Taiwan Mengalami Resesi Akibat Menurunnya Permintaan Global

Traffic Taiwan (Foto: Bloomberg)

Traffic Taiwan (Foto: Bloomberg)

Like

Taiwan dilaporkan mengalami resesi karena PDB menyusut lebih buruk dari perkiraan. Permintaan global yang menurun drastis dikabarkan menjadi penyebab dari penyusutan tersebut.

Mengutip dari Bloomberg, laporan menyebutkan PDB Taiwan menyusut kurang lebih 3 persen pada kuartal pertama tahun 2023 ini. Angka tersebut lebih buruk dari perkiraan.

Produk domestik bruto pada kuartal pertama tahun ini anjlok 3,02 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut perkiraan awal yang dirilis oleh biro statistik pemerintah Taiwan pada hari Jumat.

Kejatuhan yang dialami Taiwan saat ini paling tajam sejak Juni 2009 dan ini jauh lebih buruk daripada perkiraan penurunan 1,25 persen yang pernah dikeluarkan oleh survei ekonom Bloomberg.

Ini juga menandai penurunan kuartal kedua berturut-turut, menggarisbawahi prospek yang sulit untuk ekonomi yang bergantung pada perdagangan karena bergulat dengan permintaan yang goyah untuk produknya dari seluruh dunia.


Baca Juga: Sinyal Resesi Korea Selatan dari Ekonom Dunia di 2023


Taiwan Resesi


“Taiwan berada dalam resesi teknis,” kata Ho Woei Chen, seorang ekonom di United Overseas Bank Ltd. di Singapura. Dia menambahkan bahwa PDB terseret oleh angka ekspor dan investasi. 

Bahkan dengan peningkatan momentum selama tiga kuartal berikutnya, dia menambahkan bahwa PDB akan melihat "hanya pertumbuhan marjinal" untuk setahun penuh.

Taiwan berusaha untuk meningkatkan pertumbuhan karena eksportir bersaing dengan penurunan permintaan luar negeri untuk produk mereka.

Produsen chip kelas berat Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. memperingatkan dalam panggilan pendapatan minggu lalu bahwa kuartal kedua kemungkinan akan menjadi bagian bawah siklus bisnis saat ini sebelum permintaan pulih di akhir tahun.

Terlebih lagi, yang memperparah masalah ini adalah kekurangan pekerja yang mau mengambil pekerjaan di industri jasa, menghambat permintaan domestik untuk mengurangi kinerja sektor ekspor yang lesu.

Baca Juga: Wall Street: Resesi 2023 Akan Seperti Krisis Terbesar 1970-an

Periode Januari hingga Maret adalah kuartal dengan kinerja terburuk sejak krisis keuangan, kata Wu Pei-hsuan, seorang pejabat eksekutif senior di biro statistik Taiwan, selama konferensi pers hari Jumat (28/4). 

Dia menambahkan, “kali ini sangat berbeda, karena Taiwan masih didukung oleh konsumsi swasta yang kuat bahkan ketika permintaan eksternal tetap sangat lemah.”

Angka terbaru Taiwan bertentangan dengan tanda-tanda perbaikan ekonomi ekspor lainnya di wilayah tersebut. PDB Korea Selatan tumbuh 0,3 persen pada kuartal pertama, lebih dari yang diperkirakan para ekonom. Pejabat memproyeksikan pertumbuhan akan meningkat lebih lanjut pada akhir tahun.

China, pasar ekspor terbesar Taiwan, ekonominya tumbuh 4,5 persen pada kuartal pertama. Itu sebagian besar didorong oleh lonjakan konsumsi karena pembeli, turis, dan pengunjung merayakan berakhirnya kontrol Covid-19 yang ketat di negara itu.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.