Selain Emas Fisik, Tabungan Emas Digital Bisa Jadi Pilihan Investasi Milenial

Gold Digital Illustration - Canva

Gold Digital Illustration - Canva

Like

Emas selalu menjadi pilihan investasi yang berisiko rendah. Tak heran, emas pun menjadi aset safe haven yang cukup diminati, tak terkecuali di kalangan milenial.

Jika selama ini emas dikenal dalam bentuk fisik berupa batangan atau perhiasan. ternyata emas juga bisa dimiliki dalam bentuk digital. Emas digital tersebut pun dapat kamu miliki berupa tabungan lho, Be-emers.

Tabungan emas, dilansir dari laman Pegadaian, merupakan sebuah layanan penitipan saldo emas yang bisa memudahkan masyarakat buat berinvestasi. Tabungan emas digital ini juga lebih fleksibel dan dinilai cocok banget buat milenial yang anti ribet.
 

Perbedaan Emas Fisik dan Digital

Baik emas fisik maupun digital, sebenarnya sama-sama memberikan keuntungan dalam berinvestasi. Namun selain bentuknya, dansir dari Bisnis.com, ada sejumlah perbedaan antara emas fisik dan digital yang bisa jadi pertimbangan.

Nilai pembelian emas fisik dan non fisik ternyata berbeda nih, Be-emers. Kalau kamu beli emas fisik, nilainya bakal mengacu ke berat cetakannya. Sedangkan emas digital, bisa kamu beli dengan nominal berapapun lho.

Lebih fleksibel, kamu juga bisa beli emas digital ini kapanpun. Bahkan, kamu bisa sering membeli emas digital layaknya menabung uang di bank.


Selain itu, dari segi biaya penyimpanan, emas fisik bisa disimpan di deposit box maupun tempat penyimpanan emas pribadi. Jika kamu memilih untuk menyimpan sendiri emas fisik yang kamu punya, maka kamu enggak bakal kena biaya penyimpanan sama sekali.

Baca juga: Jangan Beli Doang, Ini Tempat Penyimpanan Emas yang Aman

Lain halnya dengan emas digital, dimana kamu pasti akan dikenakan biaya penyimpanan. Soalnya, emas digital yang kamu punya, suatu saat bisa kamu cetak.

Makanya, dibutuhkan biaya penitipan selama kamu masih menyimpan tabungan emas dalam bentuk digital. Selain itu, perhatikan juga saldo mengendap dalam tabungan emas digital, karena saldo tersebut sama sekali enggak bisa dicairkan.