

Tapi, ternyata ada beberapa penerima penghargaan yang perilakunya jauh panggang daripada api.


Baca Juga: Masuk Forbes 30 Under 30 Asia 2021, Ini 3 Kartini Indonesia yang Sukses dengan Bisnisnya


Forbes 30 Under 30 yang Bermasalah


Beberapa di antara penerima Forbes 30 Under 30 ini terjerat hukum.


1. Charlie Javice 


Ia merupakan alumni Forbes 30 Under 30 tahun 2019 dari bidang finance. Charlie Javice merupakan pendirI perusahaan fintech Frank. 

Javice digugat JPMorgan karena dituduh membuat daftar pelanggan palsu hingga 4,2 juta orang sehingga menarik untuk diakuisisi. Atau dengan kata lain memanipulasi data untuk mendatangkan investor.


2. Sam Bankman-Fried


Ia adalah alumni Forbes 30 Under 30 tahun 2021 dari bidang finance. Sam Bankman adalah pendiri bursa kripto FTX hingga menjadikannya memiliki kekayaan mencapai US$26,50 miliar atau sekitar Rp413 triliun. 

Sayangnya, ketika harga kripto turun bursa kripto FTX ikut tersandung kasus penyalahgunaan uang nasabah. Pada awal tahun Sam Bankman ditangkap di Bahama setelah dikabarkan sempat menghilang dan kabur dari AS.

Baca Juga: FTX Bangkrut, Charlie Munger Sebut Kripto seperti Perdagangan Anak


3. Do Kwon 


Ia merupakan alumni Forbes 30 Under 30 tahun 2019 dari bidang finance. Do Kwon merupakan pendiri Terraform Labs dan mata uang kripto Terra Luna. 

Setelah Luna ambruk dan membuat rugi banyak investor, Do Kwon buron hingga kabarnya sudah ditangkap oleh pihak berwenang negara Montenegro.


4. Elizabeth Holmes


Elizabeth Holmes mendirikan startup Theranos yang idenya berawal dari teknologi yang bisa mengetahui penyakit hanya dari setetes darah. 

Belum lama startup itu berjalan, Theranos diduga melakukan penipuan teknologi yang dia klaim itu tidak pernah ada. Alhasil, Theranos dituntut para investornya. Elizabeth sendiri dijatuhi hukuman hingga 11 tahun karena telah membohongi para investor.

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!

 

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda