China, Negara Termahal Kedua untuk Membesarkan Anak

Ilustrasi Hiruk Pikuk China (Canva)

Ilustrasi Hiruk Pikuk China (Canva)

Like

Sebuah laporan menunjukan bahwa China menjadi negara kedua, di belakang Korea Selatan, yang memiliki biaya termahal untuk membesarkan seorang anak.

China yang sempat menjadi negara terpadat di dunia beberapa tahun belakangan mengalami kemerosotan angka kelahiran. Ini disebabkan karena banyak anak muda di China yang ogah punya anak.

Itu semua salah satunya karena biaya membesarkan anak yang cukup mahal di China. Bahkan biayanya menjadi yang termahal kedua di dunia.

Biaya membesarkan anak hingga usia 18 tahun adalah 6,9 kali PDB per kapita, dua kali tarif di Jerman dan tiga kali lipat di Prancis.

Angka kelahiran di China lesu meski pemerintah telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang bertujuan mendongkrak angka kelahiran.


Baca Juga: Jepang Resesi Seks, Memang Berapa Biaya Punya Anak di Jepang?


Berapa biaya membesarkan anak di China?


Studi oleh YuWa Population Research Institute mengatakan biaya membesarkan anak sampai usia 18 tahun di China adalah 6,9 kali produk domestik bruto per kapita.

Ini adalah yang tertinggi kedua di dunia, setelah Korea Selatan, di mana biayanya 7,79 kali lebih tinggi dari PDB per kapitanya.

Ini juga dua kali lipat biaya di Jerman, di mana itu 3,64 kali PDB per kapita, dan lebih dari tiga kali lipat tingkat di Australia dan Prancis, di mana masing-masing 2,08 dan 2,24 kali.

“Tingginya biaya melahirkan anak adalah salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi keinginan keluarga usia subur untuk melahirkan anak,” kata laporan itu.

“Untuk itu, kebijakan penurunan biaya melahirkan bagi keluarga usia subur perlu diperkenalkan di tingkat nasional.

Survei Komisi Kesehatan dan Keluarga Berencana Nasional tahun 2017 menunjukan 77,4 persen wanita usia subur tidak menginginkan anak karena beban ekonomi yang berat.

Baca Juga: Ramai Soal Childfree dan Childphobia, Ini Gejala dan Perbedaannya

Laporan YuWa memperkirakan bahwa rata-rata biaya membesarkan anak dari lahir sampai usia 17 tahun di China adalah 485.000 yuan (US$69.430), sedangkan biaya membesarkan anak hingga lulus perguruan tinggi adalah sekitar 627.000 yuan.

Rata-rata pekerja Tiongkok memperoleh 105.000 yuan setahun pada tahun 2021, menurut Biro Statistik Nasional.

Ada kesenjangan kota-desa yang signifikan juga. Biaya rata-rata membesarkan anak hingga usia 17 tahun di kota-kota adalah 630.000 yuan, lebih dari dua kali biaya di pedesaan.

Biaya rata-rata membesarkan anak di Beijing dan Shanghai masing-masing adalah 969.000 yuan dan 1.026.000 yuan, sedangkan biaya untuk keluarga di Tibet hanya 293.000 yuan.

Tahun lalu, tingkat kelahiran China turun ke rekor terendah 6,77 per 1.000 orang, sementara populasi keseluruhan turun 850.000 menjadi lebih dari 1,41 miliar.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.