Apa Saja Kunci Sukses Mengelola Keuangan Pribadi?

5 Kunci Sukses Mengelola Keuangan Pribadi

5 Kunci Sukses Mengelola Keuangan Pribadi

Like

Selama ini kamu mengatur uang atau diatur uang? Banyak orang mendambakan keamanan finansial. Tapi, keamanan finansial bisa dicapai dengan pengelolaan keuangan pribadi yang baik.

Keamanan finansial memastikan kamu bisa makan saat lapar dan mendapat pengobatan saat sakit. Ini memberikan kualitas hidup yang lebih baik sekarang dan membuat mandiri di usia tua.

Kebanyakan orang tidak menghabiskan cukup waktu untuk memikirkan pengelolaan uang sampai mereka menyadari bahwa mereka dengan cepat mendekati usia pensiun dan perlu menerapkan rencana dengan segera.


Tips Mengelola Keuangan Pribadi


Kebanyakan orang masih bingung bagaimana mengelola keuangan pribadi


1. Menilai Situasi Keuangan Pribadi Secara Menyeluruh


Saat memikirkan rencana pensiun, orang sering terjun langsung dan buru-buru mengeluarkan anggaran. Niat mereka mengagumkan, tetapi mereka mengabaikan langkah pertama yang penting ini.


Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Bisnis dengan Bijak untuk UMKM!

Luangkan waktu untuk melihat gambaran besarnya. Kamu harus tahu berapa banyak yang harus kamu kerjakan sebelum dapat menganggarkan, menabung, membayar hutang, atau menetapkan tujuan keuangan. 


2. Buat Anggaran Realistis


Penganggaran hanya memutuskan berapa banyak yang akan ditabung dan berapa banyak yang akan dibelanjakan. Ada berbagai macam model dan template di internet.

Dalam rencana 50/30/20, misalnya, pendapatan setelah pajak dialokasikan ke salah satu dari tiga kategori: 50 persen untuk kebutuhan, 30 persen untuk keinginan, dan 20 persen untuk tabungan. Model mana pun yang dipilih, perhitungkan setiap biaya yang dapat dipikirkan.

Ini akan lebih mudah jika kamu melacak pengeluaran selama beberapa minggu menggunakan alat perbankan online dan kartu kredit. Pelacakan tidak hanya akan mengungkap pemborosan, seperti beberapa layanan streaming yang tidak pernah digunakan, tetapi juga hal-hal lain.


3. Penggunaan Excel untuk Menghitung Keuangan


Membuat anggaran yang cacat lebih baik daripada tidak membuatnya sama sekali. Kamu bisa memanfaatkan excel seperti yang saat ini digunakan banyak orang untuk menghitung keuangan.

Banyak tutorial menghitung keuangan via excel yang bisa ditonton di Youtube untuk membantu kamu memahaminya.


4. Sisir Pengeluaran yang Tidak Perlu


Pencatatan keuangan akan mengekspos pengeluaran yang tidak perlu, ini bisa menjadi peluang untuk menabung. Batalkan keanggotaan klub dan layanan berlangganan yang tidak lagi diinginkan sebelum diperpanjang secara otomatis.


5. Mulai Dana Darurat


Mulailah menyisihkan dana darurat sebanyak mungkin setiap bulan. Para ahli menyarankan untuk menabung cukup untuk menutupi pengeluaran selama tiga hingga enam bulan.

Baca Juga: Jangan Sampai Kacau, Begini Cara Mengelola Uang di Awal Bulan!

Dana darurat bukan untuk belanja di momen tertentu seperti Harbolnas. Jangan terdistraksi Contoh keadaan darurat termasuk kehilangan pekerjaan dan pengobatan penyakit.


6. Simpan untuk Pensiun


Jangan hanya mengandalkan jaminan sosial untuk masa pensiun. Dana pensiuan akan menggantikan paling banyak sekitar 40 persen dari penghasilan dulu. Sebaiknya daftar program tabungan pensiun. Cobalah untuk menabung setidaknya 10 hingga 15 persen dari penghasilan.


7. Manfaatkan Teknologi


Ada lusinan aplikasi untuk membantu mengelola uang, membuat anggaran, melacak pengeluaran secara realtime, dan melakukan investasi. Banyak yang gratis. Beberapa aplikasi paling populer adalah Mint, YNAB, EveryDollar, Clarity Money, dan Personal Capital. Semuanya tersedia di perangkat iOS dan Android.

Agar mendapatkan hasil maksimal dari uang hasil jerih payah, kelola keuangan pribadi secara aktif. Jadikan uang kamu bekerja untuk kamu. Bentuk kebiasaan yang lebih baik sekarang akan secara dramatis meningkatkan prospek keuangan untuk tahun mendatang dan seterusnya.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.