Mengembangkan Wirausaha di Tengah Pandemi COVID-19

Bisnis Muda
Like

Wirausaha adalah kunci merubah dunia. Pernah dengar kalimat ini? Saya pertama kali mendengar kalimat ini saat mengikuti kelas online wirausaha bersama Dr. Indra C. Uno.

Apa itu wirausaha? Wirausaha bisa diartikan sebagai pelatihan dan pendampingan usaha, membuka usaha dan mendatangkan penghasilan, terhindar dari ancaman pengangguran, juga mencipatakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri.

Menjadi wirausaha berarti kita telah berkontribusi menurunkan angka pengangguran. Karena selain menciptakan lapangan kerja untuk diri sendiri kita juga menciptakan lapangan kerja untuk orang lain, dan untuk banyak orang.
 
Akibat pandemi saat ini pengangguran di Indonesia diprediksi meningkat 3,5juta orang, 70% pendapatan rumah tangga masyarakat menurun. Selain supir dan ojek, beberapa pedagang lain merupakan profesi yang mengalami penurunan pendapatan selama pandemi.

Dan sektor-sektor ekonomi lain yang berpotensi lesu antara lain tour & travel, aviation, otomotif, real estate, oil & gas, juga pendidikan. Sedangkan sektor ekonomi yang berpotensi naik atau berkembang antara lain kesehatan, food processing, agriculture, e-commerce, teknologi informasi dan komunikasi.


Produk makanan dan kesehatan di masa pandemi ini meningkat tajam, dan usaha kulinerlah yang paling mendominasi. Mengingat makanan merupakan kebutuhan yang memang harus dipenuhi, jadi banyak orang yang mencari makanan baik itu ke restoran ataupun ke tempat penjual aneka kuliner.

Peluang seperti ini harus kita tangkap. Jangan pernah merasa takut dengan batasan yang menghambat untuk berwirausaha, karena tanpa mencoba maka bagaimana kita tau kita akan berhasil atau tidak. Hanya orang-orang sukses yang tidak takut gagal karena mereka mau berusaha dan mencoba, belajar dari kegagalan akan memperkaya pengalaman.

Berikut cara mengembangkan wirausaha di tengah pandemi:

Usaha Bisa Dimulai dari Hobi/Passion

Punya hobi menjahit, memasak, dan hobi kreatif lainnya bisa di eksplore menjadi bisnis. Misal senang menjahit bisa di eksplore menjadi usaha di bidang fashion, hobi memasak bisa di eksplore menjadi usaha di bidang kuliner, dll. Jadi hobi yang selama ini yang hasilnya hanya untuk dipakai dan dinikmati sendiri bisa dijual yang kemudian dipakai dan dinikmati orang lain.

Memanfaatkan Teknologi Digital

Wirausaha saat ini harus mengkombinasikan antara teknologi online dan offline. Banyak orang menganggap teknologi itu susah dan biayanya mahal. Padahal teknologi jadi komponen penting dalam mengembangkan wirausaha. Justru dengan teknologi yang semakin canggih kita harus terbiasa berteman dengan teknologi agar bisnis dapat cepat berkembang. Karena melalui teknologi digital jangkauan pemasaran kita semakin luas.

Memanfaatkan teknologi digital bisa dimulai dari perangkat yang kita miliki misal handphone, pelajari fitur-fitur yang ada di handphone. Kemudian manfaatkan juga sosial media yang kita miliki untuk melakukan pemasaran.

Bergaul dengan Sesama Wirausaha Lain 

Di tengah pandemi saat ini abaikan ketakutan akan bersaing dengan pelaku bisnis lain. Justru selaku sesama pelaku usaha seharusnya saling dukung dan menguatkan agar ekonomi kita semakin tumbuh. Misalnya dengan membuat group atau komunitas sesama pelaku usaha dan membantu saling memasarkan atau menjadi reseller wirausaha lain, juga nggak ada salahnya saling berkolaborasi.

Orang-orang sukses adalah pembelajar yang baik, belajar bisa dari manapun dan kapanpun tidak terbatas waktu dan ruang. Apa yang kita lakukan harus berproses untuk mewujudkan keberhasilan. Impian akan menjadi impian jika tidak ada realisasi.

Yang terpenting dalam berwirausaha kita harus percaya pada diri sendiri bahwa kita memiliki kemampuan dalam menjalankan usaha, dan tetap berusaha belajar menjadi lebih baik sehingga kita bisa mengembangkan usaha. Kuncinya harus membangun percaya diri terus-menerus dan buat target-target kecil yang dapat dicapai.